Cahaya Risalah Menyingsing Dari Kota Makkah

Inilah Cahaya Risalah. Sudah Menyingsing Dari Kota Makkah al Mukaromah. Yaitu dengan diturunkannya agama Islam untuk memebaiki ketauhidan dalam kehidupan.

Cahaya Risalah untuk Kota Makkah

Cahaya Risalah untuk Kota Makkah

Disebutkan dalam Ash-Shahihain dari Aisyah ia berkata:

Wahyu yang pertama kali dimulai kepada Rasulullah adalah berupa mimpi. Dan tidaklah beliau bermimpi kecuali mimpi itu datang seperti sinar yang menyongsong di waktu subuh. Sejak itu beliau senang menyendiri, dan tempat beliau menyendiri adalah goa Hira. Kemudian beliau beribadah disana selama beberapa malam. Hal itu beliau lakukan sebelum kembali ke keluarganya untuk mengambil bekal.

            Setelah itu beliau pulang menemui Khadijah untuk mengambil bekal seperti biasa. Sampai pada suatu ketika, beliau dikejutkan dengan suatu kejadian di dalam goa. Beliau didatangi seorang malaikat. Dia berkata kepada beliau: ’Bacalah!’ Nabi menjawab: ‘Saya tidak bisa membaca.’ Nabi berkata: ‘Kemudian dia merangkulku dengan erat sekali sampai aku keletihan. Lalu ia melepaskanku dan kembali berkata: ‘Saya tidak bisa membaca.’ ‘Kemudian ia merangkulku dengan erat sampai aku keletihan. Ia melepaskan lagi dan kembali berkata: ‘Bacalah!’ Saya menjawab: ‘Saya tidak bisa membaca.’ Lalu ia merangkulku untuk ketiga kalinya sampai saya benar-benar keletihan. Lalu melepaskan dan berkata:

            “Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah!, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah, yang mengajar (manusia) dengan perantaraan kalam. Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.” (QS. AL-Alaq: 1-5)

Cahaya Risalah Menyingsing Dari Kota Makkah Dengan Diangkatnya Nabi Muhammad SAW

            Rasulullah langsung pulang dengan tubuh gemetaran. Beliau menemui Khadijah dan berkata: ‘Selimuti saya, selimuti saya.’ Beliaupun di selimuti sampai rasa takut itu menghilang. Lalu beliau bertanya kepada Khadijah: ‘Wahai Khadijah, ada apa dengan diriku ini? Beliau menceritakan kejadiannya, dan bersabda: ‘Aku sungguh khawatir atas diriku.’

            Maka berkatalah Khadijah: ‘Janganlah kamu takut! Allah tidak akan menghinakanmu selamanya karena kamu telah menyambung silaturrahim, selalu berkata jujur, selalu membantu orang kesusahan dan papa, selalu memuliakan tamu, dan selalu memberi bantuan di jalan kebenaran.’

            Kemudian Khadijah mengajaknya berkunjung ke rumah Waraqah bin Naufal bin Asad, lelaki tua putra paman Khadijah. Dia seorang lelaki beragama Nasrani di masa jahiliyah, ia mempunyai kepandaian menulis Injil dengan bahasa Arab. Ia sudah tua lagi buta.

            Khadijah berkata kepadanya: ‘Wahai paman! Dengarlah perkataan putra saudaramu ini.’ Waraqah berkata: ‘Wahai putra saudaraku! Ada apa denganmu?’ Rasulullah memberitahukan apa saja yang menimpanya. Waraqah berkata lagi: ‘Ini adalah Namus (Jibril) yang dulu mendatangi Musa. Ooh! Andaikan saya masih muda. Seandainya saya tetap hidup ketika kaummu mengusirmu.’

            Rasulullah bertanya keheranan: ‘Apakah kaumku akan mengusirku?!’ Waraqah menjawab: ‘Benar! Tidak ada seorang pun yang membawa ajaran seperti orang yang kamu bawa, kecuali ia dimusuhi kaumnya. Jika saja saya masih hidup saat itu, pasti saya membantumu sekuat tenaga.’

            Tapi tidak lama kemudian, Waraqah bin Naufal meninggal dunia. Sedangkan wahyu tertunda beberapa saat, sehingga Rasulullah bersedih.

Setelah wahyu tertunda beberapa saat, Rasulullah menemui banyak gangguan dan malapetaka dari kaumnya. Sampai Allah mengizinkan beliau untuk berhijrah ke kota Madinah. Ketika keluar dari Makkah dan hendak ke Madinah untuk berhijrah, beliau membalikkan badannya ke Makkah dan berkata:

“Demi Allah! Engkau adalah bumi Allah yang terbaik, dan bumi-Nya yang paling dia cintai. Kalau saya tidak diusir darimu, selamanya saya tak akan keluar…” (HR. Ahmad dan At-Tirmidzi)

========================================================

Dapatkan Paket Umroh Murah Ramadhan 2018 – 2019 – 2020

Hubungi: H. SUDJO NO AF – 081388097656 WA

=======================================================

Similar Posts:

By |2017-12-27T13:12:45+00:00February 7th, 2017|Uncategorized|

Leave A Comment