Arti Hasbunallah Wanikmal Wakil, Zikir yang Diucapkan Ketika Terhimpit Berbagai Masalah Kehidupan

Banyak orang Islam mungkin belum tahu arti Hasbunallah Wanikmal Wakil.

Kalimat tersebut sering menjadi doa bahkan zikir yang selalu dibacakan terutama saat tertimpa musibah atau masalah yang besar.

Sebab saat memiliki masalah dan buntu saat berusaha membereskannya, berdoa kepada Allah SWT adalah hal yang dapat menguatkan batin.

Allah SWT adalah tempat untuk berserah diri atas segala permasalahan hidup dan juga tempat untuk meminta perlindungan dan juga pertolongan.

Makna dan arti Hasbunallah wanikmal Wakil sebenarnya mengandung banyak penafsiran secara harfiah atau bahasa.

Ad

Namun, secara substansi sebagian besar ulama dan teks Islam memberikan arti dan makna yang sama.

Selain kalimat Bahasa Arabnya, ada beberapa arti hasbunallah wanikmal wakil, yakni:
1. Arti Hasbunallah Wanikmal Wakil dalam Bahasa Indonesia

حَسْبُنَا اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ

(Hasbunallah wanikmal wakil)

Artinya: “Cukuplah Allah sebagai penolong kami.”
2. Arti Hasbunallah Wanikmal Wakil dalam Bahasa Inggris

حَسْبُنَا اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ

(Hasbunallah wanikmal wakil)

Signifying: “Adequate for us is Allah, and (He is) the best Disposer of undertakings.”

Jika dilihat dari arti Hasbunallah Wanikmal Wakil, lafaz ini mencoba untuk menegaskan bahwa manusia tidak akan pernah dapat menolong dirinya sendiri.

Apa joke yang menimpa manusia, hendaknya memohon perlindungan dan pertolongan hanya kepada Allah SWT.

Lafaz ini juga merupakan potongan dari ayat dalam Alquran.

Ad

الَّذِينَ قَالَ لَهُمُ النَّاسُ إِنَّ النَّاسَ قَدْ جَمَعُوا لَكُمْ فَاخْشَوْهُمْ فَزَادَهُمْ إِيمَانًا وَقَالُوا حَسْبُنَا اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ

(Allażīna qāla lahumun-nāsu innan-nāsa qad jama’ụ lakum fakhsyauhum fa zādahum īmānaw wa qālụ ḥasbunallāhu wa ni’mal-wakīl)

Artinya: “(Yaitu) orang (yang mentaati Allah dan Rasul) yang kepada mereka ada orang yang mengatakan: ‘Sesungguhnya manusia telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, karena itu takutlah kepada mereka’.

Maka perkataan itu menambah keimanan mereka dan mereka menjawab: ‘Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung’,” (QS Ali Imran: 173).

Lafadz ini juga pernah diucapkan oleh Nabi Ibrahim AS ketika hendak dilemparkan ke dalam programming interface. Sebagaimana dijelaskan dalam hadis Rasulullah SAW.

“Sesungguhnya manusia telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, karena itu takutlah kepada mereka.

Maka perkataan itu menambah keimanan mereka dan mereka menjawab, ‘Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung’,” (HR Bukhari).

Bila dilihat dari sejarahnya, lafadz dzikir Hasbunallah Wanikmal Wakil ini telah diamalkan oleh para nabi dan orang saleh.

Mereka melafazkan zikir ini setiap waktu, baik saat ditimpa musibah ataupun ketika ditimpa oleh fitnah.

Menurut penelitian yang telah dilakukan oleh Psikoislamika: Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam, orang yang sering berzikir dan berdoa dapat memberikan efek relaksasi hingga dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk menurunkan kecemasan kehamilan bagi ibu yang baru pertama kali hamil.

Ini bukan hanya terbatas pada satu doa atau zikir saja.

Sebab, kalimat apapun yang mengingatkan terhadap kehadirat Allah SWT, maka itu akan memberikan manfaat yang luar biasa, tentunya selain memberi pahala dan keberkahan.

Selain itu, lafaz dan arti Hasbunallah Wanikmal Wakil ini sarat akan nilai ketauhidan.

Karena hanya Allah SWT tempat untuk memohon pertolongan dan manusia adalah makhluk lemah yang tidak memiliki daya upaya.

Ada beberapa manfaat sering membaca doa dan zikir ini, seperti:
1. Bentuk Tawakal kepada Allah SWT

Karena kalimat ini mengandung makna tawakal dan ketaqwaan yang begitu dalam.

Maka ketika seseorang yang bertaqwa telah bertawakal, maka apapun hasilnya yang akan diterima akan diserahkan sepenuhnya kepada Allah SWT.

Dengan kalimat ini, seseorang telah menyerahkan segenap jiwa dan raga, segala urusan, beban, dan masalah kepada Allah SWT.

Tawakal dan ikhlas menyerahkan sepenuhnya urusan kepada Allah SWT malah jadi sebenar-benarnya bentuk seseorang sebagai manusia kepada tuhannya.
2. Solusi Atas Segala Problematika Hidup

Lafaz dari zikir ini menekankan adanya dependensi atau ketergantungan kepada Allah SWT.

Dengan melafazkan zikir ini, maka seseorang menggantungkan segalanya baik hidup dan matinya hanya kepada Allah SWT, sang pemilik solusi.

Saat seseorang dihimpit berbagai permasalahan kehidupan dunia yang begitu menyesakkan, dirundung duka dan derita, serta masalah yang datang, termasuk adanya kesulitan hidup, maka orang yang beriman hendaknya mengucapkan kalimat doa dan zikir tersebut.

Jika merasa terancam dalam suatu hal, maka serahkan saja kepada Allah SWT karena hanya Allah-lah sebaik-baiknya penolong dan pelindung.

Doa tersebut menjadi ungkapan permohonan untuk ditolong kepada Allah SWT, dan bentuk tawakal untuk mengembalikan segala urusan kepada-Nya.
3. Menerima dan Meyakini Keesaan Serta Keagungan Allah SWT

Karena lafaz ini menegaskan tentang Allah SWT sebagai satu-satunya tempat memohon pertolongan, orang yang memanjatkan dan mengetahui arti Hasbunallah Wanikmal Wakil tentunya akan menghayati dan mengamalkan sepenuh hati.

Selain itu, arti Hasbunallah Wanikmal Wakil secara tersirat saja menyatakan ke-esaan Allah sebagai satu-satunya dzat yang patut menjadi sandaran dan menyerahkan segala urusan, meminta pertolongan, dan memohon perlindungan.

Orang beriman sangat dilarang untuk menyerahkan masalah, meminta pertolongan dan memohon perlindungan kepada selain Allah SWT karena Dia-lah sebaik-baiknya dzat yang patut disembah dan dimintai pertolongan.

Oleh karena itu, semoga dengan telah mengetahui arti Hasbunallah Wanikmal Wakil, seseorang dapat lebih dekat lagi dengan Allah SWT serta dapat membaca doa dan zikir ini setiap saat untuk mendapatkan perlindungan dan juga pertolongan.

source:https://www.orami.co.id/magazine/arti-hasbunallah-wanikmal-wakil