Paket Program Umrah Ramadhan

Paket Program Umrah. Untuk memberikan pilihan kepada calon jemaah, sebuah perusahaan travel haji dan umrah sebainya membuat paket-paket perjalanan. Dasar pembuatan paket ini bermacam-macam, Misalnya ada paket yang didasarkan pada bulan keberangkatan, seperti paket ramadhan dan paket non-Ramadhan, ada paket yang didasarkan pada kualitas hotel tempat mereka menginap, seperti paket hotel bintang , paket umrah hotel bintang 4, dan paket umrah hotel bintang 5, dan ada juga yang didasarkan pada lamanya perjalanan, misalnya paket 9 hari, paket 12 hari, paket 15 hari, paket 17 hari, dan paket 1 bulan.

Intinya, paket yang ditawarkan sangat bervariasi. Namun paket yang paling banyak di buat perusahaan travel di Indonesia adalah paket umrah 9 hari. Salah satu alasan dibuatnya paket 9 hari ini adalah untuk mengakomodir jatah cuti karyawan /karyawati yang bekerja di kantor.

Penetapan Harga Paket Program Umrah

Dalam menentukan harga pakaet, ada beberapa komponen yang harus di perhatikan. Karena paket umrah yang banyak ditawarkan adalah paket 9 hari, kita jadikan paket tersebut sebagi contoh.  Komponen pertama yang harus kita pertimbangkan dalam menentukan harga paket adalah harga tiket pesawat dari Jakarta ke Jeddah pulang pergi, termasuk airport tax, baik di Jakarta maupun di Jeddah. Komponen kedua adalah biyaya pembuatan dokumen perjalanan, misalnya visa umrah dari kedutaan BeSAR Arab Saudi. Komponen ketiga adlah biyaya hidup (living cost) jemaah meliputi niyaya penginapan, akomodasi, dan transportasi selama di Tanah Haram (Mekah dan Madinah) serta di Jeddah. Komponen keempat adalah perlengkapan jemaah yang meliputi pakain ihram, seragam, buku petunjuk, ID card, dan perlengkapan lainnya. Dan, komponen kelima adalah biyaya untuk petugas, yaitu pendamping atau ketua rombongan.

Untuk komponen pertama, di tahun 2014 harga tiket kelas ekonomi Jakarta-Jeddah pulang-pergi berkisar antara US$1.150 dan US$.1.250. Bahkan, ada beberapa maskapai penerbangan yang harga tiketnya mencapai US$1.400 per orang. Untuk airport atau pajak bandara luar negri melalui Jakarta dikenakan biyaya sebesar Rp150 ribu. Pembuatan visa umrah berkisar mulai dari US$100 hingga US$150 pada situasi normal. Bila permohonan visa sedang ramai, harga visa umrah bisa merangkak naik menjadi US$ 200 bahkan hingga US$300/

Biyaya untuk menginap di hotel bintang 3 selama 7 hari berkisar antara US$350 dan US$450. Rinciannya, 3 hari di Madinah dan 4 hari di Mekah. Bagaimana dengan yang dua hari lagi? Dua hari itu untuk perjalanan dalam pesawat ketika pergi dari Jakarta dan pulang dari Jeddah. Kalau mrnggunakan hotel bintang 4, Biyaya berkisar antara US$450 dan US$600. Untuk hotel bintang 5, biyayanya berkisar antara US4750 dan US$900.

Untuk pembuatan perlengkapan umrah yang meliputi tas besar, tas kecil, pakaian ihram untuk laki-laki, mukena untuk perempuan, buku doa, kain seragam, baju seragam, dan lainnya dibutuhkan biyaya sekitar Rp500 ribu hingga 750 ribu per orang.

Biyaya untuk petugas atau ketua rombongan travel sangat bervariasai, bergantung dari jumlah jemaah yang mereka bombing. Umumnya, biyayanya berkisar antara US$75 dan US$100 per jemaah. Satu rombongan jemaah biasanya berjumlah 20hingga 30 orang. Jika harga paket umrah sekitar US$2.000, berarti kalau ada 20 jemaah, biaya petugasnya ditanggung oleh 20 orang tersebut. Perhitungannya 20 x US$100. Kalau jemaahnya berjumlah 30 orang, biayanya sekitar 30 x US$75. Biaya petugas kita hitung berdasarkan biaya paket dari Jakarta.

Untuk jemaah yang berasal dari daerah lain di luar Jakarta mereka akan dikenakan biaya tambahan berupa harga tiket domestic bus atau pesawat dari daerah bersangkutan ke Jakarta serta biaya airport tax-nya yang rata-rata Rp40 ribu per keberangkatan. Jadi, airport tax untuk perjalanan pulang pergi berjumlah Rp80 ribu. Jangan lupa tambahkan pula biaya lain-lain, seperti makanan selama perjalanan dan biaya operasional.

Perhitungan diatas baru perhitungan biaya paket dasar, belum termasuk biaya tak terduga dan keuntungan yang diharapkan dari paket tersebut. Untuk mendapatkan keuntungan, tambahkan paket dasar dengan biaya tak terduga dan besaran keuntungan yang diharapkan. Misalnya, biaya tak terduga kita asumsikan antara US$50 dan US$100 per jemaah dan keuntungan yang diharapkan berkisar antara 10-15%. Maka, untuk menawarkan paket ini, kita hanya perlu menjumlahkan semua komponen tersebut. Besarnya keuntungan biasanya bergantung pada ketat tidaknya kompetisi di antara perusahaan-perusahaan travel yang ada. Oleh karena itu, pandai-pandailah menwarkan paket dengan harga yang kompetitif. Dalam hal ini, yang amat berperan tentunya kualitas pelayanan.

Paket Program Umroh Ramadhan

 

 

 

Contoh perhitungan pembuatan paket umrah dengan asumsi jumlah jemaah sekitar 25 orang.

Harga dalam US$:

No.

Uraian

Keterangan

Harga Satuan (US$)

1 Tiket Jakarta-Jeddah Saudi Arlines 1.200
2 Visa Umrah Kedubes Saudi 100
3 LA (Land Arrangement) Jeddah to Jeddah Hotel Bintang 4 470
4 Petugas Travel/Ustaz Ketua Rombongan 80
5 Biyaya Tak Terduga Travel 50
Harga Paket Dasar 1.900

 

Harga Tambahan dalam Rupiah

No. Uraian Keterangan Harga Satuan (Rp)
1 Airpot Tax Luar Negri Bandara 150.000
2 Perlengkapan Umrah Tas, ihram, dll. 600.000
3 Handling Airpot Bandara 150.000
Tambahan Rupiah 900.000

 

Dari harga paket dasar, tambahkan keuntungan yang diharapkan sekitar 10-15%. Mengingat tidak stabil dan naik turunnya kurs rupiah terhadap US dolar, sebaiknya gunakan harga paket dlam mata uang US dolar.

Penanganan Masalah

Tak berbeda dengan bisnis lainnya, dalam menjalankan usaha travel haji dan umrah kita tentu selalu mengharapkan kelancaran dalam setiap kegiatan yang kita lakukan. Namun, yang namanya hambatan bisa muncul setiap saat. Nah, supaya anda yang baru menjalankan usaha ini tidak terkaget-kaget ketika masalah datang, sejak awal Anda sudah harus mengenali hambatan-hambatan apa saja yang sering muncul. Dengan demikian, jika nanti masalah itu datang, Anda sudah siap dengan solusinya. Hal ini akan dibahas lebih detail pada bab berikutnya.Paket Program Umrah

Similar Posts:

By |2017-12-31T13:53:31+00:00May 19th, 2015|Uncategorized|

Leave A Comment