Inilah 30 Amalan Yang Dianjurkan Menjelang Berangkat Umroh

UMROH. Sebuah urutan amalan baik yang sangat dianjurkan 6 bulan sebelum kita menunaikan ibadah Umrah. Salah satunya adalah: Pupuk dan bina sikap atau sifat-sifat jiwa yang Muraqabah yaitu suatu sikap atau sifat yang memiliki kesadaran diri bahwa Anda selalu berhadapan dengan Allah dengan keadaan diri dan segala perbuatan Anda itu senantiasa dalam pengawasan, pemantauan, penyeliaan dan pemerhatian-Nya baik dalam setiap tindak tanduk maupun dalam pekerjaan seharian Anda.

Pupuk dan bina juga dalam diri serta pribadi Anda sifat dan sikap jiwa Al-Khauf yakni sikap jiwa yang senantiasa merasa takut kepada Allah karena kurang sempurna pengabdian diri terhadap-Nya dengan melatih diri bangun di dini hari yang sunyi sepi dan melakukan shalat tahajjud, tasbih, taubat, hajat dan witir yang khusyuk dan tawaduk.

Umrah – 6 bulan sebelum melaksanakan Umrah. 30 Tip & Manual Pelaksanaan – 6 Bulan Sebelum Umroh:

  1. Bulatkan tekad dan tetapkan hasrat Anda untuk menjadi Tamu Allah di tanah suci Makkah dan Madinah bagi menyempurnakan tuntutan mengerjakan Umrah itu.
  2. Tepis dan tolak perasaan berbelah berbagi, ragu-ragu serta was-was yang lazimnya dibisikkan oleh iblis dan syaitan yang tidak akan sekali-kali ridho dengan hasrat dan tujuan murni kita mengerjakan ibadah suci itu.
  3. Mantapkan pikiran Anda tentang ibadah Umrah tersebut dengan membeli dan membaca buku-buku yang mengutarakan segala falsafah, fadilah, hikmah, keutamaan, tantangan, rintangan serta kelebihan ibadah Umrah itu yang banyak terdapat di pasaran dan dititipkan oleh penulis serta penyusun yang banyak pengetahuan serta luas pengalaman dalam bidang ini.
  4. Semai dan pupuk rasa kecintaan dan kerinduan Anda kepada Makkah dan Madinah yang menjadi inti kepada ibadah Umrah.
  5. Dalami lagi pengetahuan Anda terhadap kedua tanah suci (Makkah dan Madinah) dengan membeli serta membaca buku-buku atau browsing web yang berkaitan dengan sejarah serta kelebihan dan keistimewaan kedua tanan suci di sisi Allah SWT.
  6. Semai dan pupuk juga pikiran dan pengetahuan Anda tentang kelebihan dan keutamaan Masjidil Haram yang penuh barakah di sisi Allah di mana setiap shalat yang didirikan di dalamnya akan dilipatgandakan oleh Allah dengan 100,000 x shalat.
  7. Pupuk dan semai juga kerangka pikiran Anda tentang keunikan dan keistimewaan Masjid Nabawi, yaitu masjid yang didirikan dalamnya akan digandai Allah sebanyak 1,000 malah ada hadis yang meriwayatkan sebanyak 50,000 x shalat.
  8. Semai cita-cita dan hasrat untuk mengunjungi dan menziarahi makam baginda Rasullah SAW di mana jenazah baginda yang mulia serta jenazah dua orang sahabat utama baginda yaitu Sayidina Abu Bakar As-Siddiq dan Sayidina Umar Bin Khattab turut disemadikan di bawah kubah hijau Masjid Nabawi.
  9. Kenali sejarah kelebihan serta keutamaan Ar-Raudhah, makam Al-Baqi’, Masjid Quba’, Masjid Qiblatain, Jabal Uhud dan Makam Syuhada’ yang mempunyai sejarah serta kelebihan yang tersendiri serta amat mulia dan besar kedudukan di sisi Allah SWT.
  10. Kenali lebih dekat lagi Baitullah atau Kaabah yang menjadi kiblat seluruh umat islam di dunia dan merupakan rumah Allah yang amat mulia dan agung serta penuh dengan hikmah dan kelebihan dengan membaca segala maklumat yang berkaitan dengannya menerusi bahan-bahan bacaan atau VCD, DVD yang banyak terdapat di pasaran.
  11. Kenali juga dengan lebih dekat tanda-tanda yang terdapat di dalam Masjidil Haram saperti Hajar Aswad, Maqam Ibrahaim, Hijir Ismail, Mitzab Kaabah dan Multazam yang penuh dengan kemuliaan serta menjadi wadah yang amat mustajab untuk memanjatkan doa dan permintaan dan pengharapan ke hadirat Allah SWT.
  12. Ketahui juga sejarah Padang Arafah, Jabal Rahmah, Jabal Tsur, Jabal Nur, Mudzalifah dan Mina yang meninta beraneka kelebihan serta berkait erat dengan syariat Haji dan kronologi sirah dan sejarah Islam di muka bumi ini.
  13. Pupuk kecintaan Anda terhadap semua tempat-tempat suci dengan cara membaca buku-buku yang berkaitan dengannya atau menonton VCD, DVD yang memaparkan gambaran serta visual tempat-tempat berkenaan yang banyak terdapat di pasaran.
  14. Abadikan gambar-gambar dan poster-poster yang memaparkan visual Masjidil Haram, Masjid Nabawi, Makam Nabi, Raudhah, Baitullah dan seumpamanya itu di ruang tamu atau di dalam kamar-kamar di rumah Anda. Bahan-bahan ini banyak terdapat di pasaran dengan pelbagai bentuk dan kreativitas yang menarik serta mempesona.
  15. Renungkan dan hayati gambar-gambar tersebut dengan penuh rasa kecintaan dan kerinduan serta pasang niat dan cita-cita untuk berada dalam pelukan dan dekapannya sesegera mungkin.
  16. Tangguhkan buat sementara waktu atau kalau boleh tinggalkan langsung membaca buku-buku atau menonton VCD, DVD yang mengutamakan berita-berita hiburan, sensasi, tahyul, fitnah serta gairah seksual yang tidak mendatangkan banyak faedah dan merusak pikiran serta mendatangkan dosa.
  17. Isi waktu luang Anda dengan mendalami pengetahuan tentang keimanan dan ketaqwaan terhadap Allah SWT dengan cara menghadiri pembacaan Al-Quran, Mustika Hadith serta menghadiri kuliah-kuliah agama di masjid-mashid dan di surau-surau di daerah kediamaan masing-masing.
  18. Pupuk dan bina sikap atau sifat-sifat jiwa yang Muraqabah yaitu suatu sikap atau sifat yang memiliki kesadaran diri bahwa Anda selalu berhadapan dengan Allah dengan keadaan diri dan segala perbuatan Anda itu senantiasa dalam pengawasan, pemantauan, penyeliaan dan pemerhatian-Nya baik dalam setiap tindak tanduk maupun dalam pekerjaan seharian Anda.
  19. Pupuk dan bina juga dalam diri serta pribadi Anda sifat dan sikap jiwa Al-Khauf yakni sikap jiwa yang senantiasa merasa takut kepada Allah karena kurang sempurna pengabdian diri terhadap-Nya dengan melatih diri bangun di dini hari yang sunyi sepi dan melakukan shalat tahajjud, tasbih, taubat, hajat dan witir yang khusyuk dan tawaduk.
  20. Mantapkan ibadah ritual seharian Anda seperti shalat fardu, shalat-shalat sunat rawatib, puasa, zakat hingga terbina sifat Ar-Raja’ yaitu sifat atau sikap jiwa yang senantiasa diulit pengharapan untuk mendapat rahmat, kasih saying serta pengampunan Allah SWT.
  21. Tingkatkan praktek seharian dengan sifat-sifat mahmudah seperti sabar, ikhlas, jujur​​, merendah diri, tolong-menolong, kasih sayang dan sejenisnya sehingga tumbuh sikap jiwa yang As-syauq yaitu sifat atau sikap jiwa yang senantiasa rindu untuk bertemu dengan Allah.
  22. Berusaha dengan keras untuk melunakkan segala sifat mazmumah yang tercela saperti marah, dengki, kianat, sombong, takabur dan serupa itu hingga lahir sifat jiwa yang Al-Uns yaitu sifat atau sikap jiwa yang senantiasa ditujukan semata-mata kepada Allah .
  23. Berusaha untuk mewujudkan sifat At-Toma’ninah yaitu sifat atau sikap jiwa yang senantiasa merasa tenang dan tentram tanpa rasa was-was atau ragu terhadap qada’ dan qadar Allah dengan mengagumi segala zat dan kekuasaan Allah yang terpancar dalam kehidupan keseharian saperti penciptaan langit dan bumi, malam dan siang, bulan, bintang, matahari dan petir, kilat, banjir, ombak raksasa dan sebagainya.
  24. Buat perencanaan rapi dan periodik terutama dalam aspek keuangan dan pengeluaran agar terkumpul dana yang cukup untuk merealisasikan hasrat murni untuk melaksanakan ibadah Umrah tersebut.
  25. Jangan berbelanja atau membelanjakan uang untuk hal-hal yang tidak perlu seperti mobil baru, selalu makan di restoran, berjalan-jalan di pusat-pusat rekreasi yang tidak banyak bermanfaat atau keuntungan itu serta dapat mempengaruhi anggaran dan posisi keuangan Anda.
  26. Memahami sedikit sebanyak garis kasar tentang latar belakang ibadah umrah itu sendiri yang berarti mengunjungi Naitullahil Haram untuk mengerjakan tawaf, saie, tahallul dan sebagainya.
  27. Pahami juga perbedaan dan relevansi Umrah dengan ibadah Haji melalui percakapan dan diskusi dengan teman-teman dan kerabat yang telah memiliki pengalaman Haji dan Umrah.
  28. Dapatkan gambaran dasar tentang ibadah umrah tersebut seperti komposisi atau konten, rukun-rukun, wajib dan sunat-sunatnya juga filsafat, hikmah, Fadilat dan tantangan-tantangannya dari teman-teman atau melalui pembacaan dan penontonan VCD, DVD yang berhubungan dengan ibadah tersebut.
  29. Dekatkan diri Anda kepada Allah dengan mensyukuri segala rezeki dan nikmat kehidupan yang telah dianugerahkan-Nya kepada Anda. Banyakkan bersedekah dan mengeluarkan zakat harta dan zakat pendapatan untuk menyucikan harta-harta tersebut dan mencapai tujuan tersebut.
  30. Hapuskan perasaan gairah dan cinta dunia dalam diri Anda itu dengan mengunjungi kerabat dan sahabat handai yang terlantar sakit di rumah sakit dan syukuri diri betapa beruntungnya Anda karena ditakdirkan sehat dan terhindar dari sakit yang menyiksa itu.

Insafi hakikat bahwa hidup di dunia ini hanyalah sementara saja sedangkan kematian itu adalah sesuatu yang pasti dan tidak mampu dihindari. Sehubungan itu, senantiasa ziarahi kerabat dan sahabat handai yang meninggal dan ambil iktibar dan peringatan tentang fenomena tersebut.

“Dan Allah mewaijibkan manusia mengerjakan ibadah Haji (Umrah) dengan mengunjungi Baitullah yaitu sesiapa yang mampu dan berkuasa sampai kepadaNya dan sesiapa yang kufur (ingkarkan kewajipan ibadah Haji itu) maka sesungguhnya Allah Maha Kaya (tidak berhajat sesuatu pun) daripada sekalian makhluk.” (Ali-‘Imran:97)

Similar Posts:

By |2017-10-19T07:35:12+00:00February 7th, 2017|Uncategorized|

Leave A Comment