Doa Syukuran Kelahiran Anak untuk Menyambut Si Kecil

Doa Syukuran Kelahiran Anak untuk Menyambut Si Kecil

Sebagai umat Islam, sudah sepatutnya kita bersyukur kepada Allah SWT atas nikmat pemberian anak sebagai anugerah. Betapa tidak, banyak pasangan yang telah lama mengharapkan kehadiran buah hati, namun belum juga dikabulkan. Oleh karena itu, disini kami akan kupas doa syukuran kelahiran anak untuk Mother sekalian.

Doa Syukuran Kelahiran Anak untuk Menyambut Si Kecil
Upacara Doa Syukuran Kelahiran Anak

Acara hajatan atau syukuran adalah custom memanjatkan doa dan pujian secara intensif kepada Allah SWT sebagai rasa terima kasih atas nikmat yang telah diberikan. Di beberapa budaya, hajatan dilakukan secara rutin dalam berbagai urusan, semisal kelulusan sekolah, ulang tahun, perpindahan rumah, pernikahan, dan lain sebagainya.

Bersyukur memang hal yang tidak boleh dilewatkan sebagaimana firman Allah SWT pada Surat Promotion Duha ayat 11:

وَأَمَّا بِنِعْمَةِ رَبِّكَ فَحَدِّثْ

Artinya: “Dan terhadap nikmat Tuhanmu hendaklah engkau nyatakan (dengan bersyukur).” (Promotion Duha: 11)

Oleh karena itu, hendaklah kita juga mensyukuri momen kelancaran persalinan sang buah hati. Doa syukuran kelahiran anak di bawah ini dapat Mothers panjatkan sebagai wujud rasa terima kasih sekaligus penyambutan si kecil.
Doa Syukuran Kelahiran Anak

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ. اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ اْلعَا لَمِيْنَ. اَللهم صَلِّ عَلىٰ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلىٰ آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ. اللهم يَا خَالِقَ اْلإِنْسَانِ فِى أَحْسَنِ تَقْوِيْمٍ، وَمَا مُعْطِيَ اْلبَنَاتِ وَالْبَنِيْنَ، وَيَا مُرَبِّيَ اْلأَوْلَادِ، وَيَا رَحِيْمَ اْلعِبَادِ، إِنَّكَ قَدْ أَنْعَمْتَ عَلَيْنَا بِطُلُوْعِ هٰذَا اْلوَلَدِ الْمَحْمُوْلِ فِى بَطْنِ أُمِّهِ الْمَثْقُوْلِ.

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Ya Allah, limpahkanlah rahmat atas junjungan kami Nabi Muhammad dan keluarga beliau. Ya Allah, Pencipta manusia dengan sebaik-baik bentuk, Tuhan yang mendidik anak dan menyayangi hambanya. Engkau telah memberikan nikmat kepada kami dengan kelahiran anak kami ini yang dikandung dalam perut ibunya.”

اَللهم تَقَبَّلْ مِنَّا حُرْسَنَا وَأَنْبِتْهُ نَبَاتًا حَسَنًا وَأَفْرِغِ الصَّبْرَ عَلىٰ قَلْبِ أَبَوَيْهِ عِنْدَ تَرْبِيَّتِهِ وَحَضَانَتِهِ، اَللهم يَا رَفِيْقَ اْلأَنَامِ، وَ يَا مُخَصِّصَ اْلأَيَّامِ بِكَ أَسْتَغِيْثُ يَامُغِيْثُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Ya Allah, terimalah selamatan kelahiran anak kami ini dan kembangkanlah pertumbuhannya dengan baik, limpahkanlah kesabaran hati kepada kedua orang tuanya ketika mendidik dan memeliharanya. Ya Allah, Tuhan yang belas kasih terhadap manusia, Tuhan yang menentukan beberapa hari, kepada Engkaulah kami memohon pertolongan. Tuhan yang memberi pertolongan dengan rahmat-Mu wahai Dzat Yang Maha Penyayang di antara semua yang penyayang.

Demikian lafadz doa syukuran kelahiran anak. Ungkapan syukur sebaiknya disampaikan dalam kadar kemampuan masing. Berdoa dan melantunkan pujian juga tidak harus melalui discussion besar. Yang utama pastinya niat tulus dalam berterima kasih atas segala pemberian dan memuji kebesaran Allah SWT. Semoga bermanfaat, Mothers.

source:https://www.ruangmom.com/doa-syukuran-kelahiran-anak.html