Persiapan Calon Jamaah Haji dan Umroh di Tanah Air

Persiapan Calon Jamaah Haji dan Umroh di Tanah Air
Persiapan Calon Jamaah Haji dan Umroh di Tanah Air

Persiapan jamaah haji dan umroh. Pada dasarnya, melaksanakan Ibadah Haji adalah kewajiban seluruh umat Islam (bagi yang mampu). Begitu ada tanda-tanda panggilan untuk menunaikan Ibadah Haji bersegeralah, tinggalkan urusan dunia untuk sementara. Hanya saja, karena biaya yang relatif banyak, maka Allah memberikan keringanan: Ibadah Haji diwajibkan hanya “buat orang-orang yang mampu”; baik mampu secara rohani maupun jasmani serta sudah barang tentu mampu ekonomi.

 

Persiapan Calon Jamaah Haji dan Umroh
Persiapan Calon Jamaah Haji dan Umroh

Sebagaimana firman Allah, Surat Ali Imran Ayat 97.

Artinya: Di Baitullah ini terdapat bukti-bukti sejarah yang meyakinkan, diantaranya tempat peribadatan Ibrahim, dan barangsiapa yang masuk kesana, ia aman.

Menunaikan Ibadah Haji, berarti melaksanakan Rukun Islam Kelima yang merupakan cita-cita semua orang beriman. Bagi yang beruntung mendapat kesempatan menunaikan Ibadah Haji, manfaatkanlah peluang itu sebaik-baiknya karena tidak semua orang dapat meraihnya. Dan lebih dari itu, hendaklah ia sudah menjalankan dan mengamalkan rukun-rukun Islam yang lainnya, yaitu Syahadat, Shalat, Puasa, dan Zakat. Bukan sekedar telah melaksanakannya, tetapi sedapat mungkin telah melakukan dan mengamalkannya dengan baik dan benar.

Rasulullah telah mengingatkan tentang kemungkinan itu dalam salah satu Hadis Beliau yang diriwayatkan oleh banyak perawi dan dari.

Artinya: “Bagi siapa yang ingin berhaji, hendaklah disegerakannya, karena kemungkinan tertunda karena jatuh sakit, hilang kendaraan atau kebentur hajat lainnya”.

Jadikanlah perjalanan Haji ini sebagai perjalanan rohani yang berharga, penuh ampunan dan rahmat Allah SWT. Agar perjalanan dan pengalaman spiritual ini mudah dilakukan serta dijauhi-Nya dari kesulitan dan rintangan, diperlukan persiapan yang matang dan cermat. Bacalah entri Persiapan Jasmani dan Persiapan Rohani berikut ini secara cermat.

========================================================================

Informasi Paket Umroh Murah dan Haji Plus

Hubungi: H SUDJONO AF – 081388097656 WA

=======================================================================

Persiapan Jasmani Para Calon Jamaah Haji dan Umroh

Mengingat Banyak Kegiatan pisik selama Ibadah Haji dan Umroh maka Jamaah Haji dan Umroh harus mempersiapan jasamani dengan prima
Mengingat Banyak Kegiatan pisik selama Ibadah Haji dan Umroh maka Jamaah Haji dan Umroh harus mempersiapan jasamani dengan prima

Perjalanan Haji disamping membutuhkan kesiapan mental atau spiritual, akan lebih membutuhkan persiapan fisik yang prima karena Ibadah ini merupakan perpaduan rangkaian Ibadah dan yang prima. Maka siapkanlah fisik sesehat-sehatnya agar tahan terhadap kondisi alam yang sangat berbeda dengan di tanah air agar mempermudah dan memperlancar Ibadah Haji.

Pada musim panas, temperatur di Saudi Arabia bisa mencapai 50ºC, panasnya sangat menyengat mengakibatkan banyak jamaah meninggal dunia karena, yaitu penyakit yang timbul karena kekurangan cairan tubuh. Sedangkan pada musim dingin, temperatur bisa turun sampai 10ºC, disertai angin kencang yang dingin menusuk tulang.

Sementara itu Tanah Suci akan semakin padat di setiap musim Haji karena jumlah orang yang menunaikan Ibadah Haji dari seluruh penjuru dunia meningkat setiap tahun, sedangkan tempatnya terbatas. Dan karena rangkaian Ibadah Haji sendiri banyak yang harus dilakukan secara badaniah, maka ketangguhan fisik agar lebih tahan dan tegar, baik terhadap penyakit, maupun serangan udara, sangat diperlukan. Kegiatan Ibadah Haji yang dilakukan secara fisik adalah Tawaf, Sa’i, dan Melontar yang harus dikerjakan dengan berjalan kaki.

Begitu juga untuk pergi ke Masjid, ke pasar dan lain-lain biasanya dilakukan dengan berjalan kaki. Karena itu fisik perlu dipersiapkan agar tetap sehat, kuat dan selalu dalam kondisi prima.

Persiapan Jasmani Calon Jamaah Haji dan Umroh Agar Tubuh Sehat, antara lain dengan:

  • General Check-Up
  • Senam  & Aerobik
  • Berjalan Di Panas Matahari
  • Konsultasi Khusus
Persiapan Jasmani bagi calon jamaah haji dan umroh agar badan sehat
Persiapan Jasmani bagi calon jamaah haji dan umroh agar badan sehat

GENERAL CHECK-UP.

Untuk mengetahui kondisi fisik sebaiknya dilakukan pemeriksaan kesehatan menyeluruh atau General Check-Up. Artinya seluruh fungsi dan organ tubuh diperiksa melalui media: tinja, urine, darah, dan rontgen. Dengan cara itu kondisi kesehatan kita akan diketahui lebih jelas dan lengkap. Begitu juga penyakit yang mungkin ada tapi tidak dirasakan, akan segera diketahui sehingga dokter bisa mengambil tindakan preventif lebih dini.

SENAM  & AEROBIK.

Untuk mencapai kondisi yang sehat dan bugar, lakukanlah olahraga secara teratur. Aerobik, yaitu latihan lari atau senam, sesuai dengan kondisi kesehatan dan usia calon jamaah, diperlukan untuk menjaga kesehatan jantung. Jantung sehat dan tubuh bugar diperlukan untuk melakukan Tawaf, Sa’i, dan Melontar Jumrah, karena ketiga prosesi haji itu dilakukan dengan extra kuat. Minta nasehat dokter tentang porsi latihan yang sesuai dengan kondisi tubuh dan usia anda.

BERJALAN DI PANAS MATAHARI.

Latihan dan membiasakan berjalan di tanahan dan dalam tengah terik panas matahari. Panas di daerah tropis sebenarnya belum seberapa dibandingkan dengan panas yang akan dialami di Saudi Arabia, tetapi latihan seperti ini cukup kondusif untuk membuat fisik calon jamaah terbiasa dengan panas matahari.

KONSULTASI KHUSUS.

Minta nasehat khusus pada dokter, bila anda menderita penyakit tertentu. Tentang apa yang boleh dan tidak boleh anda lakukan. Begitu juga mengenai obat-obatan yang perlu dipersiapkan. Perlakuan khusus akan diberikan kepada penderita penyakit tertentu seperti sakit jantung dan sakit asma. Dokter akan membubuhi stempel khusus, misalnya “RT” (Risiko Tinggi) pada Buku Kesehatan anda. Jadi jamaah “asma” dan “jantung” tidak perlu khawatir karena pelayanan kesehatan akan diperhatikan.

Similar Posts:

Artikel Sedang Trending
Haji Qiran banyak dipilih oleh jamaah yang waktunya terbatas. Mereka umumnya tiba di Mekkah mendekati
Persiapan Rohani Bagi Calon Jamaah Haji dan Umroh.  Jamaah perlu secara sadar untuk berniat melakukan