10 Amalan Ibu Hamil dalam Islam, Yuk Mom Terapkan!

Selama masa kehamilan, pasti Mother dan Father selalu berharap agar janin tumbuh sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Karena itu, Islam memiliki beberapa amalan ibu hamil sesuai sunnah yang bisa Mother terapkan sehari-hari.

Agar kehamilan berjalan lancar. Kiranya Mother perlu menguatkan diri dengan banyak berdoa. Mengingat bahwa setiap kehamilan pasti memiliki tantangannya masing. Along these lines, yuk simak dan mulai melakukan amalan ibu hamil menurut Islam berikut ini Mother!

Kalkulator HPL
10 Amalan Ibu Hamil Menurut Islam

Demi kebaikan buah hati, berikut ini beberapa amalan untuk ibu hamil yang bisa Mother dan father terapkan selama masa kehamilan ataupun setelahnya.
1. Tidak melewatkan shalat wajib

Pada dasarnya, shalat adalah kewajiban bagi setiap muslim, tidak hanya pada suatu kondisi tertentu. Shalat menjadi perantara komunikasi antara umat muslim dengan Allah SWT. Nah, ketika sedang mengandung, ada baiknya Mother selalu mengharap keselamatan dan kesehatan janin kepada Allah SWT ketika sedang beribadah.
2. Rutin menunaikan shalat sunnah

Selain shalat wajib, ada baiknya Mother dan Father juga banyak mengamalkan ibadah shalat sunnah untuk memohon kebaikan. Amalan ibu hamil sesuai sunnah juga akan lebih genap jika Mother memperbanyak istighfar selesai beribadah. Dengan begitu, Mother akan dimudahkan mengontrol emosi ketika sedang sensitif.
3. Perbanyak doa dan dzikir

Amalan ibu hamil selanjutnya adalah memperbanyak doa dan dzikir, Mother. Dzikir menjadi bentuk rasa syukur terhadap karunia dan kepercayaan yang telah Tuhan berikan berupa buah hati. Mother bisa membaca amalan surat untuk ibu hamil seperti berikut ini.
Surat Al-Fatihah

Surat Al-Fatihah dianggap sebagai obat dari segala hal. Surat pembuka ini baik diterapkan sebagai amalan ibu hamil 7 bulan, saat Mother sedang hamil besar. Mother bisa mengamalkannya dengan membaca sebanyak 7 kali kemudian mengusapkan tangan di perut.
Surat Al-Insyirah

Bukan hanya Al-Fatihah, rupanya surat Al-Insyirah juga memiliki khasiat menjadi obat dari segala penyakit lho Mother. Dalam surat tersebut, Allah SWt menegaskan bahwa akan ada kemudahan setelah kesulitan. Percayalah Mother, seberat apapun expositions kehamilan, dengan banyak berdoa, Mother akan mendapat kemudahan saat bersalin.
Ayat Kursi

Bacaan ayat kursi adalah ayat withering mulia dalam Al-Qur’an. Ayat ini berisi tentang kekuasaan dan keesaan Allah SWT. Ayat kursi memiliki banyak keutamaan dan manfaat, tak terkecuali untuk amalan ibu hamil supaya mudah melahirkan.

Mother dan Father bisa menerapkan amalan ibu hamil menjelang melahirkan ini dengan membaca Ayat Kursi saat pagi dan sore hari. Akan lebih baik juga saat usai beribadah dan menjelang tidur. Dengan begitu, Mother akan merasa lebih tenang dalam menjalani persalinan.
Baca Juga: 5 Manfaat Surat Yusuf untuk Ibu Hamil, Bayi Lahir Tampan?
4. Sering membaca Al-Qur’an

Amalan untuk ibu hamil selanjutnya adalah sering membaca Al-Qur’an Mother. Selain memberi ketenangan, Mother juga bisa mengenalkan bacaan ayat Al-Qur’an kepada si kecil sejak dini. Akan lebih baik, jika Mother memiliki target khusus meng-khatamkan Al-Qur’an selama masa kehamilan.
5. Rutin puasa senin dan kamis

Ternyata, puasa senin kamis adalah amalan ibu hamil sesuai sunnah yang baik untuk Mother terapkan lho. Meski begitu, banyak ibu hamil khawatir jika harus puasa saat mengandung. Wah, jangan khawatir Mother! Berdasarkan penelitian, ada beberapa manfaat puasa teratur saat hamil diantaranya sebagai berikut.

Menurunkan kadar kolesterol
Meminimalisir peradangan pada tubuh
Menurunkan tekanan dan gula darah
Menurunkan risiko seperti kanker, kardiovaskular dan diabetes

6. Hindari bermalas-malasan

Meski terkesan umum, namun rupanya menghindari malas adalah salah satu amalan ibu hamil yang dianjurkan oleh Islam loh Mother. Selain itu, perilaku malas juga tidak disukai oleh Allah SWT. Jadi, pastikan Mother beraktivitas dengan cukup saat masa kehamilan, ya!
7. Konsumsi air dan makanan yang baik

Amalan ibu hamil tidak hanya sebatas doa dan ibadah, namun juga mengonsumsi makanan sehat dan sesuai dengan sunnah Rasul. Contohnya kurma, yaitu buah khas Timur Tengah yang menjadi kesukaan Rasulullah.

Kurma sendiri mengandung banyak nutrisi dan manfaat karena merupakan sumber fruktosa alami yang dapat mengembalikan energi ibu hamil. Selain itu, akan lebih jika Mother membiasakan diri untuk minum sambil duduk.
Baca juga: 14 Jenis Kurma yang Baik untuk Program Hamil dan Bumil
8. Rutin melakukan pemeriksaan kesehatan

Allah SWT akan selalu melihat usaha hambanya dalam mencapai sesuai. Selain berdoa, Mother dan Father juga harus terus berusaha merawat kandungan. Salah satunya dengan melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin, ya! Dengan begitu, kondisi janin bisa selalu terpantau, Mother.
9. Hindari pikiran berat yang menyebabkan stres

Cobalah untuk menghindari stres selama masa kehamilan dan selalu husnuzan kepada Allah SWT Mother. Setelah banyak berdoa dan berusaha, percayalah bahwa Allah akan melindungi Mother dan buah hati selama masa kehamilan. Jika banyak berpikir buruk, alhasil bisa menyebabkan stres dan risiko terhadap janin. Mother tidak ingin hal itu terjadi bukan?
10. Selalu menebar senyum dan kebaikan

Senyum menjadi salah satu ibadah yang dianjurkan dalam Islam, seperti yang seringkali Mother dan Father dengar bahwa ‘senyum adalah ibadah’. Untuk memberikan stimulasi pikiran positif dan bahagia, perbanyaklah senyum dalam masa kehamilan ya, Mother.

Nah, itu dia beberapa amalan ibu hamil yang bisa Mother pelajari dan terapkan di rumah. Jangan ragu untuk meminta perlindungan dari Allah SWT, dengan banyak melakukan amalan baik, Mother dan Father akan mendapat pahala sekaligus ketenangan hati selama masa kehamilan. Semoga lancar sampai persalinan ya, Mother!

source:https://www.ruangmom.com/cari?keyword=doa