Jemaah Haji Indonesia Mulai Menuju Ke Makkah Untuk Umroh

Jemaah haji yang tergabung dalam Kloter 1 embarkasi Padang diberangkatkan ke Makkah pada Rabu, (17/08/2016). Sebelum ke Makkah, rombongan jemaah haji akan menuju Bir Ali untuk berniat ihram dan salat sunat dua rakaat.

Rombongan jemaah haji itu merupakan jemaah pertama dari Madinah yang diberangkatkan ke Tanah Suci. Perjalanan ke Mekkah diperkirakan ditempuh selama lima jam. Jemaah embarkasi Padang 1 itu diberangkatkan dengan 10 bus yang nyaman. Selain berfasilitas penyejuk ruangan (AC), bus juga dilengkapi toilet, cooler box dan televisi.

Bus pertama dilepas Kepala Bidang Transportasi Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi tahun 2016, Subhan Cholid. Hadir juga Kepala Seksi Perlindungan Jemaah, Maskat, dan Kepala Seksi Transportasi Daerah Kerja Madinah, Sri Darfatihati.

“Perjalanan ke Mekkah ditempuh sekitar lima sampai enam jam hingga sampai ke pemondokan,” kata Subhan seusai melepas bus pertama rombongan jemaah haji dari Hotel Holiday Villa, Madinah.
Subhan menambahkan, setelah pengecekan di Bir Ali, rombongan juga akan menjalani pemeriksaan dokumen di Jumum, sekira 20 kilometer sebelum Mekkah. Selanjutnya, jemaah menjalani umrah dan ibadah lain selama di kota suci itu.

Sementara itu Kasi Transportasi Sri Darfatihati menambahkan setelah Kloter Padang 1, pada Kamis, (18/08/2016), akan diberangkatkan 11 kloter. Pemberangkatan pertama dimulai pukul 06.00 waktu Arab Saudi.

Jemaah Ambil Miqat di Bir Ali

Kelompok terbang (kloter) jemaah haji Indonesia diberangkatkan secara bertahap menuju Makkah pada Kamis, (18/08/2016). Rombongan jemaah yang diberangkatkan dari Bir Ali pada pukul 12.15 waktu Arab Saudi adalah kloter 1 Garut.

Jemaah itu sebelumnya bertolak dari hotel tempat menginap masing-masing di Madinah sebelum menuju Bir Ali. Pada hari ini, dijadwalkan sebanyak 11 kloter yang bergerak menuju Makkah.

Berdasarkan pantauan Tim Media Center Haji, jemaah haji Kloter 1 Garut berangkat menuju Makkah dengan 10 bus. Masing-masing bus berisi 40-45 jemaah haji. Total dalam rombongan jemaah itu sebanyak 440 orang. Jemaah akan menempuh perjalanan ke Makkah selama 5-6 jam.

Berdasarkan data tim transportasi Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Daerah Kerja Madinah, kloter 1 Garut adalah rombongan jemaah haji kesembilan yang diberangkatkan hari ini ke Makkah. Rombongan jemaah haji itu diberangkatkan ke Makkah masing-masing sejak pukul 06.00 hingga 18.00 waktu Arab Saudi. Setelah mengambil miqat di Bir Ali dengan niat umrah dan salat dua rakaat, jemaah dipersilakan melanjutkan perjalanan ke Makkah.

Sebelumnya, Kepala Sektor Bir Ali dan Terminal Hijrah, Sahbuddin Abdul Kadir, mengatakan bahwa petugas sudah siap menyambut kedatangan jemaah yang akan mengambil miqat sebelum menuju Makkah itu.

Saat kedatangan jemaah, petugas melalui pengeras suara mengarahkan jemaah untuk mengambil air wudu dan menjalankan salat dua rakaat. Selanjutnya, dipandu pembimbing ibadah, jemaah juga berniat umrah sebelum memasuki bus menuju Makkah.

Ditulis oleh anggoro husni – 19/08/2016 – (ha/ar)

http://haji.kemenag. go. id/

 

Paket Umroh Desember 2016

Dibuka pendaftaran Paket Umroh Desember 2016, sebagai Paket Umroh Promo  Desember.

Biaya $1550 = Rp1 Juta untuk perlengkapan.

Pesawat: Mihin SriLanka via Colombo atau Air Asia via Kuala Lumpur.

Hotel Firdaus AlUmrah Makkah jarak sekitar 400-450m M. Haram dan Al Syurfah Madinah, jarak sekitar 200m dari M Nabawi.

Info: H Sudjono AF – 081388097656 WA. Risalah Madina – Umroh Haji Travel.

Jemaah haji

jemaah haji, haji indonesia, jemaah haji indonesia, cuaca di tanah suci, haji 2016, paket umroh desember

Similar Posts:

By |2016-08-22T11:56:52+00:00August 22nd, 2016|Uncategorized|