Dua Pilihan Bidang Usaha Bagi Anda Yang Akan Menggeluti Bisnis Umroh dan Haji

Dua Pilihan Bidang Usaha Bagi Anda Yang Akan Menggeluti Bisnis Umroh dan Haji

Bisnis Umroh dan Haji. Ada dua pilihan bidang usaha bagi Anda yang tertarik untuk terjun dan menggeluti bisnis Umroh dan Haji ini.. Pertama, mendirikan bisnis Umroh sebagai Travel Umroh Haji berbadan usaha sendiri. Kedua, menjadi agen travel berstatus Perwakilan atau Cabang dari Travel Umroh Haji yang berbadan hukum.

 

Bisnis Umroh HAji dengan mendirikan bisnis Umroh sebagai Travel Umroh Haji berbadan usaha sendiri
Bisnis Umroh HAji dengan mendirikan bisnis Umroh sebagai Travel Umroh Haji berbadan usaha sendiri

Suatu hari saya terlibat pembicaraan hangat dengan sahabat saya. “Berapa Bro, modal untuk mendirikan travel?” tanyanya mengawali pembicaraan yang serius. Ia lalu menatap ke arah saya dalam-dalam dengan wajah penuh rasa ingin tahu.

“Berdasarkan pengalaman orang atau pengalamanku?” tanya saya

“Tentunya, pengalamanmulah, Bro,” katanya sambil tersenyum simpul dengan menaikkan salah satu sisi bibirnya.

“Oke. Saya hanya butuh Rp 5 juta untuk modal awal dan Rp 12 juta untuk promosi,” ucap saya ringan yang direspon sahabat saya dengan gerakan menarik badan secara refleks.

“Ah. Itu pasti bohong!” responsnya sambil memasang muka tidak percaya. “Jangan bercandalah.”

“Kok  bercanda. Itu fakta,” jawab saya yang membuat ia semakin bingung.

Tentu ini juga membuat Anda bertanya-tanya, apa benar membangun bisnis travel membutuhkan modal yang besar. Mungkin Anda membayangkan bahwa bisnis yang memberangkatkan orang ke luar negeri tentu akan jauh lebih mahal daripada memberangkatkan orang ke Bali dengan waktu perjalanan yang sama, maka untuk memulai usaha ini membutuhkan modal yang besar. Agar dapat menjawab pertanyaan itu, saya akan menjelaskan cara mendirikan sebuah bisnis travel secara umum. Setidaknya ada dua cara, yaitu sebagai berikut

 

Bisnis Umroh Bisa Anda Dirikan sebagai Agen Travel Berbadan Usaha Sendiri

            Umumnya calon pengusaha travel berpikir bahwa ia akan membangun bisnisnya dengan cara ini. Ia harus membangun seluruh kelengkapan usahanya terlebih dahulu, seperti legalitas, jaringan, kantor, aset pemasaran, dan sebagainya. Membangun  bisnis umroh dengan cara itu saya pastikan membutuhkan modal yang tidak sedikit. Selain itu, Anda harus bersiap menghadapi berbagai proses yang kadang memusingkan. Anda wajib mengurus perizinan yang kadang menyusahkan dan cukup menguras modal di awal. Mulai dari membentuk badan usaha, BPW, ASITA, IATA, dan perizinan lainnya yang sangat rumit.

Pilihan Bidang Usaha Bagi Anda Yang Akan Menggeluti Bisnis Umroh dan Haji
Pilihan Bidang Usaha Bagi Anda Yang Akan Menggeluti Bisnis Umroh dan Haji

Saya sudah mengalami bagaimana peliknya pengurusan perizinan ini. Saya harus melangkah dari satu kursi ke kursi lain. Menghadapi metode “lempar” dari petugas, artinya Anda harus siap dilempar ke sana kemari. Meskipun pada akhirnya Anda paham bagaimana cara mengatasi metode ini. Belum lagi Anda harus menghadapi petugas yang kurang ramah. Mungkin Anda sedikit gemas karena menurut Anda proses penerbitan dokumen seharusnya simpel dan tidak rumit. Tetapi, ketika Anda mengurusnya langsung maka Anda akan menemukan kenyataan yang lain. Jika Anda tidak mau repot, Anda bisa menggunakan jasa konsultan pengurusan seluruh izin tersebut. Namun, konsekuensinya Anda harus menyiapkan dana tambahan untuk itu.

Setelah mendapatkan semua legalitas yang mungkin telah menguras modal awal Anda, Anda harus menyiapkan fasilitas, antara lain ruangan kantor yang strategis dengan berbagai perangkat yang mendukung. Perusahaan Anda juga harus menyiapkan program dan jadwal umroh, pengurusan visa, tiket pesawat, akomodasi hotel, dan transportasi selama di Mekkah, Madinah, Jeddah, dan lainnya. Termasuk juga perlengkapan jemaah dan kebutuhan-kebutuhan lainnya yang berhubungan dengan kegiatan ibadah, seperti umroh, umroh plus, haji regular, dan haji plus. Anda juga harus menyiapkan tim khusus untuk manasik haji, manasik umroh, tim pengantar dan penjemput jemaah di bandara. Selain itu, menyiapkan instruktur khusus untuk memberikan pelatihan kepada tenaga pemasar atau agen dan lain-lain.

Untuk melakukan berbagai kegiatan itu, Anda wajib mempekerjakan karyawan karena mustahil mengerjakannya sendiri. Anda harus menyiapkan dana untuk membayar gaji karyawan setiap bulan dan memberikan tunjangan lainnya kepada karyawan. Dana untuk karyawan tentu sudah Anda persiapkan di awal usaha. Jadi, sebelum Anda mendapatkan klien, Anda memerlukan modal ratusan juta bahkan milyaran rupiah untuk membiayai seluruh kegiatan awal ini.

Artikel Populer:  Hukum Menjamak Sholat di Musdzalifaf Saat Ibadah Haji

Apa keuntungannya? Anda dapat menyebarkan brosur, memasang iklan di mana-mana tanpa merasa khawatir menjadi incaran petugas. Selain itu, jika Anda berhasil membangun usaha Anda dengan cara ini, tentu saja keuntungan yang Anda peroleh lebih besar daripada membangun travel dengan cara subagent seperti yang akan saya jelaskan berikutnya. Hanya saja jika Anda gagal, Anda harus bersiap menanggung resiko kerugian yang cukup besar. Di dalam hukum investasi berlaku hukum bisnis, untuk meraih keuntungan besar biasanya resiko yang diterima juga besar, begitupun sebaliknya.

 

Agen Travel Berstatus Perwakilan atau Subagen dari Agen Travel yang Lebih Besar

            Cara ini lebih mudah. Modal yang perlu Anda sediakan lebih sedikit. Dengan menjadi perwakilan atau subagent, Anda hanya membutuhkan modal berkisar puluhan juta saja. Prosesnya pun sangat cepat, sekarang bayar besok Anda sudah bisa buka outlet dan langsung bisa berjualan.

Bisnis Umroh Haji dengan menjadi agen travel berstatus Perwakilan atau Cabang dari Travel Umroh Haji yang berbadan hukum
Bisnis Umroh Haji dengan menjadi agen travel berstatus Perwakilan atau Cabang dari Travel Umroh Haji yang berbadan hukum

Saya memulai bisnis travel saya dengan cara ini karena modal saya pada waktu itu sangat pas-pasan. Cara ini sangat saya rekomendasikan bagi para pemula, khususnya bagi Anda yang memiliki modal pas-pasan. Dengan menjadi mitra dari agen travel besar, biasanya Anda akan mendapatkan fee atau komisi. Tidak hanya itu, agen juga mendapatkan kesempatan mengikuti pelatihan atau bimbingan tata cara pemasaran produk umroh dan haji. Selain itu, beberapa agen travel menawarkan reward untuk mitranya yang sukses mencapai target tertentu. Reward ini biasanya berupa berangkat haji atau umroh gratis. Pihak travel tentu menyediakan fasilitas pendukung untuk promosi seperti brosur, spanduk, leaflet, kartu nama, dan lain-lain. Walaupun sebagian travel ada yang membebankan biayanya kepada agen, tidak sedikit travel umroh yang memberikan secara cuma-cuma fasilitas pendukung promosi tersebut.

Dengan bekerja sama bersama agen, Anda bisa memulai bisnis Anda sebagai seorang pelajar yang mulai paham setiap proses pelaksanaan layanan umroh. Penguasaan hal-hal teknis mengenai travel bisa dilakukan sambil jalan karena sistem, prosedur, dan mekanisme biasanya sudah disediakan. Anda tinggal mengikuti sistem dan mendapatkan keuntungan. Anda akan mengetahui bagaimana cara mempersiapkan keberangkatan jemaah. Mulailah dengan mengenal jaringan dari agen besar hingga cara mengelola urusan internal perusahaan. Selain itu, Anda mendapat kesempatan mengikuti pelatihan dan umroh gratis agar bisa mempelajari banyak hal.

Ketika saya berangkat umroh kedua kalinya menemani jemaah pertama saya ke Tanah Suci, banyak hal yang bisa saya dapatkan. Saya akhirnya mengetahui seluk-beluk yang dilakukan oleh travel mitra saya di bandara, proses pemeriksaan yang harus dihadapi dan dokumen yang harus dipersiapkan, serta bagaimana mengantarkan jemaah hingga naik pesawat. Hal terpenting, saya mengenal perwakilan travel di luar negeri dan mempelajari pola kemitraannya, serta mengetahui setiap layanan yang diberikan oleh travel selama di Tanah Suci.

Anda harus selektif dalam memilih mitra travel. Begitu pula sebaliknya, pihak travel tidak serta merta menerima Anda untuk menjadi perwakilan atau agen mereka. Terdapat persyaratan dan peraturan masing-masing karena ini menyangkut nama baik travel mereka. Bermitralah dengan travel dengan travel yang sudah mempunyai nama. Saat ini banyak juga yang menawarkan pola kemitraan dan menjadi perwakilan atau agen dengan syarat tertentu. Sebelum menentukan perusahaan mana yang akan menjadi tempat Anda bernaung, lihat track record-nya. Anda bisa mengetahuinya melalui internet dengan mengetik nama perusahaan tersebut di Google dan lihat apa yang pernah ditulis di media massa maupun blog pribadi orang-orang yang pernah menggunakan jasanya. Apabila positif, Anda bisa menjadikan perusahaan itu mitra. Ini perlu saya sampaikan karena tidak semua tour travel kredibel.

Artikel Populer:  Masjid-Masjid Bersejarah di Makkah dan Madinah

Pada saat buku ini ditulis, sudah banyak kasus penipuan bahkan pemalsuan surat izin resmi dari instansi terkait dalam rangka penyelenggaraan ibadah haji dan umroh yang praktik tanpa izin. Saya berharap Anda dapat menjalankan usaha sesuai dengan prosedur dan cara yang baik. Intinya adalah niat kita dalam menjalankan usaha, ketika niatnya baik maka hasilnya pun pasti baik, begitu juga sebaliknya. Terkait model kemitraan ada dua bentuk kerja sama yang bisa Anda lakukan.

Pertama, murni sebagai agen yang berarti Anda menggunakan logo dan nama travel mitra Anda. Jadi, Anda hanya berperan sebagai marketing. Bisnis ini banyak menjamur karena kadang Anda tidak memerlukan kantor, tetapi hanya perlu sebuah laptop.

Kedua, kerja sama pada pemberangkatan jemaah yang berarti Anda menggunakan jasa travel mitra untuk mengurus proses keberangkatan dan akomodasi di Tanah Suci. Tetapi, Anda memiliki merek dan logo sendiri yang Anda tempelkan pada tas jemaah. Anda dapat menampilkan merek dengan spanduk yang Anda buat untuk didokumentasikan.

Mendapatkan mitra itu bukan hal yang mudah, apalagi untuk bentuk kerja sama cara kedua. Ketika Anda mendatangi seorang pemilik travel ternama (itu pun kalau ia bersedia menerima Anda), ita tidak serta merta mengatakan “Silakan bergabung.” Ia mungkin ingin mengenal Anda lebih jauh.

Perusahaan agen besar akan mempertanyakan kemampuan Anda mendatangkan jemaah jaringan Anda. Selain itu track record Anda sebagai pemilik tentu juga menjadi pertimbangan. Apakah Anda sudah pernah mendirikan perusahaan sebelumnya atau tidak. Jika ya, apakah gagal atau berhasil, apabila gagal mengapa? Jangan-jangan karena Anda mencurangi mitra Anda. Ini adalah hal yang mungkin terjadi pertanyaan para mitra. Dengan cara ini, Anda harus bersedia mengirimkan dana yang berhasil dikumpulkan kepada agen besar. Itu yang pernah saya rasakan ketika mengirimkan dana hingga Rp 400 juta kepada agen besar saat mengirimkan jemaah pertama saya. Ketika itu saya sempat berpikir “Ya ampun kalau saja seperempatnya tetap menempel di tabungan saya maka saya…..”

Pada tahap ini Anda harus mampu menekan pikiran-pikiran demikian. Fokus Anda belajar, belajar, dan belajar. Selama mampu menutupi biaya operasional dan memberikan Anda sedikit profit, maka itu sudah cukup lebih baik. Hal ini penting saya tekankan, pasalnya saat ini citra seorang agen travel tercoreng oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Saya pernah membaca ulasangan tentang “travel bodong” di salah satu media online. Sang penulis menyebutkan jika salah satu ciri-ciri dari travel bodong adalah berkantor di rumah atau apartemen. Saya memulai sendiri bisnis saya dari rumah, tapi faktanya usaha saya tidak bodong. Kenakalan travel itu lebih ditentukan oleh niat sang pemilik. Bahkan ada travel yang sudah sering mengirimkan jemaah pada akhirnya tersangkut kasus hukum karena pemiliknya menggelapkan uang.

Penyebab penggelapan uang tersebut karena tergiur melihat jumlah uang yang telah diterima dan enggan menyetorkan ke travel mitra atau mentuntaskan kewajibannya. Ia malah menggunakannya untuk kepentingan lainnya, bahkan ada yang nekad memutar uangnya untuk berspekulasi misalnya diinvestasikan dalam bentuk saham atau valuta dengan harapan bisa mendapatkan keuntungan besar dalam waktu singkat. Hal yang terjai malah sebaliknya, dana tersebut raib karena investasinya mendulang kerugian. Akibatnya, jemaah terancam batal terbang ke Tanah Suci.

Artikel Populer:  Beberapa Lokasi Jiarah di Tanah Suci

Ketika Anda sudah memiliki modal yang cukup dari hasil keuntungan Anda, sudah memahami lebih detail seluk-beluk bisnis ini maka saran saya bangunlah bisnis sendiri! Urus badan hukum usaha Anda, mulailah bergerak sendiri. Saya telah mengalami hal itu sendiri. Setelah enam kali sukses mengirimkan jemaah, saya pun memutuskan untuk menjalankan bisnis saya tanpa lagi bernaung pada travel besar.

Inilah 9 Jenis Bidang Usaha Travel

            Jasa travel agent atau bisnis tour travel sangat luas cakupannya. Namun, saya hanya menjeaskan tentang bisnis umroh. Nantinya Anda harus menentukan fokus travel Anda, apakah fokus pada bisnis umroh, masuk ke dunia ticketing, atau bahkan ke wisata lainnya.

Paket Haji dan Umroh merupakan salah satu dari 9 Jenis Bidang Usaha Travel
Paket Haji dan Umroh merupakan salah satu dari 9 Jenis Bidang Usaha Travel

Berikut jenis-jenis turunan bisnis di dalam tour travel.

  1. Paket Haji dan umroh
  2. Paket tour wisata domestik
  3. Paket tour wisata mancanegara
  4. Tiket pesawat domestik dan internasional
  5. Penukaran uang atau money changer
  6. Voucher hotel dan reservasi hotel
  7. Visa Haji dan Umroh
  8. Land Arrangement (LA) di Tanah Suci
  9. Perlengkapan dan oleh-oleh Haji Umroh

Beberapa usaha yang dapat Anda tambahkan dalam usaha jasa tour travel, di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Rent car (sewa mobil)
  2. Jasa pengurusan dokumen perjalanan ke luar negeri
  3. Jika fokus usaha tour travel Anda adalah haji dan umroh, Anda bisa tambahkan usaha retail perlengkapan ibadah haji dan umroh

Ketika Anda sudah mampu menjalankan bisnis tour travel Anda secara mandiri, maka banyak layanan yang bisa Anda kembangkan. Lalu, berapakah rincian modal untuk membuka usaha agen travel? Modal ini sangat bergantung pada pilihan Anda. Masing-masing perusahaan menetapkan biaya keagenan yang beragam. Salah satu yang bisa Anda jadikan referensi adalah Travel umrohdan Travel. Travel umrohdan Travel adalah salah satu usaha tour travel yang sudah banyak dipercaya customer di Indonesia, khususnya jemaah haji dan umroh. Standar mutu pelayanan, fasilitas, dan cara penanganan jemaah selama di Tanah Suci terkenal telaten membuat jemaah umroh yang diberangkatkan oleh Travel umrohdan Travel merasa puas.

Selain itu, Travel umrohdan Travel telah mendapat penghargaan sebagai travel umroh terbaik dari Kementerian Perindustrian, yaitu Top Company in Tour and Travel dengan kategori Service Excellent of The Year 2012. Hingga saat ini sudah tercatat 68 agen perwakilan Travel umrohdan Travel yang tersebat hamprir seluruh kota dan kabupaten di Indonesia. Anda berminat menjadi salah satunya?

Nah, bagi Anda yang mulai melirik bisnis di bidang tour travel khususnya agen haji dan umroh bisa memilih Travel umrohdan Travel sebagai mitra usaha terpercaya.

Sesungguhnya Safa dan Marwah adalah sebagian dari syi’ar Allah. Maka barang siapa yang beribadah haji ke Baitullah atau berumroh, maka tidak ada dosa baginya mengerjakan sa’i antara keduanya. Dan barang siapa yang mengerjakan suatu kebajikan dengan kerelaan hati, maka sesungguhnya Allah Maha Mensyukuri Kebaikan lagi Maha Mengetahui.

(QS. Al-Baqarah: 158)

“Dunia ini ibarat bayangan: kejar dia dan engkau tak akan pernah bisa menangkapnya; balikkan badanmu darinya dan dia tak punya pilihan lain kecuali mengikutimu.”

(Ibnu Al-Qayyim)

Sumber:

AYO BISNIS UMROH – Cara Mudah Membangun Bisnis Travel Umroh Murah

Oleh : Abu Hamzah

Similar Posts: