Kota Makkah Tempat Para Nabi Beribadah

 

  Kota Makkah  Tempat Para Nabi Beribadah. Banyak para Nabi yang pergi ke Makkah untuk mengerjakan ibadah haji di sana. Sampai Nabi Adam pun pergi kesana untuk mengerjakan ibadah haji. Bahkan dikatakan bahwa banjir yang meluap di zaman Nabi Nuh tidak bisa membenamkan Baitullah ini. Dalam sebuah Hadis, Rasulullah bersabda:

“Sungguh! Telah melewati batu besar di Ar-Rauha ini tujuh puluh Nabi. Diantara Nabi-Nabi itu ada Nabi Musa. Mereka berjalan tanpa alas kaki sambil memakai selendang. Semuanya berjalan menuju Baitullah Al-Atiq.” (HR. Ahmad, Abu, Ya’la dan dihasankan oleh Al-Albani)

Pintu gerbang masuk kota Makkah sekarang

Pintu gerbang masuk kota Makkah sekarang

Beliau juga bersabda:

      “Telah shalat di masjid Al-Khaif ini tujuh puluh Nabi, diantara mereka ada Nabi Musa. Saya seperti melihatnya sedang memakai dua selendang Quthwani. Beliau berihram di atas unta yang tali kekangnya terbuat dari sabut. Beliau mempunyai dua kepang rambutnya.” (HR. Ath-Thabrani dan dihasankan oleh Al-Albani)

Dalam hadis lain beliau bersabda:

“Nabi Hud dan salih telah melewati lembah ini (lembah Usfan) dengan mengendarai unta yang tali kekangnya terbuat dari sabut. Sarung mereka adalah selendang, sedangkan baju yang mereka pakai adalah nimar. Mereka yang menuju Al-Bait Al-Atiq.” (HR. Ahmad)

Imam Al-Hakim meriwayatkan bahwa Rasulullah saat melewati lembah Al-Azraq pernah berkata:

      “Seakan-akan saya melihat Musa sedang turun lembah ini dengan mengeraskan suara takbir tinggi-tinggi.” Kemudian saat beliau (Nabi Muhammad) melewati sebuah jalan di bukit, beliau berkata lagi: “Saya seperti melihat Nabi Yunus sedang mengendarai unta merah yang berambut keriting, tali kekangnya terbuat dari sabut. Beliau bertalbiyah dengan memakai jubah dari Wol.” (Disahihkan oleh Al-Albani)

Sedangkan menurut Hadis yang diriwayatkan Abu Hurairah, ia mendengar Rasulullah bersabda:

      “Putra Maryam pasti akan memulai talbiyahnya dijalan Ar-Rauha’ ini. Ia menuju Makkah untuk mengerjakan ibadah haji atau umrah, atau mengerjakan keduanya secara bersamaan.” (HR. Muslim)

Adapun Nabi Ibrahim dan Ismail, keduanyalah yang membangun Baitullah ini. Mereka berdua mengajak manusia datang ke Makkah untuk mengerjakan ibadah haji.

Allah berfirman:

“Dan (ingatlah), ketika Ibrahim meninggikan (membina) dasar-dasar Baitullah bersama Ismail (seraya berdoa): “Ya Tuhan kami, terimalah daripada kami amalan ini. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mendengar lahi Maha Mengetahui.” (QS. AL-Baqarah: 127)

Juga firmanNya:

“Dan (ingatlah), ketika Ibrahim berdoa: Ya Tuhanku, jadikanlah negeri ini negeri yang aman sentosa, dan berikanlah rizki berupa buah-buahan kepada penduduknya, yaitu siapa saja yang beriman kepada Allah dan hari kemudian.” (QS. Al-Baqarah: 126)

Dalam ayat lain Allah berfirmn:

      “Ya Tuhan kami, sesungguhnya saya telah menempatkan sebagian keturunan saya di lembah yang tidak mempunyai tanaman didekat rumah Engkau, yaitu Baitullah yang diagungkan. Ya Tuhan kami! Yang demikian itu agar mereka mendirikan shalat. Maka jadikanlah hati sebagian manusia cenderung kepada mereka dan berikanlah mereka rizki dari buah-buahan. Mudah-mudahan mereka bersyukur.” (QS. Ibrahim: 37).

Kota Makkah  Tempat Para Nabi Beribadah

Similar Posts:

By |2017-09-10T12:46:01+00:00February 7th, 2017|Uncategorized|

Leave A Comment