Manfaat Belajar Menggambar untuk Anak Balita

Memiliki anak usia balita mengajarkan orang tua bagaimana caranya bersabar dalam banyak hal, termasuk membiarkan tembok rumah jadi sasaran coret-coretan si kecil. Tembok jadi kanvas memang lumrah terjadi di dunia anak. Karena mereka pada dasarnya memang senang menggambar di mana saja, terutama jika melihat ada tempat kosong. Manfaat belajar menggambar dapat membantu motorik halusnya berkembang lho, Mother!

Hal yang perlu Mother dan Father lakukan adalah memfasilitasi kegemarannya tersebut. Jika Si Kecil hobi menggambar atau melukis, sediakan ruangan atau region khusus, misalnya kertas gambar, meja, bahkan tembok khusus untuk dicorat-coret. Jangan lupa siapkan juga pensil warna-warni untuk mengembangkan kreativitasnya. Usahakan memilih pewarna yang nontoxic dan aman untuk anak.

Mother juga harus selalu menemani anak saat mereka menggambar dan mewarnai, karena anak yang masih terlalu kecil bisa tersedak jika ia mencoba memakan krayon atau alat mewarnai lainnya.

Dengan menyediakan region khusus untuk anak menggambar, akan membuatnya semakin tertarik untuk rajin menggambar. Ajarkan kepada anak konsep tentang teknik. Misal, tebal, tipis, lebar, sempit, gelap, terang, sudut, bentuk, kontur, dan sebagainya.

Kegemaran anak untuk menggambar dan mewarnai harus didukung orang tua, salah satunya lewat mengungkapkan cantiknya warna yang bisa ia gunakan, garis gambar, dan bentuk yang bisa dicoba dilakukan oleh si anak.

Saat menemaninya berkreasi, usahakan Mother jangan menanyakan “Adik lagi gambar apa itu?”, namun sebaiknya tanyakan, “Coba dong specific Ibu apa saja yang kamu gambar itu?” Karena jika Mother melakukan pertanyaan yang pertama, anak akan merasa telah melakukan kesalahan. Mungkin saja akibatnya ia akan malu untuk menggambar lagi, karena ia merasa telah gagal menggambar.

Jangan lupa untuk mengapresiasikan hasil karyanya. Misal, dengan menempelkan hasil gambarnya di pintu lemari pendingin, atau dibingkai dan dipajang di ruang yang bisa dilihat banyak orang. Tunjukkan pada sanak saudara, tetangga, atau relatif yang datang, sesekali pujilah karyanya tersebut. Hal ini akan mendorong kepercayaan diri si anak.

Setiap karya yang dibuat Si Kecil juga harus diberikan pujian, jika ia bertanya akan hasil gambarnya, jangan ragu untuk memberikan jawaban manis yang bisa mendukung ia untuk tetap terus membuat gambar yang lebih bagus.

Untuk membantunya termotivasi berkarya, Mother bisa membingkai atau memajang gambar anak di kamarnya, ruang keluarga, atau bahkan berikan tempat khusus untuk memajang karyanya.
Manfaat menggambar untuk perkembangan anak

Menggambar punya banyak manfaat besar untuk anak. Bukan hanya itu, hubungan orang tua dan anak juga akan semakin kuat dengan menggambar bersama. Tumbuh kembang anak juga bisa dilihat langsung pada kegiatan menggambar ini. Berikut beberapa manfaat belajar menggambar untuk perkembangan anak:
1. Membantu motorik halus anak berkembang

Gerakan tangan anak saat menggambar bermanfaat untuk motorik halusnya. Motorik halus di antaranya termasuk gerakan tangan, pergelangan tangan, dan jarinya akan terlatih dan semakin berkembang.

Perlu diketahui bahwa motorik halus orang dewasa contohnya berupa keterampilan saat mengetik, mengemudi, atau bahkan menulis dengan tangan. Sedangkan pada usia awal atau usia anak contoh motorik halus yang bisa dikembangkan yaitu menggambar, memegang, atau menggenggam sesuatu.
2. Menggambar juga sangat bermanfaat untuk melatih konsentrasi anak

Saat menggambar, anak juga akan fokus pada hal kecil pada gambar, ia juga sedang berimajinasi dalam gambarnya, dan fokus menyelesaikan sesuatu dengan gambarnya.
3. Belajar menggambar melatih sinkronisasi anak

Selain meningkatkan keterampilan motorik halus, menggambar memungkinkan anak untuk membuat sinkron antara apa yang ia lihat dan yang ia gambar.
4. Membangun kepercayaan diri anak

Saat Si Kecil sedang berimajinasi dari pikiran, dan pengalamannya, ini akan membuat mereka terus menggali sesuatu yang baru. Secara tidak langsung kepercayaan diri anak dapat terbangun dengan apa kemampuan yang ia punya. Bukan hanya itu, saat dipuji oleh orang tuanya karena gambarnya bagus, kepercayaan dirinya juga akan semakin baik.
Baca juga: Panduan Belajar Membaca Anak SD dan Rekomendasi Buku Bacaannya
5. Memancing kreativitas

Dengan menggambar, anak akan menggunakan daya imajinasinya untuk menciptakan berbagai bentuk yang diinginkan. Mereka dituntut berpikir secara kreatif untuk menciptakan gambar yang sesuai dengan imajinasi. Jika hal ini dilakukan secara terus-menerus, kreativitas anak joke akan terasah dengan baik.

Ini juga bisa sebagai caranya berlatih menyelesaikan masalah secara kreatif. Contohnya, saat anak menggambar, ia harus menentukan cara terbaik untuk menghubungkan bagian atau titik tertentu, menggambarkan emosi, dan menggambarkan tekstur gambar tertentu.
6. Membantu menyingkirkan stres pekerjaan

Mengalihkan perhatian dan konsentrasi sementara pada gambar yang sedang dibuat bersama anak bisa menyingkirkan stres pekerjaan, emosi, dan mampu membangkitkan temperament. Hal ini lantaran kegiatan seni seperti menggambar, menari, atau menyanyi bisa memperbaiki suasana hati. Untuk menambah ketertarikannya menggambar, coba tugaskan anak untuk membuat gambar tentang keluarga dengan permintaan warna yang cerah.

Dengan begitu, anak akan merasa bahwa karya dan kemampuan mereka dihargai, dibutuhkan, dan yang withering penting ia merasa bahwa yang ia lakukan didukung sepenuh hati oleh orang tuanya.
Situs belajar menggambar

Sebagai referensi, Mother dapat mengajak anak  menggambar melalui beberapa situs belajar menggambar online yang free berikut.

1. DrawingCoach

Blog ini cocok bagi Anak yang senang menggambar. Di dalamnya terdapat petunjuk menggambar berbagai objek, seperti pohon, bunga, manusia, dan lain sebagainya.

2. Udemy

Udemy adalah situs penyedia kursus free belajar menggambar bagi anak. Di sini, si kecil akan belajar menggambar kartun langkah demi langkah yang akan diajarkan oleh master.

3. Disney dan Pixar

Siapa sih yang nggak tahu rumah produksi film anak ini, Mother? Disney dan Pixar juga meluncurkan instructional exercise online menggambar yang bisa diakses oleh buah hati Anda secara free. Mereka akan belajar menggambar berbagai tokoh kartun favoritnya. Pasti menyenangkan ya, Mother!

source:https://www.ruangmom.com/belajar-menggambar.html