Hukum Thawaf Wada’, Jumrah, dan Mencukur Rambut Sebelum Thawaf Ifadlah

Hukum Thawaf Wada’, Jumrah, dan Mencukur Rambut Sebelum Thawaf Ifadlah. Inilah beberapa hukum dalam manasik ibadah haji yang dirangkum dalam Kitab Shoheh Bukhori. Tatacara Thawaf Wada’, tatacara jumrah, dan tatacara tahallul mencukur rambut sebelum thawaf Ifadlah.

=====================================================================

Biaya Haji ONH Plus Tahun Ini Mulai 13.500 $US

Informasi Lengkap : H. SUDJONO AF – 081388097656 – WA

===================================================================

Tatacara melakukan thawaf ifadah dalam ibadah haji
Tatacara melakukan thawaf ifadah dalam ibadah haji

DAFTAR ISI :

  • Hukum Thawaf Wada’ Jumrah, Dan Mencukur Rambut Sebelum Thawaf Ifadlah
  • Hukum Jika Wanita Mengalami Haid Setelah Melaksanakan Thawaf Ifadlah
  • Hukum Orang Melaksanakan Asar Pada Hari Nafar Di Abthah, Tempat Singgah Rasulullah
  • Al Muhashsha, Tempat Singgah Nabi SAW Saat Ibadah Haji
  • Singgah Di Dzu Thuwa Sebelum Masuk Makkah Dan Singgah Di Bathha`
  • Hukum Melakukan Jual Beli Di Musim Haji Dan Menjual Di Pasar-Pasar Jahiliyah
  • Hukum Berjalan Di Pagi Buta Dari Muhashshab

 

Hukum Thawaf Wada’, Jumrah, dan Mencukur Rambut Sebelum Thawaf Ifadlah

No. Hadist: 1636

حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ ابْنِ طَاوُسٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ أُمِرَ النَّاسُ أَنْ يَكُونَ آخِرُ عَهْدِهِمْ بِالْبَيْتِ إِلَّا أَنَّهُ خُفِّفَ عَنْ الْحَائِضِ

Telah menceritakan kepada kami Musaddad telah menceritakan kepada kami Sufyan dari Ibnu thowus dari bapaknya dari Ibnu ‘Abbas radliallahu ‘anhuma berkata: Orang-orang diperintahkan agar menjadikan akhir dari perjalanan haji mereka adalah thawaf di Ka’bah Baitullah. Namun perintah ini diringankan bagi para wanita yang sedang mengalami haidh.

No. Hadist: 1637

حَدَّثَنَا أَصْبَغُ بْنُ الْفَرَجِ أَخْبَرَنَا ابْنُ وَهْبٍ عَنْ عَمْرِو بْنِ الْحَارِثِ عَنْ قَتَادَةَ أَنَّ أَنَسَ بْنَ مَالِكٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ حَدَّثَهُ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَّى الظُّهْرَ وَالْعَصْرَ وَالْمَغْرِبَ وَالْعِشَاءَ ثُمَّ رَقَدَ رَقْدَةً بِالْمُحَصَّبِ ثُمَّ رَكِبَ إِلَى الْبَيْتِ فَطَافَ بِهِ تَابَعَهُ اللَّيْثُ حَدَّثَنِي خَالِدٌ عَنْ سَعِيدٍ عَنْ قَتَادَةَ أَنَّ أَنَسَ بْنَ مَالِكٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ حَدَّثَهُ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

Telah menceritakan kepada kami Ashbagh bin Al Faraj telah mengabarkan kepada kami Ibnu Wahb dari ‘Amru bin Al Harits dari Qatadah bahwa Anas bin Malik radliallahu ‘anhu menceritakan kepadanya bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam melaksanakan shalat Zhuhur, ‘Ashar, Maghrib dan ‘Isya’ kemudian Beliau tidur sejenak di Al Muhashib (tempat melempar jumrah di Mina) lalu Beliau menunggang tunggangannya menuju ke Ka’bah Baitullah lalu thawaf disana”. Hadits ini dikuatkan pula oleh Al Laits telah menceritakan kepada saya Khalid dari Sa’id dari Qatadah bahwa Anas bin Malik radliallahu ‘anhu menceritakan kepadanya dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam.

 

Hukum Jika Wanita Mengalami Haid Setelah Melaksanakan Thawaf Ifadlah

No. Hadist: 1638

حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ يُوسُفَ أَخْبَرَنَا مَالِكٌ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ الْقَاسِمِ عَنْ أَبِيهِ عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا أَنَّ صَفِيَّةَ بِنْتَ حُيَيٍّ زَوْجَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَاضَتْ فَذَكَرْتُ ذَلِكَ لِرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ أَحَابِسَتُنَا هِيَ قَالُوا إِنَّهَا قَدْ أَفَاضَتْ قَالَ فَلَا إِذًا

Telah menceritakan kepada kami ‘Abdullah bin Yusuf telah mengabarkan kepada kami Malik dari ‘Abdurrahman bin Al Qasim dari bapaknya dari ‘Aisyah radliallahu ‘anha; bahwa Shafiyyah binti Huyay, isteri Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam mengalami haidh. Berita itu lantas disampaikan kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, maka Beliau berkata: “Apakah dia akan menyusahkan kita?”. Orang-orang berkata: “Dia telah ikut bertolak pada hari Nahar (untuk thawaf) “. Maka Beliau berkata: “Kalau begitu tidak”.

No. Hadist: 1639

حَدَّثَنَا أَبُو النُّعْمَانِ حَدَّثَنَا حَمَّادٌ عَنْ أَيُّوبَ عَنْ عِكْرِمَةَ أَنَّ أَهْلَ الْمَدِينَةِ سَأَلُوا ابْنَ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا عَنْ امْرَأَةٍ طَافَتْ ثُمَّ حَاضَتْ قَالَ لَهُمْ تَنْفِرُ قَالُوا لَا نَأْخُذُ بِقَوْلِكَ وَنَدَعُ قَوْلَ زَيْدٍ قَالَ إِذَا قَدِمْتُمْ الْمَدِينَةَ فَسَلُوا فَقَدِمُوا الْمَدِينَةَ فَسَأَلُوا فَكَانَ فِيمَنْ سَأَلُوا أُمُّ سُلَيْمٍ فَذَكَرَتْ حَدِيثَ صَفِيَّةَ رَوَاهُ خَالِدٌ وَقَتَادَةُ عَنْ عِكْرِمَةَ

Telah menceritakan kepada kami Abu An-Nu’man telah menceritakan kepada kami Hammad dari Ayyub dari ‘Ikrimah bahwa sebagian penduduk Madinah bertanya kepada Ibnu ‘Abbas radliallahu ‘anhu tentang seorang wanita yang melaksanakan thawaf kemudian mengalami haidh. Dia berkata, kepada mereka: “Dia boleh berangkat (pulang) “. Mereka berkata: “Kami tidak mengambil pendapatmu namun kami mengambil pendapat Zaid”. Ibnu ‘Abbas radliallahu ‘anhuma berkata: “Jika kalian telah sampai di Madinah bertanyalah?”. Ketika telah tiba di Madinah mereka bertanya dan diantara orang yang mereka tanya adalah Ummu Sulaim. Lalu Ummu Sulaim menyebutkan hadits Shafiyah yang diriwayatkan oleh Khalid dan Qatadah dari ‘Ikrimah.

No. Hadist: 1640

حَدَّثَنَا مُسْلِمٌ حَدَّثَنَا وُهَيْبٌ حَدَّثَنَا ابْنُ طَاوُسٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ رُخِّصَ لِلْحَائِضِ أَنْ تَنْفِرَ إِذَا أَفَاضَتْ قَالَ وَسَمِعْتُ ابْنَ عُمَرَ يَقُولُ إِنَّهَا لَا تَنْفِرُ ثُمَّ سَمِعْتُهُ يَقُولُ بَعْدُ إِنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَخَّصَ لَهُنَّ

Telah menceritakan kepada kami Muslim telah menceritakan kepada kami Wuhaib telah menceritakan kepada kami Ibnu Thawus dari bapaknya dari Ibnu ‘Abbas radliallahu ‘anhuma berkata: Telah diberi keringanan bagi para wanita yang sedang mengalami haidh untuk bertolak (pulang) apabila telah melaksanakan (thawaf ifadhah). Dia (Ibnu ‘Abbas radliallahu ‘anhum) berkata; “Dan aku telah mendengar Ibnu ‘Umar radliallahu ‘anhu berkata: “Dia tidak boleh pulang (sebelum dia thawaf wada’). Kemudian setelah itu aku mendengar dia berkata: “Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam telah memberikan keringanan buat mereka”.

No. Hadist: 1641

حَدَّثَنَا أَبُو النُّعْمَانِ حَدَّثَنَا أَبُو عَوَانَةَ عَنْ مَنْصُورٍ عَنْ إِبْرَاهِيمَ عَنْ الْأَسْوَدِ عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ خَرَجْنَا مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَلَا نَرَى إِلَّا الْحَجَّ فَقَدِمَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَطَافَ بِالْبَيْتِ وَبَيْنَ الصَّفَا وَالْمَرْوَةِ وَلَمْ يَحِلَّ وَكَانَ مَعَهُ الْهَدْيُ فَطَافَ مَنْ كَانَ مَعَهُ مِنْ نِسَائِهِ وَأَصْحَابِهِ وَحَلَّ مِنْهُمْ مَنْ لَمْ يَكُنْ مَعَهُ الْهَدْيُ فَحَاضَتْ هِيَ فَنَسَكْنَا مَنَاسِكَنَا مِنْ حَجِّنَا فَلَمَّا كَانَ لَيْلَةَ الْحَصْبَةِ لَيْلَةُ النَّفْرِ قَالَتْ يَا رَسُولَ اللَّهِ كُلُّ أَصْحَابِكَ يَرْجِعُ بِحَجٍّ وَعُمْرَةٍ غَيْرِي قَالَ مَا كُنْتِ تَطُوفِينَ بِالْبَيْتِ لَيَالِيَ قَدِمْنَا قُلْتُ لَا قَالَ فَاخْرُجِي مَعَ أَخِيكِ إِلَى التَّنْعِيمِ فَأَهِلِّي بِعُمْرَةٍ وَمَوْعِدُكِ مَكَانَ كَذَا وَكَذَا فَخَرَجْتُ مَعَ عَبْدِ الرَّحْمَنِ إِلَى التَّنْعِيمِ فَأَهْلَلْتُ بِعُمْرَةٍ وَحَاضَتْ صَفِيَّةُ بِنْتُ حُيَيٍّ فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَقْرَى حَلْقَى إِنَّكِ لَحَابِسَتُنَا أَمَا كُنْتِ طُفْتِ يَوْمَ النَّحْرِ قَالَتْ بَلَى قَالَ فَلَا بَأْسَ انْفِرِي فَلَقِيتُهُ مُصْعِدًا عَلَى أَهْلِ مَكَّةَ وَأَنَا مُنْهَبِطَةٌ أَوْ أَنَا مُصْعِدَةٌ وَهُوَ مُنْهَبِطٌ وَقَالَ مُسَدَّدٌ قُلْتُ لَا تَابَعَهُ جَرِيرٌ عَنْ مَنْصُورٍ فِي قَوْلِهِ لَا

Telah menceritakan kepada kami Abu An-Nu’man telah menceritakan kepada kami Abu ‘Awanah dari Manshur dari Ibrahim dari Al Aswad dari ‘Aisyah radliallahu ‘anha; “Kami keluar bersama Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam dan tidaklah kami diperlihatkan melainkan Beliau keluar untuk melaksanakan haji. Ketika Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam tiba (di Makkah), Beliau melaksanakan thawaf di Ka’bah Baitullah dan sa’iy antara bukit Shafaa dan Marwah dan Beliau tidak bertahallul karena Beliau membawa Al Hadyu (hewan qurban), begitu pula ikut thawaf orang-orang yang bersama Beliau baik isteri-isteri Beliau maupun sahabat dan diantara mereka bertahallul bagi yang tidak membawa Al Hadyu. Kemudian ‘Aisyah radliallahu ‘anha mengalami haid. Maka kami pun menyelesaikan seluruh manasik haji kami. Ketika malam Jumrah (di Mina) saat orang-orang harus nafar (pulang), dia berkata: “Wahai Rasulullah, seluruh sahabat-sahabat anda akan kembali pulang dengan ‘umrah dan haji sedangkan aku tidak”. Beliau bertanya: “Apakah kamu tidak ikut thawaf di Ka’bah Baitullah pada malam-malam ketika kita tiba di Makkah?”. Aku menjawab: “Tidak”. Beliau berkata: “Pergilah kamu bersama saudaramu ke Tan’im dan mulailah dari sana berihram untuk ‘umrah kemudian tempat kamu begini begini”. Maka aku keluar bersama ‘Abdurrahman ke Tan’im lalu aku berihram untuk ‘umrah. Dan kemudian Shafiyyah binti Huyay mengalami haidh, maka Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam berkata: “Celaka, kamu telah membuat kami tertahan, apakah kamu melaksanakan thawaf pada hari Nahar”. Dia (Shafiyyah) menjawab: “Ya”. Beliau berkata: “Kalau begitu tidak apa, pulanglah”. ‘Aisyah radliallahu ‘anha berkata: “Kemudian aku menemui Beliau shallallahu ‘alaihi wasallam saat Beliau tiba dari Makkah sedangkan aku sudah lebih dulu singgah atau aku baru tiba sedang Beliau sudah singgah dari Makkah”. Dan berkata, Musaddad, Perkataan ‘Aisyah radliallahu ‘anha: aku berkata: “Tidak”. Hadits ini dikuatkan pula oleh Jarir dari Manshur pada ucapan ‘Aisyah radliallahu ‘anha: “Tidak”.

 

Tatacara melakukan thawaf wada'
Tatacara melakukan thawaf wada’

Hukum Orang Melaksanakan Asar Pada Hari Nafar Di Abthah, Tempat Singgah Rasulullah

No. Hadist: 1642

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ يُوسُفَ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ الثَّوْرِيُّ عَنْ عَبْدِ الْعَزِيزِ بْنِ رُفَيْعٍ قَالَ سَأَلْتُ أَنَسَ بْنَ مَالِكٍ أَخْبِرْنِي بِشَيْءٍ عَقَلْتَهُ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَيْنَ صَلَّى الظُّهْرَ يَوْمَ التَّرْوِيَةِ قَالَ بِمِنًى قُلْتُ فَأَيْنَ صَلَّى الْعَصْرَ يَوْمَ النَّفْرِ قَالَ بِالْأَبْطَحِ افْعَلْ كَمَا يَفْعَلُ أُمَرَاؤُكَ

Telah menceritakan kepada saya Muhammad bin Al Mutsanna telah menceritakan kepada kami Ishaq bin Yusuf telah menceritakan kepada kami Sufyan Ats-Tsauriy dari ‘Abdul ‘Aziz bin Rufai’ berkata; Aku bertanya kepada Anas bin Malik radliallahu ‘anhu: “Kabarkan kepadaku sesuatu yang kamu ingat dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, dimana Beliau melaksanakan shalat Zhuhur pada hari Tarwiyah?” Dia menjawab: ” Di Mina”. Aku bertanya lagi, dimana Beliau melaksanakan shalat ‘Ashar pada hari Nafar?” Dia menjawab: ” Di Al Abthoh (Al Bathha’). Kerjakanlah (manasik) sebagaimana para pemimpin kamu telah mengerjakannya”.

No. Hadist: 1643

حَدَّثَنَا عَبْدُ الْمُتَعَالِ بْنُ طَالِبٍ حَدَّثَنَا ابْنُ وَهْبٍ قَالَ أَخْبَرَنِي عَمْرُو بْنُ الْحَارِثِ أَنَّ قَتَادَةَ حَدَّثَهُ أَنَّ أَنَسَ بْنَ مَالِكٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ حَدَّثَهُ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ صَلَّى الظُّهْرَ وَالْعَصْرَ وَالْمَغْرِبَ وَالْعِشَاءَ وَرَقَدَ رَقْدَةً بِالْمُحَصَّبِ ثُمَّ رَكِبَ إِلَى الْبَيْتِ فَطَافَ بِهِ

Telah menceritakan kepada kami ‘Abdul Muta’al bin Tholib telah menceritakan kepada kami Ibnu Wahb berkata, telah mengabarkan kepada saya ‘Amru bin Al Harits bahwa Qatadah menceritakan kepadanya bahwa Anas bin Malik radliallahu ‘anhu menceritakan kepadanya bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam melaksanakan shalat Zhuhur, ‘Ashar, Maghrib dan ‘Isya’ kemudian Beliau tidur sejenak di Al Muhashib (tempat melempar jumrah di Mina), lalu Beliau menunggang tunggangannya menuju ke Ka’bah Baitullah lalu thawaf disana”.

 

Al Muhashsha, Tempat Singgah Nabi SAW Saat Ibadah Haji

No. Hadist: 1644

حَدَّثَنَا أَبُو نُعَيْمٍ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ هِشَامٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ إِنَّمَا كَانَ مَنْزِلٌ يَنْزِلُهُ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِيَكُونَ أَسْمَحَ لِخُرُوجِهِ يَعْنِي بِالْأَبْطَحِ

Telah menceritakan kepada kami Abu Nu’aim telah menceritakan kepada kami Sufyan dari Hisyam dari bapaknya dari ‘Aisyah radliallahu ‘anha berkata: “Sesungguhnya tempat yang dipergunakan Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam untuk singgah adalah yang paling mudah untuk jalan keluarnya (pulangnya), yakni di Al Abthah (Al Bathha’).

No. Hadist: 1645

حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ قَالَ عَمْرٌو عَنْ عَطَاءٍ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ لَيْسَ التَّحْصِيبُ بِشَيْءٍ إِنَّمَا هُوَ مَنْزِلٌ نَزَلَهُ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

Telah menceritakan kepada kami ‘Ali bin ‘Abdullah telah menceritakan kepada kami Sufyan telah berkata, ‘Amru dari ‘Atho’ dari Ibnu ‘Abbas radliallahu ‘anhuma: At-Tahshib (tempat singgah menjelang jumrah) bukanlah sesuatu bagian dari manasik, tapi dia hanyalah tempat yang pernah digunakan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam untuk singgah”.

 

Singgah Di Dzu Thuwa Sebelum Masuk Makkah Dan Singgah Di Bathha`

No. Hadist: 1646

حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ الْمُنْذِرِ حَدَّثَنَا أَبُو ضَمْرَةَ حَدَّثَنَا مُوسَى بْنُ عُقْبَةَ عَنْ نَافِعٍ أَنَّ ابْنَ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا كَانَ يَبِيتُ بِذِي طُوًى بَيْنَ الثَّنِيَّتَيْنِ ثُمَّ يَدْخُلُ مِنْ الثَّنِيَّةِ الَّتِي بِأَعْلَى مَكَّةَ وَكَانَ إِذَا قَدِمَ مَكَّةَ حَاجًّا أَوْ مُعْتَمِرًا لَمْ يُنِخْ نَاقَتَهُ إِلَّا عِنْدَ بَابِ الْمَسْجِدِ ثُمَّ يَدْخُلُ فَيَأْتِي الرُّكْنَ الْأَسْوَدَ فَيَبْدَأُ بِهِ ثُمَّ يَطُوفُ سَبْعًا ثَلَاثًا سَعْيًا وَأَرْبَعًا مَشْيًا ثُمَّ يَنْصَرِفُ فَيُصَلِّي رَكْعَتَيْنِ ثُمَّ يَنْطَلِقُ قَبْلَ أَنْ يَرْجِعَ إِلَى مَنْزِلِهِ فَيَطُوفُ بَيْنَ الصَّفَا وَالْمَرْوَةِ وَكَانَ إِذَا صَدَرَ عَنْ الْحَجِّ أَوْ الْعُمْرَةِ أَنَاخَ بِالْبَطْحَاءِ الَّتِي بِذِي الْحُلَيْفَةِ الَّتِي كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُنِيخُ بِهَا

Telah menceritakan kepada kami Ibrahim bin Al Mundzir telah menceritakan kepada kami Abu Dhamrah telah menceritakan kepada kami Musa bin ‘Uqbah dari Nafi’ bahwa Ibnu’Umar radliallahu ‘anhu bermalam di Dzu Thuwa diantara dua jalan dataran tinggi, lalu dia masuk melalui salah satu dari dataran itu yang berada di sebelah atas kota Makkah. Dan apabila sudah sampai di Makkah baik untuk menunaikan haji atau ‘umrah, dia tidak singgah menambatkan untanya kecuali di (tempat) dekat pintu masjid (Al Masjidil Haram). Kemudian dia masuk dan mendatangi Rukun Hajar Aswad, lalu dia memulai thawaf dari sana sebanyak tujuh kali putaran dengan tiga kali berjalan cepat dan empat kalinya berjalan biasa, kemudian apabila telah selesai, dia shalat dua raka’at. Sebelum dia kembali ke tempat tinggalnya, dia melaksanakan sa’iy antara bukit Shafaa dan Marwah. Dan apabila dia telah menyelesaikan seluruh manasik haji atau ‘umrahnya, dia singgah beristirahat di Al Bathha’ yang terletak di DzulHulaifah, tempat yang pernah digunakan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam untuk singgah”.

No. Hadist: 1647

حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عَبْدِ الْوَهَّابِ حَدَّثَنَا خَالِدُ بْنُ الْحَارِثِ قَالَ سُئِلَ عُبَيْدُ اللَّهِ عَنْ الْمُحَصَّبِ فَحَدَّثَنَا عُبَيْدُ اللَّهِ عَنْ نَافِعٍ قَالَ نَزَلَ بِهَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَعُمَرُ وَابْنُ عُمَرَ وَعَنْ نَافِعٍ أَنَّ ابْنَ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا كَانَ يُصَلِّي بِهَا يَعْنِي الْمُحَصَّبَ الظُّهْرَ وَالْعَصْرَ أَحْسِبُهُ قَالَ وَالْمَغْرِبَ قَالَ خَالِدٌ لَا أَشُكُّ فِي الْعِشَاءِ وَيَهْجَعُ هَجْعَةً وَيَذْكُرُ ذَلِكَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

Telah menceritakan kepada kami ‘Abdullah bin ‘Abdul Wahhab telah menceritakan kepada kami Khalid bin Al Harits berkata; ‘Ubaidullah ditanya tentang Al Muhashshab”. Maka ‘Ubaidullah menceritakan kepada kami dari Nafi’ berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pernah berhenti singgah disana, begitu juga ‘Umar dan Ibnu ‘Umar”. Dan dari Nafi’ bahwa Ibnu’Umar radliallahu ‘anhuma pernah disana, yaitu di Al Muhashshab, shalat Zhuhur, dan ‘Ashar”. Dan aku menduga dia berkata: “dan shalat Maghrib.” Khailid berkata: “Aku tidak meragukan tentang shalat ‘Isya’, lalu dia tidur sejenak disana”. Lalu dia menyebutkan hal itu dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam.

 

Hukum Melakukan Jual Beli Di Musim Haji Dan Menjual Di Pasar-Pasar Jahiliyah

No. Hadist: 1648

حَدَّثَنَا عُثْمَانُ بْنُ الْهَيْثَمِ أَخْبَرَنَا ابْنُ جُرَيْجٍ قَالَ عَمْرُو بْنُ دِينَارٍ قَالَ ابْنُ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا كَانَ ذُو الْمَجَازِ وَعُكَاظٌ مَتْجَرَ النَّاسِ فِي الْجَاهِلِيَّةِ فَلَمَّا جَاءَ الْإِسْلَامُ كَأَنَّهُمْ كَرِهُوا ذَلِكَ حَتَّى نَزَلَتْ } لَيْسَ عَلَيْكُمْ جُنَاحٌ أَنْ تَبْتَغُوا فَضْلًا مِنْ رَبِّكُمْ { فِي مَوَاسِمِ الْحَجِّ

Telah menceritakan kepada kami ‘Utsman bin Al Haitsam telah mengabarkan kepada kami Ibnu Juraij telah berkata, ‘Amru bin Dinar berkata, Ibnu ‘Abbas radliallahu ‘anhuma: “Dzul Majaz dan Ukazh adalah tempat berdagang orang-orang pada masa jahiliyah. Ketika Islam datang seakan-akan mereka membenci tempat itu, hingga turunlah QS AL Baqarah ayat 195 yang artinya: (“Tidak ada dosa bagi kalian jika kalian mencari karunia(rezeqi hasil perniagaan) dari Rabb kalian”), yaitu pada musim haji.

 

Hukum Berjalan Di Pagi Buta Dari Muhashshab

No. Hadist: 1649

حَدَّثَنَا عُمَرُ بْنُ حَفْصٍ حَدَّثَنَا أَبِي حَدَّثَنَا الْأَعْمَشُ حَدَّثَنِي إِبْرَاهِيمُ عَنْ الْأَسْوَدِ عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ حَاضَتْ صَفِيَّةُ لَيْلَةَ النَّفْرِ فَقَالَتْ مَا أُرَانِي إِلَّا حَابِسَتَكُمْ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَقْرَى حَلْقَى أَطَافَتْ يَوْمَ النَّحْرِ قِيلَ نَعَمْ قَالَ فَانْفِرِي قَالَ أَبُو عَبْد اللَّهِ وَزَادَنِي مُحَمَّدٌ حَدَّثَنَا مُحَاضِرٌ حَدَّثَنَا الْأَعْمَشُ عَنْ إِبْرَاهِيمَ عَنْ الْأَسْوَدِ عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ خَرَجْنَا مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا نَذْكُرُ إِلَّا الْحَجَّ فَلَمَّا قَدِمْنَا أَمَرَنَا أَنْ نَحِلَّ فَلَمَّا كَانَتْ لَيْلَةُ النَّفْرِ حَاضَتْ صَفِيَّةُ بِنْتُ حُيَيٍّ فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَلْقَى عَقْرَى مَا أُرَاهَا إِلَّا حَابِسَتَكُمْ ثُمَّ قَالَ كُنْتِ طُفْتِ يَوْمَ النَّحْرِ قَالَتْ نَعَمْ قَالَ فَانْفِرِي قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنِّي لَمْ أَكُنْ حَلَلْتُ قَالَ فَاعْتَمِرِي مِنْ التَّنْعِيمِ فَخَرَجَ مَعَهَا أَخُوهَا فَلَقِينَاهُ مُدَّلِجًا فَقَالَ مَوْعِدُكِ مَكَانَ كَذَا وَكَذَا

Telah menceritakan kepada kami ‘Umar bin Hafsh telah menceritakan kepada kami bapakku telah menceritakan kepada kami Al A’masy telah menceritakan kepada saya Ibrahim dari Al Aswad dari ‘Aisyah radliallahu ‘anha berkata; “Shafiyyah mengalami haidh pada hari Nafar, lalu dia berkata: “Tidaklah aku memandang diriku melainkan aku telah menyusahkan kalian”. Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam berkata: “Celaka, apakah kamu sudah melaksanakan thawaf pada hari Nahar”. Dikatakannya: “Ya, sudah”. Maka Beliau berkata: “Pulanglah”. Abu ‘Abdullah Al Bukhariy berkata: “Dan Muhammad menambahkan kepadaku, telah menceritakan kepada kami Muhadhir telah menceritakan kepada kami Al A’masy dari Ibrahim dari Al Aswad dari ‘Aisyah radliallahu ‘anha berkata; “Kami keluar bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dan tidaklah kami menyebutnya melainkan untuk melaksanakan haji. Ketika kami tiba (di Makkah), Beliau memerintahkan kami agar kami bertahallul. Ketika masuk malam Nafar, Shafiyyah binti Huyay mengalami haidh, maka Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam berkata: “Celaka, tidaklah kami melihat melainkan kamu telah menyusahkan kami”. Kemudian Beliau bertanya: “Apakah kamu sudah melaksanakan thawaf pada hari Nahar”. Dia menjawab: “Ya, benar”. Maka Beliau berkata: “Kalau begitu, pulanglah”. Kemudian ‘Aisyah radliallahu ‘anha berkata: “Wahai Rasulullah, aku belum bertahallul”. Beliau berkata: “Laksanakanlah ‘umrah dari At-Tan’im”. Lalu berangkatlah saudaranya bersamanya kemudian setelah itu kami menemui Beliau dalam keadaan siap berangkat di akhir malam dan berkata: “Bagian tempat kamu begini begini”.

 

Kompilasi Chm oleh: Abu Ahmad as Sidokare