Jemaah Haji Harus Banyak Minum, Cuaca di Tanah Suci Bisa 50 Derajad

Jemaah haji harus banyak minum. Cuaca panas di Arab Saudi termasuk di Madinah, saat musim haji 2016 jadi perhatian para jemaah haji. Dengan suhu yang diperkirakan bisa mencapai 50 derajat celsius, jemaah disarankan untuk banyak mengkonsumsi air mineral.

“Jemaah harus sering minum dan sedapat mungkin hindari jalan-jalan di tengah terik matahari,” kata Kepala Seksi Kesehatan Daerah Kerja Madinah, dr Tjetjep Ali Akbar di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah, Rabu malam (10/08/2016).

Dia menjelaskan, selain banyak minum, jemaah juga diharapkan memakai kacamata dan payung, serta makan teratur. Selain itu, jemaah diimbau, agar beristirahat cukup.

Sementara itu, salah satu dokter di KKHI, dr Eka F Elfi menambahkan, jemaah diharapkan minum minimal delapan gelas sehari. Lebih baik lagi, jika sering minum air zam zam.

“Di Madinah dan Makkah, kan banyak air zam zam, jadi sering minum saja,” kata Eka.

Dia menjelaskan, ciri-ciri orang yang mengalami dehidrasi di antaranya adalah bibir kering, keringat berkurang, dan kerap mengantuk. Dehidrasi tak boleh dianggap enteng, karena bisa menyebabkan badan lemas hingga hilangnya kesadaran.

Jemaah Haji Dilarang Bawa Barang Terlarang

Kementerian Agama RI mengimbau para jemaah haji Indonesia untuk berhati-hati saat membawa barang bawaan ke Tanah Suci. Sebab, pemerintah Arab Saudi memberlakukan hukuman berat bagi seseorang yang melanggar ketentuan tentang barang terlarang.

Dalam imbauannya, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengimbau jemaah untuk tidak membawa barang-barang terlarang seperti narkoba, senjata api, senjata tajam, dan sejenisnya.

“Apabila membawa obat dari dokter untuk kepentingan pribadi, agar disertakan salinan resep dokter,” ujar Lukman dalam keterangan tertulis, Sabtu (13/08/2016).

Lukman menambahkan, jemaah juga diimbau tidak membawa barang-barang yang berkaitan dengan perbuatan syirik, atau sihir, seperti jimat, patung-patung yang berbentuk makhluk hidup, kembang tujuh rupa, atau buku primbon.

Selain itu, Lukman menjelaskan, jemaah dilarang melakukan praktik-praktik sihir dan sejenisnya selama berada di Arab Saudi. “Pelanggaran ketentuan ini dapat terancam hukuman mati,” kata Menag.

Lukman juga berpesan, agar jemaah tidak menerima titipan apapun dari orang-orang yang tidak dikenal. Apabila tidak bisa menolaknya karena ada hubungan kekerabatan, pastikan isi titipan barang itu.

“Laporkan juga titipan itu ke pendamping kloter,” ujar Lukman.

Jemaah juga diharapkan tidak membawa CD, atau DVD yang tidak ada kaitannya dengan ibadah haji, atau tidak sesuai dengan budaya di Arab Saudi. Apalagi, yang terkait dengan tindakan ke arah pornografi

Sementara itu, terkait air zam zam, menurut menteri, karena tiap jemaah akan mendapat fasilitas air zam zam sebanyak lima liter menjelang kepulangan, maka jemaah tidak menyelipkan air zam zam ke dalam bagasi, atau tas kabin.

“Ini sangat membahayakan penerbangan jemaah terkait keseimbangan pesawat,” ujar dia.

Menag juga mengimbau jemaah tidak membawa uang dalam bentuk tunai dalam jumlah banyak. Jemaah disarankan membawa uang tunai secukupnya, karena semua keperluan sudah ditanggung pemerintah.

Jemaah haji pun diharapkan tidak mengambil gambar, atau berfoto di lingkungan fasilitas pemerintah yang terkait dengan pelayanan umum seperti bandara, rumah sakit, fasilitas militer, dan lainnya.

Menag juga meminta jemaah untuk tidak mengambil foto warga Arab, atau orang asing lainnya. Warga Arab sangat sensitif dengan pengambilan foto tanpa izin.

30 Ribu Jemaah Haji Padati Madinah

Puluhan ribu jemaah haji Indonesia gelombang pertama terus berdatangan ke Madinah. Hingga Minggu 14 Agustus 2016, pukul 08.00 waktu Arab Saudi, atau 12.00 WIB, jemaah haji Indonesia yang sudah tiba di Bandara Amir Mohammad bin Abdul Aziz sebanyak 74 kloter.

Jumlah jemaah mencapai 29.818 orang dan petugas kloter 370 orang.

“Jumlah total 30.188 orang,” kata Kepala Daerah Kerja Airport Jeddah-Madinah, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, Nurul Badruttamam Makkiy, dalam keterangan tertulis. Ahad (14/08/2016).

Menurut Nurul, rata-rata penundaan penerbangan dari maskapai Garuda Indonesia selama empat jam, 50 Menit. Sementara itu, maskapai Saudi Airlines 26 menit.

Hari ini, suhu di Madinah mencapai sekitar 45 derajat celsius. Dari pantauan Sinhat, sebagian jemaah haji Indonesia juga menyempatkan mengunjungi Jabal Uhud.

Ditulis oleh Anggoro Husni,  15/08/2016 – (ha/ar)

http://haji.kemenag. go.id

===============

Paket Umroh Desember 2016

Dibuka pendaftaran Paket Umroh Desember 2016, sebagai Paket Umroh Promo  Desember.

Biaya $1550 = Rp1 Juta untuk perlengkapan.

Pesawat: Mihin SriLanka via Colombo atau Air Asia via Kuala Lumpur.

Hotel Firdaus AlUmrah Makkah jarak sekitar 400-450m M. Haram dan Al Syurfah Madinah, jarak sekitar 200m dari M Nabawi.

Info: H Sudjono AF – 081388097656 WA. Risalah Madina – Umroh Haji Travel.

Jemaah haji

haji indonesia, jemaah haji indonesia, cuaca di tanah suci, haji 2016, paket umroh desember

 

Similar Posts:

By |2016-08-15T14:45:32+00:00August 15th, 2016|Uncategorized|