Hukum dan Tatacara Membayar Dam Saat Menunaikan Ibadah Umroh dan Haji

Hukum dan Tatacara Membayar Dam Saat Menunaikan Ibadah Umroh dan Haji dalam Kitab Shoheh Bukhori. Dalam menasik Ibadah Umroh dan Haji biasanya akan dibahas tetang dam. Apa yang dimaksud dengan Dam Umroh Haji? Dam adalah suatu denda yang harus dibayar oleh jamaah umroh dan haji karena melakukan pelanggaran atas amalan-amalan wajib dalam rangkaian pelaksanaan ibadah umroh dan haji. Yakni melanggar larangan-larangan selurah rangkaina ibadah umroh dan haji

Dengan membayar atau melaksanakan dam ini diharapkan pelaksanaan ibadah umroh dan haji menajdi lebih sempurna. Dam juga merupakan kafaroh atau penghapus atas kesalahan-kesalahan dalam pelaksanaan ibadah umroh haji. Oleh karena itu selakyaknya jamaah umroh dan haji memahami hal ikwal dam ini.

===================================================================

Paket Umroh Murah Ramadhan Backpacker mulai dari Rp24 Juta

Informasi: H. SUDJONO AF – 08138809765 – WA

===================================================================

 

Paket umroh murah  Bekasi
Paket umroh murah Bekasi

DAFTAR ISI :

  • Hukum Jika Orang Tertahan Melaksanakan Ibadah Umroh
  • Tertahan Jika Orang Dari Pelaksanaan Ibadah Haji
  • Hukum Berkurban Sebelum Mencukur Saat Terjadi Pengepungan
  • Pendapat Yang Mengatakan “Bagi Orang Yang Tertahan Tidak Ada Badal (Pengganti)…”
  • Hukum Berfidyah Apabila Sakit Di Kepala dan Tidak Bisa Tahallul
  • Hukum Berfidyah dengan Memberi Sedekah
  • Hukum dan Tatacara Berfidyah dengan Bersedekah
  • Hukum Membayar Dam Dengan Kurban Dengan Satu Kambing

 

 

Hukum Jika Orang Tertahan Melaksanakan Ibadah Umroh

No. Hadist: 1679

حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ يُوسُفَ أَخْبَرَنَا مَالِكٌ عَنْ نَافِعٍ أَنَّ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا حِينَ خَرَجَ إِلَى مَكَّةَ مُعْتَمِرًا فِي الْفِتْنَةِ قَالَ إِنْ صُدِدْتُ عَنْ الْبَيْتِ صَنَعْتُ كَمَا صَنَعْنَا مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَأَهَلَّ بِعُمْرَةٍ مِنْ أَجْلِ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ أَهَلَّ بِعُمْرَةٍ عَامَ الْحُدَيْبِيَةِ

Telah menceritakan kepada kami ‘Abdullah bin Yusuf telah mengabarkan kepada kami Malik dari Nafi’ bahwa ‘Abdullah bin ‘Umar radliallahu ‘anhu ketika berangkat menuju Makkah untuk menunaikan ‘umrah pada zaman timbulnya fitnah (kekacauan) dia berkata: “Jika aku dihalangi dari (ber’ibadah) di Baitullah, maka aku akan melaksanakan ‘ibadah ‘umrah ini sebagaimana kami pernah melaksanakannya bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam”. Maka dia berihram untuk ‘umrahnya dengan mencontoh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam yang pernah berihram untuk ‘umrah pada tahun perjanjian Hudaibiyah.

No. Hadist: 1680

حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ أَسْمَاءَ حَدَّثَنَا جُوَيْرِيَةُ عَنْ نَافِعٍ أَنَّ عُبَيْدَ اللَّهِ بْنَ عَبْدِ اللَّهِ وَسَالِمَ بْنَ عَبْدِ اللَّهِ أَخْبَرَاهُ أَنَّهُمَا كَلَّمَا عَبْدَ اللَّهِ بْنَ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا لَيَالِيَ نَزَلَ الْجَيْشُ بِابْنِ الزُّبَيْرِ فَقَالَا لَا يَضُرُّكَ أَنْ لَا تَحُجَّ الْعَامَ وَإِنَّا نَخَافُ أَنْ يُحَالَ بَيْنَكَ وَبَيْنَ الْبَيْتِ فَقَالَ خَرَجْنَا مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَحَالَ كُفَّارُ قُرَيْشٍ دُونَ الْبَيْتِ فَنَحَرَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ هَدْيَهُ وَحَلَقَ رَأْسَهُ وَأُشْهِدُكُمْ أَنِّي قَدْ أَوْجَبْتُ الْعُمْرَةَ إِنْ شَاءَ اللَّهُ أَنْطَلِقُ فَإِنْ خُلِّيَ بَيْنِي وَبَيْنَ الْبَيْتِ طُفْتُ وَإِنْ حِيلَ بَيْنِي وَبَيْنَهُ فَعَلْتُ كَمَا فَعَلَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَأَنَا مَعَهُ فَأَهَلَّ بِالْعُمْرَةِ مِنْ ذِي الْحُلَيْفَةِ ثُمَّ سَارَ سَاعَةً ثُمَّ قَالَ إِنَّمَا شَأْنُهُمَا وَاحِدٌ أُشْهِدُكُمْ أَنِّي قَدْ أَوْجَبْتُ حَجَّةً مَعَ عُمْرَتِي فَلَمْ يَحِلَّ مِنْهُمَا حَتَّى حَلَّ يَوْمَ النَّحْرِ وَأَهْدَى وَكَانَ يَقُولُ لَا يَحِلُّ حَتَّى يَطُوفَ طَوَافًا وَاحِدًا يَوْمَ يَدْخُلُ مَكَّةَ حَدَّثَنِي مُوسَى بْنُ إِسْمَاعِيلَ حَدَّثَنَا جُوَيْرِيَةُ عَنْ نَافِعٍ أَنَّ بَعْضَ بَنِي عَبْدِ اللَّهِ قَالَ لَهُ لَوْ أَقَمْتَ بِهَذَا

Telah menceritakan kepada kami ‘Abdullah bin Muhammad bin Asma’ telah menceritakan kepada kami Juwairiyah dari Nafi’ bahwa ‘Ubaidullah bin ‘Abdullah dan Salim bin ‘Abdullah keduanya mengabarkan kepadanya bahwa keduanya pernah berbicara dengan ‘Abdullah bin ‘Umar radliallahu ‘anhu pada suatu malam saat datangnya pasukan Ibnu Az Zubair. Keduanya berkata: “Tidak memberikan madharat kepadamu seandainya kamu tidak menunaikan haji pada tahun ini karena kami khawatir akan terjadi penghalangan buatmu menuju Baitullah”. Maka ‘Abdullah bin ‘Umar radliallahu ‘anhu berkata: “Kami pernah keluar bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam lalu Kafir Quraisy menghalangi kami dari Baitullah. Kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam menyembelih hewan qurban dan mencukur rambut Beliau. Dan aku bersaksi kepada kalian bahwa aku telah mewajibkan (berniat untuk) ‘umrah ini, dan insya Allah aku akan berangkat. Jika aku diberi kebebasan, aku akan laksanakan thawaf di Baitullah, namun bila aku dihalangi, aku akan melaksanakan sebagaimana Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam pernah melaksanakannya yang saat itu aku bersama Beliau yang berihram untuk ‘umrah dari Dzul Hulaifah kemudian berjalan sesaat lalu berkata: “Sesungguhnya pelaksanaan haji dan ‘umrah satu. Dan aku bersaksi kepada kalian bahwa aku telah mewajibkan diriku untuk berihram haji bersama ‘umrahku”. Dan Beliau tidak bertahallul dari keduanya hingga Beliau bertahallul pada hari Nahar sesaat setelah menyembelih hewan qurban”. Dan dia ‘Abdullah bin ‘Umar radliallahu ‘anhu berkata: “Beliau tidak bertahallul ketika menyelesaikan thawaf yang satu pada hari memasuki Makkah”. Telah menceritakan kepada saya Musa bin Isma’il telah menceritakan kepada kami Juwairiyah dari Nafi’; Bahwa ada sebagian dari anak-anak ‘Abdullah berkata, kepadanya: “Seandainya kamu menunaikan ini.”

No. Hadist: 1681

حَدَّثَنَا مُحَمَّدٌ قَالَ حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ صَالِحٍ حَدَّثَنَا مُعَاوِيَةُ بْنُ سَلَّامٍ حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ أَبِي كَثِيرٍ عَنْ عِكْرِمَةَ قَالَ قَالَ ابْنُ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَدْ أُحْصِرَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَحَلَقَ رَأْسَهُ وَجَامَعَ نِسَاءَهُ وَنَحَرَ هَدْيَهُ حَتَّى اعْتَمَرَ عَامًا قَابِلًا

Telah menceritakan kepada kami Muhammad berkata, telah menceritakan kepada kami Yahya bin Shalih telah menceritakan kepada kami Mu’awiyah bin Salam telah menceritakan kepada kami Yahya bin Abu Katsir dari ‘Ikrimah berkata, Ibnu ‘Abbas radliallahu ‘anhuma berkata: Rasulullah Shallallahu’alaihi shallallahu ‘alaihi wasallam pernah terhalang melaksanakan haji, maka Beliau mencukur rambut Beliau, mendatangi isterinya dan menyembelih hewan korban. Beliau baru ber’umrah pada tahun berikutnya.

 

Tertahan Jika Orang Dari Pelaksanaan Ibadah Haji

No. Hadist: 1682

حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ مُحَمَّدٍ أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللَّهِ أَخْبَرَنَا يُونُسُ عَنْ الزُّهْرِيِّ قَالَ أَخْبَرَنِي سَالِمٌ قَالَ كَانَ ابْنُ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا يَقُولُ أَلَيْسَ حَسْبُكُمْ سُنَّةَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنْ حُبِسَ أَحَدُكُمْ عَنْ الْحَجِّ طَافَ بِالْبَيْتِ وَبِالصَّفَا وَالْمَرْوَةِ ثُمَّ حَلَّ مِنْ كُلِّ شَيْءٍ حَتَّى يَحُجَّ عَامًا قَابِلًا فَيُهْدِي أَوْ يَصُومُ إِنْ لَمْ يَجِدْ هَدْيًا وَعَنْ عَبْدِ اللَّهِ أَخْبَرَنَا مَعْمَرٌ عَنْ الزُّهْرِيِّ قَالَ حَدَّثَنِي سَالِمٌ عَنْ ابْنِ عُمَرَ نَحْوَهُ

Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Muhammad telah mengabarkan kepada kami ‘Abdullah telah mengabarkan kepada kami Yunus dari Az Zuhriy berkata, telah mengabarkan kepada saya Salim berkata; Ibnu’Umar radliallahu ‘anhuma berkata: “Tidak cukupkah bagi kalian sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam apabila seorang dari kalian terhalang melaksanakan haji, maka hendaklah dia thawaf di Ka’bah Baitullah lalu sa’iy antara bukit Shafaa dan Marwah kemudian bertahallul dari segala sesuatu hingga dia melaksanakan hajinya pada tahun berikutnya, dan dia menyembelih hewan qurban atau shaum jika tidak membawa hewan qurban?”. Dan dari ‘Abdullah telah mengabarkan kepada kami Ma’mar dari Az Zuhri berkata, telah menceritakan kepada saya Salim dari Ibnu’Umar radliallahu ‘anhuma seperti hadits ini”.

 

Hukum Berkurban Sebelum Mencukur Saat Terjadi Pengepungan

No. Hadist: 1683

حَدَّثَنَا مَحْمُودٌ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ أَخْبَرَنَا مَعْمَرٌ عَنْ الزُّهْرِيِّ عَنْ عُرْوَةَ عَنْ الْمِسْوَرِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَحَرَ قَبْلَ أَنْ يَحْلِقَ وَأَمَرَ أَصْحَابَهُ بِذَلِكَ

Telah menceritakan kepada kami Mahmud telah menceritakan kepada kami ‘Abdur Razzaq telah mengabarkan kepada kami Ma’mar dari Az Zuhriy dari ‘Urwah dari Al Miswar radliallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menyembelih hewan qurban sebelum mencukur rambut lalu memerintahkan para sahabat Beliau melakukan hal yang sama.

No. Hadist: 1684

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ الرَّحِيمِ أَخْبَرَنَا أَبُو بَدْرٍ شُجَاعُ بْنُ الْوَلِيدِ عَنْ عُمَرَ بْنِ مُحَمَّدٍ الْعُمَرِيِّ قَالَ وَحَدَّثَ نَافِعٌ أَنَّ عَبْدَ اللَّهِ وَسَالِمًا كَلَّمَا عَبْدَ اللَّهِ بْنَ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا فَقَالَ خَرَجْنَا مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مُعْتَمِرِينَ فَحَالَ كُفَّارُ قُرَيْشٍ دُونَ الْبَيْتِ فَنَحَرَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بُدْنَهُ وَحَلَقَ رَأْسَهُ

Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin ‘Abdurrahim telah mengabarkan kepada kami Abu Badar Suja’ dari ‘Umar bin Muhammad Al ‘Umariy berkata; dan Nafi’ telah menceritakan bahwa ‘Abdullah dan Salim keduanya berbicara kepada ‘Abdullah bin ‘Umar radliallahu ‘anhuma, maka dia (‘Abdullah bin ‘Umar radliallahu ‘anhu) berkata: “Kami pernah keluar bersama Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam untuk melaksanakan ‘umrah lalu orang-orang Kafir Quraisy menghalangi kami dari Baitullah. Maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menyembelih hewan sembelihannya lalu mencukur rambut Beliau”.

 

Pendapat Yang Mengatakan “Bagi Orang Yang Tertahan Tidak Ada Badal (Pengganti)…”

No. Hadist: 1685

حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيلُ قَالَ حَدَّثَنِي مَالِكٌ عَنْ نَافِعٍ أَنَّ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ حِينَ خَرَجَ إِلَى مَكَّةَ مُعْتَمِرًا فِي الْفِتْنَةِ إِنْ صُدِدْتُ عَنْ الْبَيْتِ صَنَعْنَا كَمَا صَنَعْنَا مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَأَهَلَّ بِعُمْرَةٍ مِنْ أَجْلِ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ أَهَلَّ بِعُمْرَةٍ عَامَ الْحُدَيْبِيَةِ ثُمَّ إِنَّ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ عُمَرَ نَظَرَ فِي أَمْرِهِ فَقَالَ مَا أَمْرُهُمَا إِلَّا وَاحِدٌ فَالْتَفَتَ إِلَى أَصْحَابِهِ فَقَالَ مَا أَمْرُهُمَا إِلَّا وَاحِدٌ أُشْهِدُكُمْ أَنِّي قَدْ أَوْجَبْتُ الْحَجَّ مَعَ الْعُمْرَةِ ثُمَّ طَافَ لَهُمَا طَوَافًا وَاحِدًا وَرَأَى أَنَّ ذَلِكَ مُجْزِيًا عَنْهُ وَأَهْدَى

Telah menceritakan kepada kami Isma’il berkata, telah menceritakan kepada saya Malik dari Nafi’ bahwa ‘Abdullah bin ‘Umar radliallahu ‘anhu berkata, ketika dia hendak berangkat melaksanakan ‘umrah saat terjadinya fitnah: Jika aku dihalang-halangi dari Baitullah, kami akan melakukan seperti yang dilakukan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, yaitu aku akan berihram untuk ‘umrah karena Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam pernah berihram untuk ‘umrah pada tahun perjanjian Hudaibiyah” Kemudian ‘Abdullah bin ‘Umar radliallahu ‘anhu memandang bahwa urusan keduanya (haji dan ‘umrah) tidak lain kecuali satu. Lalu dia mendatangi para shahabatnya seraya berkata: “Aku bersaksi kepada kalian bahwa aku telah meniatkan hajiku ini bersama ‘umrah”. Maka dia thawaf untuk keduanya (haji dan ‘umrah) dengan satu thawaf dan memandang bahwa hal itu sudah memadai lalu dia berqurban.

 

Hukum Berfidyah Apabila Sakit Di Kepala dan Tidak Bisa Tahallul

Firman Allah “…Jika ada di antaramu yang sakit atau ada gangguan di kepalanya (lalu ia bercukur), maka wajiblah atasnya berfidyah…”

No. Hadist: 1686 javascript:if(confirm(‘http://telkom-hadits9imam.com/?kaca=hadistcomment&imam=bukhari&NoHdt=1686%20%20\n\nThis%20file%20was%20not%20retrieved%20by%20Teleport%20Pro,%20because%20it%20is%20linked%20too%20far%20away%20from%20its%20Starting%20Address.%20If%20you%20increase%20the%20in-domain%20depth%20setting%20for%20the%20Starting%20Address,%20this%20file%20will%20be%20queued%20for%20retrieval.%20%20\n\nDo%20you%20want%20to%20open%20it%20from%20the%20server?’))window.location=’http://telkom-hadits9imam.com/?kaca=hadistcomment&imam=bukhari&NoHdt=1686′

حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ يُوسُفَ أَخْبَرَنَا مَالِكٌ عَنْ حُمَيْدِ بْنِ قَيْسٍ عَنْ مُجَاهِدٍ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ أَبِي لَيْلَى عَنْ كَعْبِ بْنِ عُجْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ لَعَلَّكَ آذَاكَ هَوَامُّكَ قَالَ نَعَمْ يَا رَسُولَ اللَّهِ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ احْلِقْ رَأْسَكَ وَصُمْ ثَلَاثَةَ أَيَّامٍ أَوْ أَطْعِمْ سِتَّةَ مَسَاكِينَ أَوْ انْسُكْ بِشَاةٍ

Telah menceritakan kepada kami ‘Abdullah bin Yusuf telah mengabarkan kepada kami Malik dari Humaid bin Qais dari Mujahid dari ‘Abdurrahman bin Abu Laila dari Ka’ab bin ‘Ujrah radliallahu ‘anhu dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bahwa Beliau berkata: “Barangkali kamu terkena serangga (kutu di kepala)?”. Dia menjawab: “Benar, wahai Rasulullah”. Maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berkata: “Cukurlah rambutmu, lalu shaum tiga hari atau berilah makan enam orang miskin atau berqurban dengan seekor kambing”.

 

Hukum Berfidyah dengan Memberi Sedekah

Firman Allah “…atau bersedekah..” yaitu memberi makan enam puluh orang miskin

No. Hadist: 1687

حَدَّثَنَا أَبُو نُعَيْمٍ حَدَّثَنَا سَيْفٌ قَالَ حَدَّثَنِي مُجَاهِدٌ قَالَ سَمِعْتُ عَبْدَ الرَّحْمَنِ بْنَ أَبِي لَيْلَى أَنَّ كَعْبَ بْنَ عُجْرَةَ حَدَّثَهُ قَالَ وَقَفَ عَلَيَّ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِالْحُدَيْبِيَةِ وَرَأْسِي يَتَهَافَتُ قَمْلًا فَقَالَ يُؤْذِيكَ هَوَامُّكَ قُلْتُ نَعَمْ قَالَ فَاحْلِقْ رَأْسَكَ أَوْ قَالَ احْلِقْ قَالَ فِيَّ نَزَلَتْ هَذِهِ الْآيَةُ } فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَرِيضًا أَوْ بِهِ أَذًى مِنْ رَأْسِهِ { إِلَى آخِرِهَا فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صُمْ ثَلَاثَةَ أَيَّامٍ أَوْ تَصَدَّقْ بِفَرَقٍ بَيْنَ سِتَّةٍ أَوْ انْسُكْ بِمَا تَيَسَّرَ

Telah menceritakan kepada kami Abu Nu’aim telah menceritakan kepada kami Sayf berkata, telah menceritakan kepada saya Mujahid berkata, aku mendengar ‘Abdurrahman bin Abu Laila bahwa Ka’ab bin ‘Ujrah radliallahu ‘anhu berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menghampiriku di Hudaibiyah ketika kepalaku dipenuhi kutu, Beliau berkata: “Barangkali kamu terkena serangga (kutu di kepala)?”. Aku jawab: “Benar, wahai Rasulullah”. Maka Beliau berkata: “Cukurlah rambutnu”. Atau dia berkata: “Ayat ini turun untukku” (QS Al Baqarah ayat 196 yang artinya): (“….Maka barangsiapa dari kalian yang sakit atau tertimpa sesuatu pada kepalanya…) hingga akhir ayat. Maka Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam berkata: “Laksanakanlah shaum tiga hari atau bershadaqah sebanyak faraq (tiga sha’) terhadap enam orang atau berqurban dengan yang mudah buatmu”.

 

Hukum dan Tatacara Berfidyah dengan Bersedekah

Memberi makan sebagai fidyah adalah setengah sha’

No. Hadist: 1688

حَدَّثَنَا أَبُو الْوَلِيدِ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ الْأَصْبَهَانِيِّ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَعْقِلٍ قَالَ جَلَسْتُ إِلَى كَعْبِ بْنِ عُجْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ فَسَأَلْتُهُ عَنْ الْفِدْيَةِ فَقَالَ نَزَلَتْ فِيَّ خَاصَّةً وَهِيَ لَكُمْ عَامَّةً حُمِلْتُ إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَالْقَمْلُ يَتَنَاثَرُ عَلَى وَجْهِي فَقَالَ مَا كُنْتُ أُرَى الْوَجَعَ بَلَغَ بِكَ مَا أَرَى أَوْ مَا كُنْتُ أُرَى الْجَهْدَ بَلَغَ بِكَ مَا أَرَى تَجِدُ شَاةً فَقُلْتُ لَا فَقَالَ فَصُمْ ثَلَاثَةَ أَيَّامٍ أَوْ أَطْعِمْ سِتَّةَ مَسَاكِينَ لِكُلِّ مِسْكِينٍ نِصْفَ صَاعٍ

Telah menceritakan kepada kami Abu Al Walid telah menceritakan kepada kami Syu’bah dari ‘Abdurrahman bin Al Ashbahaniy dari ‘Abdullah bin Aku mendengar ‘qil berkata; ‘Aku duduk dekat dengan Ka’ab bin ‘Ujrah radliallahu ‘anhu lalu aku bertanya kepadanya tentang fidyah, maka dia menawab: “Ayat itu turun untukku secara khusus dan buat kalian secara umum, yaitu aku pernah dibawa kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam sementara wajahku banyak dipenuhi kutu, maka Beliau berkata: “Mengapa aku melihat kamu dalam keadaan sakit sedemikian parah yang belum pernah aku lihat sebelumnya? dan mengapa aku melihat kamu dalam keadaan kepayahan sedemikian memuncak yang belum pernah aku lihat sebelumnya? apakah kamu memiliki kambing?”. Aku jawab: “Benar”. Maka Beliau berkata: “Laksanakanlah shaum tiga hari atau berilah makan enam orang miskin yang untuk setiap satu orang miskin sebanyak setengah sha'”.

 

Hukum Membayar Dam Dengan Kurban Dengan Satu Kambing

No. Hadist: 1689

حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ حَدَّثَنَا رَوْحٌ حَدَّثَنَا شِبْلٌ عَنْ ابْنِ أَبِي نَجِيحٍ عَنْ مُجَاهِدٍ قَالَ حَدَّثَنِي عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ أَبِي لَيْلَى عَنْ كَعْبِ بْنِ عُجْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَآهُ وَأَنَّهُ يَسْقُطُ عَلَى وَجْهِهِ فَقَالَ أَيُؤْذِيكَ هَوَامُّكَ قَالَ نَعَمْ فَأَمَرَهُ أَنْ يَحْلِقَ وَهُوَ بِالْحُدَيْبِيَةِ وَلَمْ يَتَبَيَّنْ لَهُمْ أَنَّهُمْ يَحِلُّونَ بِهَا وَهُمْ عَلَى طَمَعٍ أَنْ يَدْخُلُوا مَكَّةَ فَأَنْزَلَ اللَّهُ الْفِدْيَةَ فَأَمَرَهُ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ يُطْعِمَ فَرَقًا بَيْنَ سِتَّةٍ أَوْ يُهْدِيَ شَاةً أَوْ يَصُومَ ثَلَاثَةَ أَيَّامٍ وَعَنْ مُحَمَّدِ بْنِ يُوسُفَ حَدَّثَنَا وَرْقَاءُ عَنْ ابْنِ أَبِي نَجِيحٍ عَنْ مُجَاهِدٍ أَخْبَرَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ أَبِي لَيْلَى عَنْ كَعْبِ بْنِ عُجْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَآهُ وَقَمْلُهُ يَسْقُطُ عَلَى وَجْهِهِ مِثْلَهُ

Telah menceritakan kepada kami Ishaq telah menceritakan kepada kami Rauh telah menceritakan kepada saya Syibil dari Ibnu Abu Najih dari Mujahid berkata, telah menceritakan kepada saya ‘Abdurrahman bin Abu Laila dari Ka’ab bin ‘Ujrah radliallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam melihatnya sedang pada wajahnya banyak berjatuhan serangga. Beliau bertanya: “Barangkali kamu terkena serangga (kutu di kepala)?”. Dia menjawab: “Benar”. Maka Beliau memerintahkannya agar mencukur rambutnya. Saat itu Beliau sedang berada di Hudaibiyah dan belum menjelaskan kepada mereka bahwa mereka harus bertahallul disana sedangkan Beliau sangat ingin agar mereka dapat memasuki Makkah. Maka Allah menurunkan ayat tentang fidyah. Maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam memerintahkannya agar bershadaqah sebanyak faraq (tiga sha’) atau berqurban dengan seekor kambing atau shaum tiga hari. Dan dari Muhammad bin Yusuf telah menceritakan kepada kami Warqa’ dari Ibnu Abu Najih dari Mujahid telah mengabarkan kepada kami ‘Abdurrahman bin Abu Laila dari Ka’ab bin ‘Ujrah radliallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam melihatnya (Ka’ab bin ‘Ujrah radliallahu ‘anhu) dalam keadaan wajahnya dipenuhi kutu yang berjatuhan, dan terus seperti diatas.

 

Kompilasi Chm oleh: Abu Ahmad as Sidokare

 

Similar Posts:

Artikel Sedang Trending
“Tidak ada dosa bagimu untuk mencari karunia (rezeki hasil perniagaan) dari Tuhanmu. Maka apabila kamu
Ayo Bisnis Umroh. Cara Mudah Membangun Bisnis Travel Umroh Murah “Dan mintalah pertolongan (kepada Allah)
Dalam pengertian umum ibadah tawaf adalah mengelilingi Ka’bah sebanyak 7 kali, dimana tiga putaran pertama