5+ Keutamaan SSurat Al Fatihah, Salah Satunya Bisa Menyambuhkan Penyakit, Masya Allah!

Menjadi surat yang sering dibaca setiap hari karena menjadi syarat sah salat, ternyata itu menjadi keutamaan surat Al Fatihah. Bukan hanya itu, ada banyak keutamaan lain dari surat yang menjadi surat pertama dalam Alquran ini.

Sebagaimana yang telah disabdakan oleh Rasulullah SAW:

ﺍﻟﻔﺎﺗﺤﺔ ﻟﻤﺎ ﻗﺮﺋﺖ ﻟﻪ

Artinya: “Jika kita punya suatu hajat apapun, surat Al-Fatiha bisa menjadi perantara untuk hajat tersebut.”

Sebelum mengetahui keutamaan surat Al Fatihah, ada baiknya untuk mengenal terlebih dulu surat ini. Surat Al-Fatiha termasuk ke dalam surat Makiyah atau surat yang diturunkan di Makkah, dan terdiri dari 7 ayat. Ada dua pendapat mengenai jumlah dari surat ini, yaitu:

Imam Malik berpendapat jika jumlah ayat dalam surah Al Fatihah hanya enam. Dan yang berpendapat bahwa ayat surah Al-Fatihah hanya enam, tidak memasukkan basmalah menjadi bagian dari surat tersebut.
Imam Asy-Syafi’i berpendapat dan mengatakan jika surat Al Fatihah terdiri dari tujuh ayat, dan kebalikan dari pendapat yang pertama.

Surat Al Fatihah memiliki 139 huruf, yang terangkai dalam 25 customized organization. Al Fatihah adalah surat pertama dalam Alquran yang ternyata memiliki keutamaan dari isi kandungannya.

Beberapa unsur pokok yang terdapat dalam surat Al Fatihah adalah ini dari Alquran. Ini meliputi tentang keimanan, hukum islam, dan kisah Islam lainya. Ada pula beberapa kandungan yang mencakup tujuan dari Alquran.

Seperti prinsip dan turunan ajaran agama yang meliputi aqidah, ibadah, syariah, keyakinan atas hari akhir, keimanan atas sifat mulia Allah SWT, pengesaan dalam penyembahan, juga permohonan pertolongan melalui doa.

Menurut Jurnal Iman dan Spiritualitas UIN SGD Bandung, surat Al Fatihah juga memiliki nilai akhlak yang sangat penting bagi generasi penerus bangsa, serta menjadi modular bagi seseorang untuk menjalani kehidupan yang sukses di masa depan.

Apa saja ya keutamaan surat Al-Fatihah atau surat yang disebut Ummul Quran ini?
1. Induknya Alquran

Dinamakan Ummul Quran dan Ummul Kitab, karena surat ini mencakup seluruh tujuan agama. Hal ini seperti yang disebut dalam hadits Rasulullah SAW:

ﺍﻟْﺤَﻤْﺪُ ﻟِﻠَّﻪِ ﺃُﻡُّ ﺍﻟْﻘُﺮْﺁﻥِ ﻭَﺃُﻡُّ ﺍﻟْﻜِﺘَﺎﺏِ ﻭَﺍﻟﺴَّﺒْﻊُ ﺍﻟْﻤَﺜَﺎﻧِﻲ

Artinya: “Surat alhamdulillah (yaitu Al Fatihah) adalah ummul quran, ummul kitab dan as sab’ul matsani.” (HRTirmidzi)
2. Sebagai Obat

Keutamaan surat Al-Fatihah untuk menyembuhkan penyakit disebut juga sebagai as-Syifa yang berarti obat. Dalam kitab ‘Fadhoil Suwar wa Ayat Qur’aniyah’ karya Sayyid Muhammad Saad ibnu Alawi al-Idrusi, dijelaskan bahwa Abdul Malik ibu Umair mengatakan:

ﺍﻟﻜﺘﺎﺏ ﺷﻔﺎﺀ ﻣﻦ ﻛﻞ ﺩﺍﺀﻓﺎﺗﺤﺔ

Artinya: “Surah yang menjadi pembuka dalam Alquran adalah obat segala sesuatu, surah tersebut adalah surah al-Fatihah.”

Allah SWT telah menegaskan bahwa Alquran adalah obat bagi berbagai macam penyakit.

وَنُنَزِّلُ مِنَ ٱلۡقُرۡءَانِ مَا هُوَ شِفَآءٞ وَرَحۡمَةٞ لِّلۡمُؤۡمِنِينَ وَلَا يَزِيدُ ٱلظَّٰلِمِينَ إِلَّا خَسَارٗا

“Dan Kami turunkan dari Alquran suatu yang menjadi penawar (obat) dan rahmat bagi orang yang beriman dan Al-Quran itu tidaklah menambah kepada orang yang zalim selain kerugian.” (QS Al Isra’: 82).
3. Syarat Sah Salat

Keutamaan surat Al Fatihah lainnya adalah menjadi syarat sah dan tidak sahnya salat seseorang. Karena surat ini adalah salah satu rukun dari salat, sehingga tidak ada salat seseorang tanpa adanya Al-Fatihah. Rasulullah SAW bersabda:

ﻟَﺎ ﺻَﻠَﺎﺓَ ﻟِﻤَﻦْ ﻟَﻢْ ﻳَﻘْﺮَﺃْ ﺑِﻔَﺎﺗِﺤَﺔِ ﺍﻟْﻜِﺘَﺎﺏِ

Artinya: “Tidak sah salatnya orang yang tak membaca Surat Al-Fatihah.” (HR Muslim)

4. Surat yang Mulia

Sebagaimana dalam sebuah bahwa Abu Sa’id canister Mu’alla berkata, “Pada suatu hari, aku sedang salat di Masjid. Selesai salat, aku dipanggil Rasulullah SAW. Kemudian Rasulullah SAW joke bersabda, ‘Aku akan mengajarkanmu sebuah surah yang teragung di dalam alquran sebelum engkau keluar dari masjid.’

Aku bertanya, ‘Surah apakah itu wahai Rasulullah?’. Rasulullah SAW kembali bersabda, ‘(Ia adalah surah) Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Ia adalah tujuh ayat yang diulang-ulang (dalam setiap rakaatnya) dan al-Qur’an yang agung yang diberikan kepadaku’,” (HR Bukhari, Abu Dawud, dan Nasa’i).
5. Surat yang Withering Utama

Abu Hurairah meriwayatkan bahwasanya Rasulullah SAW bersabda: “Alhamdulillahi rabbil ‘alamiin adalah Umm al-Qur’an, Umm al-Kitab, as-Sab’ul Matsani, al-Qur’an al-‘Azhim, debris Shalat, asy-Syifa dan ar-Ruqyah.” (HR. Tirmidzi).
6. Terdapat Munajat Antara Hamba dan Allah SWT

Abu Hurairah mengatakan bahwa suatu saat Rasulullah SAW bersabda: “Allah telah berfirman, ‘Aku telah membagi (kandungan makna) surah Al Fatihah untuk-Ku dan untuk hamba-Ku menjadi dua bagian, dan Aku akan mengabulkan apa yang hamba-Ku pinta.’

Apabila dia membaca, ‘Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam,’ Allah akan membalasnya dengan berfirman, ‘Hamba-Ku telah memuji-Ku.’ Apabila dia membaca, ‘Zat yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.’ Allah berfirman, ‘Hamba-Ku telah memuji-Ku.’ Apabila dia membaca, ‘Yang menguasai di hari pembalasan.’

Allah berfirman, ‘Hamba-Ku telah mengagungkan-Ku.’ Apabila dia membaca, ‘Hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan.’ Allah berfirman, ‘Ini adalah urusan antara Aku dan hamba-Ku, dan aku akan mengabulkan apa yang hamba-Ku pinta.’

Apabila dia membaca, ‘Tunjukilah kami jalan yang lurus, (yaitu) jalan orang yang telah Engkau beri nikmat (iman) kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.’ Allah berfirman, ‘Ini adalah untuk hamba-Ku, dan dia akan mendapatkan apa yang dua pinta’,” (HR Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, Nasa’I dan Ibnu Majah)

Setelah mengetahui keutamaan surat Al Fatihah ini, semoga dapat meningkatkan amal ibadah menjadi lebih baik lagi.

source:https://www.orami.co.id/magazine/keutamaan-surat-al-fatihah