Keistimewaan dan Keutamaan Air Zamzam

Keistimewaan dan Keutamaan Air Zamzam. Zamzam, dalam bahasa Arab artinya air yang melimpah dan dapat juga berarti minum dengan regukan sedikit-sedikit. Sumur dibawah tanah yang terletak 20 meter sebelah Tenggara Ka’bah ini mengeluarkan air bersih zamzam tanpa henti. Diamanatkan agar sewaktu meminum air zamzam harus dengan tertib dan membaca niat. Setelah minum air zamzam kita menghadap ke Ka’bah dengan mengangkat kedua tangan sambil berdoa memohon pada Allah sbb:

SEJARAH Sumur Zamzam

Tantang zamzam ini sejarahnya tidak dapat dipisahkan dari isteri Nabi Ibrahim AS yaitu Siti Hajar dan putranya Ismail AS. Waktu Ismail dan ibunya ditinggalkan oleh Nabi Ibrahim di Mekkah, mereka kehabisan air untuk diminum. Maka Siti Hajar pergi ke Bukit Shafa dan Marwah kalau-kalau disana ada air. Siti Hajar berlari-lari kecil antara Bukit Shafa dan Marwah sebanyak 7 kali. Namun tidak berhasil menemukan setetes airpun. Tiba-tiba ia mendengar suara. Maka Hajar pun berkata:

“Saya mendengar suaramu, tolonglah aku jika engkau punya kebaikan”.

Malaikat Jibril menampakkan diri dan melalui hentakan kaki Ismail serta merta memancarkan air dari bumi. Siti Hajar membendung air itu karena melimpah-limpah serta berkata zam…zam…zam yang maksudnya berkumpul-berkumpul. Air inilah yang kemudian terkenal dengan nama “Sumur Zamzam” yang diriwayatkan oleh At Thabarani dalam kitab “Al Mu’jamul Kabir” dari oleh Ibnu Abbas RA bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, tentang air zamzam yang artinya:

“Sebaik-baiknya air di permukaan bumi ialah air zamzam, padanya terdapat makanan yang menyegarkan dan padanya terdapat penawar bagi penyakit”.

Bismillahirrahmanirrahim:

“Ya Allah, aku mohon kepada-Mu ilmu pengetahuan yang bermanfaat, rezeki yang luas dan sembuh dari segala penyakit”.

Setelah beberapa hari Siti Hajar dan anaknya tinggal didekat mata air itu, datanglah kepada dua orang dari suku Jurhum yang mewakili bangsanya untuk berkenalan sekaligus minta izin untuk memanfaatkan air itu dan kalau boleh akan tinggal disekitarnya.

Maka Siti Hajar dengan senang hati menerima mereka dan akhirnya menjadi sekumpulan masyarakat baru disekitar mata air zamzam dan seterusnya menjadi sebuah kota yang amat ramai. Dalam sejarahnya zamzam ini sudah berkali-kali digali, baik karena tertimbun maupun karena perbaikan, antara lain yang dilakukan oleh Abdul Muthalib, kakek Rasulullah pada zaman jahiliah (sebelum Islam) dan yang terakhir adalah yang dilakukan oleh Pemerintah Arab Saudi pada awal tahun 1980 M.

SERBA SERBI ZAMZAM. Karena kehadirannya tidak terlepas dari keajaiban yang dipertontonkan oleh Allah SWT sebagai mukjizat kepada umat manusia melalui Nabi Ismail AS bersama ibunya Siti Hajar, maka sangat banyak keistimewaan air sumur zamzam ini. Dilihat dari fungsinya jelas bahwa Allah memang bermaksud menyediakan sumber air ditengah-tengah gunung batu dan padang pasir yang gersang, sebagai konsekuensi dari perintahnya melalui Nabi Ibrahim AS untuk mengundang sebanyak-banyaknya umat manusia datang ke Baitullah.

==================================================

Informasi Paket Umroh Murah 2018 Mulai Rp19,9 Juta

Hubungi: H SUDJONO AF – 081388097656

==================================================

KEISTIMEWAAN ZAMZAM.

Berikut ini beberapa keistimewaan air zamzam:

  1. Meminum air zamzam menjadi salah satu amalan ibadah, yaitu paling tidak dengan niat mengikuti anjuran Rasulullah.
  2. Diriwayatkan oleh Abdullah Ibnu Abbas: Aku pernah menyiapkan air zamzam untuk Rasulullah, kemudian Beliau meminumnya sambil berdiri.
  3. Makruh hukumnya apabila digunakan mencuci najis atau dipakai untuk membersihkan hadas besar.
  4. Disunnahkan jamaah haji dan jamaah umrah membawanya pulang ke negerinya. Rasulullah adalah orang yang pertama yang membawa keluar atau membawa pulang air zamzam yaitu ketika Beliau kembali ke Madinah selesai menunaikan ibadah haji.
  5. Mata airnya tidak pernah kering walaupun berjuta manusia meminumnya setiap hari terutama pada musim haji. Bahkan sekarang dengan peralatan canggih, orang-orang di masjid Nabawi dapat minum zamzam setiap saat.
  6. Pada waktu Rasulullah akan melakukan sa’i, Beliau minum air zamzam sampai kenyang kemudian menyiram kepalanya dengan air itu.
  7. Banyak orang mengguyur atau membasahi kain ihram, kemudian direntang tanpa diperas agar kering sendiri dan katanya akan dipakai “kafan” kalau meninggal nanti.

 

KEUTAMAAN ZAMZAM.

Dari segi keutamannya, sebagian ulama telah mengumpulkan berbagai fadilah dan keutamaan zamzam, antara lain adalah sebagai berikut:

  1. AIR SURGA, (maa’ul-jannah), artinya air yang penuh berkah dan manfaat, seperti air surga.
  2. NIKMAT ALLAH, salah satu nikmat Allah bagi para jamaah haji yang langsung bisa merasakan nikmatnya air ditengah-tengah padang pasir.
  3. PENCUCI KALBU. Air pencuci kalbu Nabi Muhammad SAW ketika Jibril membasuh hati Muhammad dengan air zamzam.
  4. PENUH BERKAH. Karena Rasulullah SAW senang meminumnya dan tangannya yang penuh berkah pernah dicelupkan ke air zamzam.
  5. MENGENYANGKAN. Air yang mengenyangkan dan menghilangkan dahaga “Air zamzam membuat rasa kenyang dan menghilangkan haus”.
  6. OBAT PENYAKIT. Air penyembuh penyakit baik, menyembuhkan penyakit jiwa atau batin maupun penyakit jasmani. Rasulullah SAW menyebutnya mengobati penyakit. Banyak kisah dan riwayat tentang hal ini, sebagai bukti kebenaran dan hadis diatas.
  7. ABADI. Tidak kering hingga hari kiamat, karena ia menjadi bukti keagungan dan kebenaran Allah.

 

UNSUR KIMIA AIR ZAMZAM

UNSUR KIMIA ZAMZAM Mg/1 AIR MINERAL
Klorida (CL) 159,75 30
Sulfat (SO24) 140 27
Nitrat (N)3) 15
Nitrit (NO2) 0,045
Bikarbonat (HCO3) 398,22 32
Fluor (F) 0,7
Besi (Fe1+) Tidak terdeteksi 0
Mangan (Mn) 0,014
Natrium (Na+) 318,0 20
Kalium (K+) 182,2 30
Kalsium (Ca2+) 158,58 20
Zat Padat Terlarut (TDS) 858 170
Magnesium (Mg2+) 6,86 5
Zat Organik 2,79
Jumlah Micro Organisme (TPK) 38 kolono/ml
PH 7,30 7,2

 

25 NAMA SUMUR ZAMZAM

  1. Hazmatu Jibril (Galian Malaikat).
  2. Saqyallah Ismail (Minuman Ismail dari Allah).
  3. Baraqah (Berkah).
  4. Sayyidah (Yang Dimuliakan).
  5. Nafi’ah (Yang Bermanfaat).
  6. Madhnunah (Yang Dipertahankan).
  7. Shafiah (Jernih).
  8. Barrah (Banyak Kebajikan).
  9. Afiyah (Selamat atau Sehat).
  10. Mughziyah (Pemberi Makan).
  11. Thahirah (Suci).
  12. Haramiyyah (Sumur Suci).
  13. Mu’nisah (Yang Menentramkan).
  14. Tha’am Tha’m (Makanan Lezat).
  15. Syifa Saqm (Penyembuh Penyakit).
  16. Sabiqah (Sumur kuno).
  17. Zhabyah (Kijang).
  18. Taktum (Rahasia).
  19. Syuba’ah (Pengenyang).
  20. Ishal (Penyambung).
  21. Syarabul Abrar (Minuman Orang Saleh).
  22. Qaryatun Naml (Sarang Semut).
  23. Hazmatu Ismail (Galian Ismail).
  24. Hafiratul Abbas (Liang Galian Abbas).
  25. Nuqratul Ghurab (Pastukan Burung Gagak).

bentuk sumur zam zam, manfaat air zamzam, jual air zam zam, keajaiban air zam zam, sumur zam zam tempo dulu, air zamzam tidak mengalir satu tetespun, air zam zam kering, sejarah air zam zam

Konsultasi Haji Tentang  Air Zam Zam

Air Zamzam

Tanya:

Air zam zam. Ustad, ada yang bercerita ketika pengalaman berhaji dia tidak mau minum karena takut beser padahal cuaca terik sekali. Tapi, kawan saya menganjurkan untuk minum air zamzam karena pertama mengenyangkan dan kedua tidak membuat membuang air terus-menerus, benarkah?                                    Winny, Surabaya

Jawab Tentang Air Zam Zam:

Alhamdulillah, sebelumnya saya sampaikan salam yang terbaik. Salam salam para malaikat salam kepada para penghuni surgsa, assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.

Sebagai mukzizat, air zamzam memang mempunyai khasiat yang sangat banyak dibandingkan dengan air biasa. Salah satunya adalah mengenyangkan. Karena itu air zamzam dijuluki jua syaba’ah atau air yang mengenyangkan.

Hadits Raasulullah seputar Air Zam Zam

Dalam sebuyah hadis Rasul SAW menyatakan, “Sesungguhnya air zamzam adalah air yang diberkahi, air tersebut adalah makanan yang mengenyangkan.”(HR Muslim)

Hadis  tersebut menjelaskan bahwasanya air zamzam bukan hanya menghilangkan dahaga tetapi juga rasa lapar. Ini menjawab pertanyaan-pertanyaan ketika Nabi Ismail AS menangis lapar dan Siti Hajar berlari kebukit Shafa dan Marwah mencari pertolongan , namun tiada seorangpun. Lalu Allah SWT  memberikan pertolongan dengan mengeluarkan air zamzam.

Akhirnya, mereka berdua meminum air zamzam, tetapi apa yang dimakan? Karena, saat itu tidak ada makanan sama sekali. Dan berikut hadis tersebut, kita semua tahu bahwa air zamzam juga adalah air yang mengenyangkan.

Dalam kesempatan lain Rasul SAW pun bersabda ,” Air zamzam sesuai keinginan meminumnya.” (HR Ibnu Majah). Maksudnya doa apa saja yang diucapkan ketika meminumnya adalah doa yang mustajab. Mungkin faktor inilah yang menyebabkan yang meminumnya takut buang air kecil maka Allah mengabulkannya. Namun, sementara afwan saya tidak tahu kajian secara ilmiahnya mungkin bisa menginspirasi dunia ilmiah untuk menelitinya.

Karena itu, bacalah doa apapun yang diinginkan sebelum meminum air zamzam atau baca doa, “Allahumma inni as-aluka ‘ilman naafi’an, wa rizqon  waasi’an wa syifa-an min kulli daa-in.” (Ya Allah, kami memohon Kepada-Mu, ilmu yang bermanfaat, rezeki yang berlimpah, dan kesembuhan dari setiap penyakit).

Tidaklah lebih baik dari yang berbicara ataupun yang mendengarkan karena yang lebih baik di sisi Allah adalah yang mengamalkannya.

Wassalamualaikum wr wb.

Oleh Ustad Erick Yusuf

Pemrakarsa Training iHAQi

(Integrated Human Quotient)

Similar Posts:

By |2018-02-16T13:15:29+00:00September 11th, 2014|Uncategorized|

3 Comments

  1. […] 3 kali sehari, Umroh kedua dari miqot berbeda dan Air Zam Zam 5 […]

  2. […] 3 kali sehari, Umroh kedua dari miqot berbeda dan Air Zam Zam 5 […]

  3. […] 3 kali sehari, Umroh kedua dari miqot berbeda dan Air Zam Zam 5 […]

Leave A Comment