Perjalanan Haji, A to Z

Perjalanan Haji, Tanya Jawab Seputar Perjalanan Haji dan Umroh

Teks Fahmi Arumi

Pelaksanna rukun kelima dalam rukun islam ini merupakan rangkaian ibadah yang panjang. Bukan hanya perlu persiapan fisik, melainkan juga butuh pemahaman mengenai beberapa cara dan pengondisian mental. Berikut ini A sampai Z perjalanan haji yang akan ditemui jamaah selama di tanah suci.

A –Arafah

Arafah adalah nama daerah di timur luar kota Mekkah. Dikawasan luas padang ini, setiap 9 dzulhijah arafah menjadi tempat berkumpul lebih dari dua juta umat islam untuk menunaikan wukuf. Arafah disebut juga sebagai replikan alam padang mahsyar, tempat suatu saat umat manusia dibangkitkan kembali dari kematian. Menurut sejumlah literature islam,arafah adalah tempat yang paling tepat untuk memohon doa. Hal ini sesuai dengan sabda nabi: “doa yang paling baik adalah doa di hari arafah”.

=========================================================================

Paket Umroh Murah 2017 Biaya $1.550 Februari – Maret

Hotline: Ir. H Sudjono AF:   | 0813 880 97656 | 0896 1184 1848 – BB 2315A7C3

=========================================================================

B –Baqi

Baqi adalah sebuah pemakaman di Madina,bersebrangan dengan Masjid Nabawi. Baqi dikenal juga dengan julukan Jannatul Baqi yang artinya Taman Surga. Disini dimakamkan keluarga dan kerabat Rasulullah, diantaranya Abdul Muthalib (paman Rasulullah), Ibrahim (putra rasulullah), Zainab, Kultsum, dan Ruqayah (putri Rasulullah), dan juga istri-istri Rasulullah.

C –Cadar

Cadar, paket umroh murah 2017
Cadar, paket umroh murah 2017

Cadar  adalah kain penutup wajah yang biasa dipakai perempuan Mekkah. Biasanya menyatu dengan gamis hitam. Di Mekkah tradisi muslimah memakai cadar sangatlah kuat. Ini berbeda dengan di kota Jeddah.

Perempuan di kota ini rata-rata tidak bercadar. Menurut sejarah cadar bukan berasal dari agama islam. Konsep menutup wajah sudah disebutkan dalam taurat dan injil.

D –Dam

Ditinjau dari bahasa dam artinya “darah”. Dalam bab ibadah haji, Dam adalah ibadah pengganti jika jamaah haji melanggar satu atau beberapa rukun haji, maka dia harus menyembelih binatang ternak untuk dibagikan. Kalau tidak dia harus berpuasa.

E –Emberkasi

Emberkasi adalah tempat bersiapnya rombongan haji yang terbagi dalam beberapa kelompok dan terminal keberangkatan.

F –Fulus

Umumnya, orang Indonesia mengenal Fulus sama dengan uang – apapun mata uangnya. Fulus memang uang, tapi di arab, Fulus adalah satuan mata uang recehan, selain mata uang lainnya Dinar, Dirham, dan Daniq. Dulu koin fulus menjadi perdebatan oorang-orang di jazillah arab karena Fulus diduga merupakan klaim mata uang Yahudi.

G –Gurun

Gurun adalah kawasan padang pasir yang menerima sedikit curah hujan. Daerah seperti ini banyak di timur tengah, termasuk arab Saudi. Di mekkah dan madinah, kondisi gurun berhubungan dengan perubahan cuaca. Dimusim panas, antara mei-september suhu bisa mencapai 45 derajat celat celciuspada siang hari. Sebaliknya dimusim dingin, suhu bisa mencapai 10 derajat celcius saat dini hari.

H –Hajar aswad

Hajar aswad merupakan batu yang dipercaya umat islam berasal dari surge melalui malaikat Jibril. Batu berwarna hitam jenis ruby ini terdiri dari delapan keeping yang disatukan dan diikat dengan lingkaran perak. Banyak jamaah haji ingin mengecup batu berharga ini meski dengan bersusah payah. Bianya orang yang tak biisa menjangkau hajaraswad, hanya memberikan kecupan jarak jauh sembari membaca “Bismillah wallahu akbar”.

I –Ihram

Ihram adalah niat haji atau umrah. Jadi ihram bukan sekedar pakaian.orang yang berihram disunnahkan mandi dan membersihkan diri dari segala kotoran. Meskii ihram harus suci dan bersih, sebaiknya tidak mengoleskan parfum pada selendang dankain ihram karena yang sunnah justru mengoleskan pada anggota badan.

J –Jumrah

Jumrah berasal dari bahasa arab: Jamarah 9tiang0. Dalam ibadah haji kegiatan ini sering kali disebut lempar jumrah. Para jamaah mengumpulkan bebatuan tersebut dari tanah dihamparan muzdalifah dan melemparkannya ke jumrah aqabah,wutsha, dn ula.

Perjalanan Haji, Tanya Jawab Seputar Perjalanan Haji dan Umroh

K –Kabah

Masjidil Haram
Ka’bah, Masjidil Haram

Kabah merupakan bangunan berbentuk kubus ditengah-tengah masjidil Haram. Ka’bah dikenal sebagai monument yang wajib diziarahi saat muim haji dan umrah. Selain itu, bangunan suci menjadi patokan arah kiblat untuk berbagai ibadah umat islam, khususnya shalat. Bangunan ini pernah dipugar Nabi Ibrahim dan nabi Ismail atas perintah Allah swt.

Dalam alquran, surah Ibrahim [14]: 37 tersirat bahwa situs suci ka’bah telah ada sewaktU NABI IBRAHIM menempatkan hajar aswad dan ismail diilokasi tersebut. Pada zaman jahiliyah, ka’bah digunakan untuk menyimpan patung-patung berhala. Setelah nabi Muhammad datang untuk mengembalikan kembali kesucian ka’bah, penyembah berhala beangsir-angsur berkurang dan akhirnya masuk islam.

L –Labbaik

Labbaik disebut juga talbiyah, diambil dari seruan, “labbaik allohumma labbaik, labbaik la syarika laka labbaik, innal hamda wanni’mata laka walmulk, la syarika lak,” yang artinya “aku datang ya allah memenuhi pangilan-Mu, aku datang ya Allah, aku datang. Tidak ada sekutu bagiMu, aku datang. Sesungguhnya segala puji dan kesenangan hanyalah untuk-Mu dan kekuasaan-Mu.” Memperbanyak talbiyah dengan suara lantang sangatlah baik, apalagi disepanjang perjalanan ke Mekkah.

M –Miqat

Miqat adalah batas. Secara harfiah pengertiannya adalah garis batas untuk memulai ibadah haji sebelum melintasi batas tanah suci. Sewaktu masuk tanah suci, jamaah harus berpakain ihram. Miqat dibagi dua:  Miqat zamani (batas yang ditentukan berdasarkan waktu) dan Miqat Makani (batas yang ditentukan berdasarkan tempat).

N –Nabawi

Masjid bersejarah di kota madinah yang dibangun rasulullah saw. Beliau dimakamkan disana beserta beberapa anggota keuarga dan kerabatanya. Direnovasi pertama kali oleh umar bin khattab pada tahun 17 H. kini masjid ini dapat menampung sekitar 535.000 jamaah. Menrut hadist yang diriwayatkan anas bin Malik, nabi saw bersabda, “barang siapa yang melakukan shalat dimasjidku sebanyak empat puluh kali tanpa luput satu kali shalatpun, maka akan dicatat kebebasannya dari neraka, kebebasan dari siksa, dan terhindarlah ia dari kemunafikan.” [hadist sahih ahmad dan thabrani].

O –Oase

Oase adalah tanah subur yang bermata air yang terdapat di gurun pasir, jamaah haji yang berada di mekah mungkin akan merasa sulit  mencari oase.dikawasan madinah terapat banyak kawasan areal tanah subuh ini.

P –Panas

Panas adalah cuaca yang mencirikhasi daerah timur tengah seperti arab Saudi. Misalnya di mekkah suhu panas bisa mencapai 46-48 derajat celcius. Tapi anehnya, pada musim panas, banyak orang berlibur ke arab Saudi. Agar mengantisipasi cuaca panas, jamaah haji disarankan sesering mungkin minum air hangat 9hindari air dingin),menggunakan pelembab, dan menggunakan masker yang dibasahi air hangat.jangan lupa juga makan makanan sehat secara teratur.

Q –Quran

Alquran banyak menginformasikan persoalan haji. Bahkan ada surat tersendiri dinamakan surat al-hajj. Surat ini mengemukakan banyak hal yang berkaitan dengan ibadah haji, seperti ihram, thawaf, sa’I, wukuf dii arafah, mencukur rambut, syiar allah, hikmah, dan juga faedah naik haji. Selain al-hajj persoalan haji juga terdapat dalam al-quran di surah-surah lainnya diantaranya: al-baqarah ayat 196-197, al-imran ayat 97, at taubah ayat 3, al-maidah ayat 1.

R –Raudah

Raudhah adalah suatu ruang dibagian depan sisi kiri masjid nabawi, terletak diantara mimbar dan kamar rassulullah Muhammad saw. Bagi jamaah haji, raudhah adalah salah satu tempat yang tepat untuk memohon doa. Tak heran tempat ini banyak dikunjungi orang untuk berzikir. Meski dimensi ruang Raudhah hanya berukuran 5 x 10 meter persegi, ratusan ribu jamaah rela berdesakan mengunjungi tempat ini. Raudhah disebut juga “taman surga” sesuai hadist yang diriwayatkan abu Hurairah, rasulullah bersabda, “diantara rumah dan mimbarku adalah taman dari taman-taman surga, dan mimbarku diatas telagaku.”

S –Sa’i

Sa’I adalah salah satu rukun haji dan umrah. Jamaah yang melakukan sa’I harus berlari-lari kecil bolak-balik 7 kali dari bukit shafa ke bukit marwah dan sebaliknya. Jarak diantara bukit ini sekitar 405 meter. Para jamaah pria disunnahkan untuk berlari-lari kecil, sementara jamaah wanita disunnahkan berjalan cepat. Jamaah boleh menjalankan sa’I dalam keadaan tidak berwudhu dan (bagi wanita) dalam keadaan haid atau nifas. Jamaah disunnahkan membaca zikir dan doa, seperti tasbih (Allahuakbar), dan istigfar (astagfirullah) saat ber-sa’i.

T –Thawaf

kota-suci-makkah
kota-suci-makkah

Thawaf artinyya “mengeliligi sesuatu”. Dalam ibadah haji, thawaf berarti salah satu rukun haji dengan cara mengelilingi ka’bah 7 kali. Selama berhaji, jamaah disunnahkan thawaf sunnah (tathawu).

Adapun syarat-syaratnya adalah: suuci dari hadast, suci badan, pakaian, suci tempat dari najis,  menutup aurat, memulai dari rukun hajar aswad dan berniat thawaf, menjadikan baitullah di sebbelah kiri, berjalan kedepannya bertujuan thawaf, bukan hal lain, cukup 7 kali keliling denganyakin, dilakukan dalam masjidil haram dan diluar  dari hijirismail.

U –Umrah

Umrah bisa disebut juga ibadah haji “kecil”, karena ibadah ritual ini hanya dilakukan di mekkah dan waktunya bisa dilakukan kapan saja. Ini berbeda dengan haji yang aktivitasnya sampai dengan ke Madinah. Dan dilangsungkan pada waktu yang sudah ditentukan, yakni pada tanggal 8 dzulhijah sampai dengan 12 dzulhijah. Orang yang menjalankan umrah tidak perlu wukuf di Arafah. Sedangkan dalam ibadah haji, wukuf di arafah merupakan hal yang wajib dilaksanakan.

V –Vitamin

Vitamin merupakan suplemen makanan yang dianjurkan untuk dibawa oleh setiap jamaah ke tanah suci. Mengingat perjalanan haji  membutuhkan stamina prima. Para jamaah haji sebaiknya membawa persediaan multivitamin dan vitamin c dosis tinggi dari tanah air, terututama untuk dua sampai tiga hari pertama.

W –Wada

Wasa’ disebut juga ritual haji perpisahan, ibadah ini dilakukan rasulullah saw sebelum wafat. Saat beliau berkhutbah tentang kemuliaan negeri mekkah, hari arafah, bulan dzulhijah, dan menyerukannya kepada segenap manusia. Karena merupaka ritual ibadah haji, para jamaah diwajibkan melakukan thawaf wada’ sebagai penutup kewaiban haji sebelum pulang atau meninggalkan kota mekah sekaligus sebagai penghormatan pada ka’bah.

Y –Yaumuljamak

Yaumuljamak artinya hari pertemuan atau hari berkumpul atau hari kebangkitan. Istilah ini mengacu pada hari perhitungan manusia di hari kiamat. Dalam ibadah haji yaumuljamak pengertiannya lebih sempit karena hanya  terbatas pada ruan dan waktu ibadah haji tiba yakni di mekkah. Arti yaumuljamak dalam haji hanyalah sebatas uangkapan simbolis bahwa naik haji adalah refleksi hari pertemuan di akhirat nanti dengan bekal amalan.

X –Xtra

Xtra ibadah, xtra bugar, dan xtra hati-hati adalah tiga hal yang mencirikhasi ibadah haji ketika beribadah di tanah suci. Tapi perhatikan juga xtra bagasi.kelebihan bagasi hanya akan mempersulit keberangkatan. Di inidonesia, syarat berat bagasi bagi jamaah haji maksimak 32 kg.

Z- Zam-zam

Zam-zam dalam bahasa arab artinya melimpah-limpah. Di tanha suci, zam-zam dikenal sebagai

 

Similar Posts: