Saat Haji Berdo’a di Multazam

Tanya Jawab Tentang Haji dan Umrah

Tanya:

Benarkah saat haji atau umrah  jika berdoa di Multazam akan dikabulkan Allah dan saya dengar negara Indonesia menghadap ke kiblat tepat di dinding Multazam atau Hajar Aswad?

Bapak Cucu, Kota Sukabumi

Jawab:

Alhamdulillah, sebelumnya saya sampaikan salam yang terbaik. Salam para malaikat kepada para penghuni surga, Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.

Jika dilihat dari metode perhitungan dan pengukuran arah kiblat dari Ka’bah. Negara Indonesia mengarah ke Tenggara, yaitu di antara Rukun Yamani dan Rukun Aswad (dikutip dari buku H Sriyatin Shadiq al-Falaky). Sedangkan, Mustazam terletak diantara Hajar Aswad dan pintu Ka’bah. Jadi, kurang tepat jika wilayah Indonesia segaris dengan arah Multazam.

Jika kita kaji kata Mulatazam, ini berarti tempat berdoa atau temapat meminta perlindungan. Ibnu Taiyimiyah dalam Majmu’ al-Fatawa mengatakan, “ Doa yang diucapkan saat hujan turun, perang berkecamuk, azan, iqamah, setelah salat, sujud, berpuasa, bepergian, dan saat dianiaya lebih cepat terkabul. Demikian pula, Doa yang dipanjatkan di Masya’ir Muqaddas, seperti Arafah, Muzdalifah, Mina, Multazam dan tempat lain di Makkah. Selain itu, doa yang dipanjatkan di masjid manapun juga di ijabah, sperti keutamaan berdoa di tiga masjid. Doa di tiga masjid itu lebih mudah dikabuilkan (Masjidil Haram, Masjid Nabawi, dan Masjidil Aqhsa).”

Berdoa di Multazam Insya Allah mustajab dengan izin Allah SWT. Berdoalah sesuai dengan apapun yang dinginkan, ada banyak contoh doa yang diajarkan oleh Nabi SAW dan para ulama, salah satunya, “ Ya Allah, jauhkanlah aku dari setan yang terkutuk dan dari segala jenis kejahatan. Cukupkanlah rezekiku dan berkahilah aku dengan rezeki yang Engkau erikan.” Amin ya Rabb.

Wassalamualaikum wr wb.

Oleh Ustad Erick Yusuf

Pemrakarsa Training iHAQi

(Integrated Human Quotient)

Similar Posts:

By |2013-09-10T09:27:18+00:00September 10th, 2013|Uncategorized|

2 Comments

  1. BPIH dan Porsi Ibadah Haji - Al ahram March 8, 2014 at 7:56 am - Reply

    […] BPIH dan Porsi Ibadah Haji akan memudahkan kita untuk mengurus proses pendaftaran ibadah haji. Tahap demi tahap pengurusan […]

  2. urat-ku April 28, 2016 at 3:57 am - Reply

    Kalau menurut saya tergantung pada imam/penghuni masjid tersebut. Jika diantara jama’ah mesjid ada yang pintar dengan ilmu astronomi (ilmu falaq) dan digunakan untuk membenarkan arah kiblat, Insya Allah bisa tepat pada baitullah…

Leave A Comment