Rahmat Allah Bagi Kita Yang Melihat Ka’bah

Inilah Rahmat Allah bagi kita yang melihat Ka’bah dan berdzikir di Baitullah. Semua ini masih ditambah lagi dengan praktik kesehariannya yang menghadapkan jiwa dan raganya ke arah Baitullah lima kali sehari saat shalat wajib, disamping shalat-shalat sunnah pada siang dan malam hari. Semua itu dilakukan hanya dengan mengimani keberadaan Ka’bah, kemudian membayangkan bahwa simbol ketauhidan tersebut benar-benar ada dihadapannya dan didekatnya

Rahmat Allah bagi kita yangselalau rindu melihat Ka'bah
Rahmat Allah bagi kita yangselalau rindu melihat Ka’bah

Bayangkanlah jika kemudian seseorang benar-benar melihat simbol ketauhidan itu di depan mata kepalanya sendiri, berada di dekatnya dan dihadapannya. Dia dan para jamaah haji lainnya mengelilinginya dengan segenap jiwa dan raga, kemudian mengusapnya dengan perasaan rindu dan cinta.

Mereka semua larut ke dalam perasaan dan air  mata yang terus saja mengucur deras. Mereka bertawaf mengelilingi Ka’bah sambil berdoa kepada Tuhan pemiliknya yang Mahamulia dengan sepenuh hati. Satu putaran, dua putaran, tiga putaran, dan seterusnya. Mereka semua membaur menjadi satu meresapi makna kedekatan dan keterikatan mereka dengan Allah Swt. Bagaimana tidak, Allah Swt telah meletakkan Ka’bah di bumi sebagai menara hidayah dan berkah bagi hamba-hamba-Nya semenjak Nabi Adam tinggal di bumi hingga keturunannya.

READ :  Inilah 4 Mazhab Dalam Menetapkan Hukum Ibadah Umroh Haji

Benar apa yang telah difirmankan oleh Allah Swt ketika menjelaskan nikmat agung ini kepada kita. Sesungguhnya rumah ibadah pertama yang dibangun untuk manusia ialah Baitullah yang di Bakkah (Makkah) yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi seluruh alam (Al-Imran [3]: 96).

Perasaan dekat dengan Ka’bah dan pemberian kesempatan kepada setiap muslim untuk mendekatinya-agar mereka bisa melihat Ka’bah dan Ka’bah bisa dilihat, agar mereka bisa mempererat persaudaraan melalui Ka’bah dan Ka’bah bisa merasakan persaudaraan keimanan mereka, agar keberkahan Ka’bah bisa bertambah dan bisa menular kepada diri mereka, agar mereka bisa meraih pahalanya dari berbagai sumber hidayah dan kebaikan dengan segenap jiwa, raga, hati, akal, perasaan, dan hati nuraninya, sehingga mereka membawa akhlak yang baru saat pulang kembali ke negeri mereka masing-masing-telah diisyaratkan oleh Rasulullah saw melalui sabdanya, “Barangsiapa mengerjakan ibadah haji, kemudian dia tidak berkata kotor dan tidak berbuat fasik, dia akan kembali pulang dalam keadaan seperti bayi yang baru dilahirkan oleh ibunya.”

Sebelum menunaikan haji, ia merasakan perasaan keislaman yang hanya bersifat lokal. Tapi, setelahnya, ia merasakan perasaan keislaman yang global dan mendunia. Sebelumnya, ia hanya merasakan kesendiriannya di satu kelompok, kota, atau negara. Tapi, setelahnya, ia merasakan bahwa dirinya telah tergabung dengan sesuatu yang lebih besar dan lebih membahagiakan. Bagaimana tidak, ia telah membaur menjadi satu dengan ratusan juta orang yang seiman dan seakidah. Mereka menjadi bagian integral dari umat yang mahabesar yang membaur menjadi satu dalam suka dan duka. Mereka menjadi individu-individu di dalam sebuah keluarga universal. Mereka telah mendengar dan melihat sendiri lautan umat Islam yang bersama-sama melakukan tawaf, sa’i, shalat, wukuf di Arafah dan ditempat-tempat mustajab lainnya. Tidak ada satu pun diantara mereka yang berdoa kepada Tuhan kecuali mengikutsertakan saudara-saudara muslimnya di segala penjuru dunia, baik yang pernah dia lihat maupun tidak. Ia mendoakan mereka semua sebagaimana dia mendoakan dirinya sendiri, baik yang dikenal maupun tidak. Ia berdoa kepada Allah Swt. Tuhan penguasa alam gaib yang telah mempertautkan hati-hati umat Islam melalui berkah dari berkumpulnya mereka semua didalam pelaksanaan ibadah hai.

READ :  Hukum dan Tatacara Memasuki Rumah dan Datang dari Bepergian

Sungguh, ibadah haji merupakan sebuah perjalanan persatuan dan kesatuan umat Islam di seluruh dunia, tentunya bagi orang yang berpikiran jernih dan berhati bening.

==================================================================

INFO PAKET UMROH MURAH JANUARI FEBRUARI MARET

BIAYA MULAI Rp19,5 JUTA ALL IN

H. SUDJONO AF : 081388097656

==================================================================

Similar Posts:

Ayo Bisnis Umroh. Cara Mudah Membangun Bisnis Travel Umroh Murah “Dan mintalah pertolongan (kepada Allah)
Dalam pengertian umum ibadah tawaf adalah mengelilingi Ka’bah sebanyak 7 kali, dimana tiga putaran pertama
Masjid-Masjid Bersejarah di Makkah dan Madinah. Madinah adalah kota masjid. Di setiap sudut madinah terdapat
WhatsApp chat