Kehilangan Bagasi, Saat Umroh

Umroh. Permasalahan lain yang sering dihadapi jemaah ketika sampai di bandara arab Saudi adalah kehilangan bagasi. Kehilangan ini ntentu saja baru diketahui ketika jemaah sudah sampai di tempat pengambilan bagasi setelah menunggu sekian lama di bagian pemeriksaaan imigrasi untuk melaporkan kasus ini langsung ke bagian lost and found, tentu tidak mungkin. Selain kendala bahasa, jumlah jemaah yang sangat membludak tidak  memubngkinkan dilakukannya pengurusan saat itu juga. Maka, yang harus dilakukan jemaah adlah melaporkannya kepada ketua rombongan.

Dalam hal ini, petugas travel yang berperan sebagai ketua rombongan harus segera melaporkannya ke pihak maskapai penerbangan di bandara king abdulaziz. Setelah pihak maskapai mengecek kebenarna laporan tersebut, si pelapor akan mendapatkan surat bukti pelaporan. Umroh. Pihak maskapai berkewajiban menelusuri di mana hilang atau tercecernya bagasi tersebut. Bila tidak ditemukan di bandara king abdulaziz, pihak maskapai tentu harus menelusuri asal penerbangan dan nomor kode penerbangannya.

“Bila terjadi kehimlangan bagasi, petugas travel yang berperan sebagai ketua rombongan harus segera melaporkannya ke pihak maskapai penerbangan di bandara king abdulaziz”

Sebagai contoh, jika jemaah yang kehilangan bagasi menggunakan pesawat garuda Indonesia dengan kode penerbangan GA 0525, pihak maskapai garuda Indonesia akan menelusuri bagasi yang hilang tersebut dimulai dari bandara soekarno hatta di Jakarta. Umroh. Dalam hal ini, yang perlu diingat oleh jemaah yang mengalami kehilangan, dan juga oleh pihak travel, adalah bahwa tanda bukti laporan kehilangan harus disimpan sampai bagasi ditemukan karena bukti tersebut bisa digunakan untuk meminta ganti rugi kepada pihak maskapai penerbangan jika bagasi yang hilanmg tidak berhasil ditemukan.

Sementara itu, selama bagasi yang hilang masih belum ditemukan, bagaimana dengan nasib si jemaah? Bukan kah  hamper semua pakaian, makanan ringan, cemilan, bahkan obat, biasanya ada di bagasi tersebut? Jika bagasi tidak kunjung ditemukan, apakah berarti si jemaah tidak akan pernah berganti pakaina selama beribadah di arab Saudi? Jika ia kesana untuk menunaikan ibadah haji biasa, apakah berarti selama 40 hari ia tidak akan pernah ganti pakaian? Kecian amat, hehe… tentu saja tidak demikian.Umroh. Biasanya bagasi yang tidak berhasil ditemukan jarang sekali terjadi. Kalaupun membutuhkan waktu yang lama untuk menemukannya, pihak perusahaan harus turun tangan untuk mengatasinya.Umroh.

Similar Posts:

By |2015-06-18T09:46:00+00:00June 18th, 2015|Uncategorized|

Leave A Comment