Koronologi Ibadah Umroh dan Haji

Pelaksanaan ibadah haji atau ibadah umrah senantiasa ditandai oleh “Pakaian Ihram” yang pemakainnya dimulai ketika jamaah melintas di batas Miqat. Artinya sebelum melangkah ke Ka’bah untuk tujuan Tawaf, jamaah harus berangkat ke batas miqat umumnya di masjid Bir Ali, yaitu batas Miqat terdekat dari Mekkah. Disinilah jamaah shalat ihram 2 rakaat kemudian melafalkan niat umrah atau haji.

Selama dalam perjalanan menuju Mekkah jamaah dianjurkan membaca Talbiyah sebanyak-banyaknya:

Labbaik Allahumma Labbaik,

Labbaik la syariika laka labbaik,

Innal haamda wanni’mata laka wal mulk,

Laa syariika laka.

Artinya:

Aku datang memenuhi panggilan-Mu ya Allah, Aku datang memenuhi panggilan-Mu, tidak ada sekutu bagi-Nya, ya Allah Aku penuhi panggilan-Mu. Sesungguhnya segala puji dan kebesaran untuk-Mu semata-mata. Segenap kerajaan untuk-Mu. Tidak ada sekutu bagi-Mu.

Dan membaca Shalawat:

“Allahumma shalli ala Muhammad wa’ala aalii Muhammad”.

Artinya:

“Ya Allah, limpahkan shalwat-Mu kepada Muhammad dan keluarga-Nya”.

Dan berdoa’lah sebanyak-banyaknya. Setibanya di Mekkah jamaah dapat bersegera ke Masjidil Haram untuk memulai ibadah umrah yaitu Tawaf, Sa’i, dan Tahallul.

TAWAF adalah prosesi mengelilingi Ka’bah sebanyak 7 kali putaran.

SA’I adalah berjalan hilir mudik antara bukit Shafa dan bukit Marwah sebanyak 7 kali bolak-balik.

Sedangkan TAHALLUL adalah menggunting beberapa rmabut sebagai tanda sa’i telah dilaksanakan.

Dengan ketiga ritual Tawaf, Sa’i dan Tahallul maka apa yang dimaksud dengan ibadah umrah telah selesai pelaksanaannya. Berikutnya addalah “ibadah haji” yang sellau dimulai pada tanggal 8 Zulhijjah dengan ritual: Wukuf, Mabit dan Melontar Jumrah.

WUKUF. Pada tanggal 8 Zulhijjah ibadah haji akan dimulai, yaitu ditandai dengan pemberangkatan jamaah menuju Padang Arafah untuk Wukuf. Di Arafah, hamparan padang pasir yang gersang, panas, dan silau. Jamaah akan ditempatkan dibawah kemah-kemah yang telah disiapkan oleh petugas haji Arab Saudi. Wukuf yang menjadi puncak ibadha haji yang tiap tahun jatuh pada tanggal 9 Zulhijjah merupakan prosesi paling penting dan karenanya jamaah dianjurkan memperbanyak ibadah: baca Al-Qur’an, Berdo’a, Zikir, Tasbih dll.

MABIT. Melepas waktu maghrib tanggal 10 Zulhijjah jamaah segera meninggalkan Padang Arafah untuk berangkat ke Muzdalifah dan Mina dengan bus yang telah disiapkan. Setelah tiba di Muzdalifah, bus akan berhenti dan awak bus akan memberi kesempatan untuk Mabit (berhenti/jeda) sampai lewat tengah malam, sambil mengumpulkan kerikil untuk Melontar Jumrah (jamarat).

MELONTAR. Pada tanggal 10 Zulhijjah, jamaah sudah berada di Mina dan ditempatkan di kemah-kemah yang telah disiapkan. Kegiatan di Mina yang dimulai pada tanggal 10 Zulhijjah adalah  melontar. Selama tiga atau empat hari di Mina (Nafar Awal 3 hari dan Nafar Tsani 4 hari) untuk Melontar.

Melontar jumrah ini adalah prosesi haji paling riskan dan penuh bahaya maka jamaah harus berhati-hati dan benar-benar mengikuti petunjuk petugas untuk tidak berdesak-desakan karena dapat mengancam jiwa. Banyak orang tua atau jamaah yang lemah fisiknya jatuh terhimpit dan terinjak-injak di kawasan jamarat ini.

THAWAF IFADHAH. Pada tanggal 13 Zulhijjah seusai melontar jumrah (Ula, Wustha, dan Aqabah), masing-masing sebanyak tujuh kali, jamaah akan meninggalkan Mina untuk kembali ke pemondokan masing-masing di Mekkah.

Setelah tiba di Mekkah, jamaah diminta segera melakukan Tawaf Ifadhah bagi yang belum melaksanakannya. Dikatakan belum, karena selama tiga-empat hari di Mina disela-sela 3-4 hari untuk Wukuf, Mabit dan Melontar, ada saja jamaah yang menyempatkan diri untuk Tawaf Ifadhah. Apabila Tawaf Ifadhah telah dilaksanakan, maka selesailah kegiatan rangkaian ibadah haji.

 

+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

Umrah Murah April $1550 + Rp 1 Juta

Umrah Murah Ramadhan $1.750 + Rp 1 Juta

Umrah Murah Desember $1550 + Rp 1 Juta

INFO H SUDJONO AF 081388097656 WA

===================================================================

Similar Posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *