Rukun haji dan wajib haji. Urutan ibadah yang harus dilakukan secara lengkap yang tercakup didalam “Rukun Haji” dan “Wajib Haji” seperti yang diuraikan dibawah ini merupakan pokok-pokok ibadah haji yang harus dipahami. Ini perlu karena harus dilakukan yang kalau tidak ditinggalkan ibadah hajinya bisa tidak sah atau batal. Memang apabila ada salah satu dari Rukun Haji yang tertinggal, ia tidak bisa diganti dengan cara apapun, meskipun dengan membayar dam atau denda. Berikut ini rincian Rukun Haji dan Wajib Haji.

Rukun Haji Adalah

Yang dimaksud Rukun Haji adalah kegiatan yang harus dilakukan didalam ibadah haji yang jika tidak dikerjakan hajinya tidak syah. Adapun Rukun Haji adalah sbb:

  1. Ihram, yaitu pernyataan mulai mengerjakan ibadah haji atau umrah dengan memakai pakaian ihram disertai niat untuk haji atau umrah di miqat makani.
  2. Wukuf di Arafah, yaitu berdiam diri dan berdoa di Arafah pada tanggal 9 Zulhijjah.
  3. Tawaf Ifadhah, yaitu mengelilingi Ka’bah sebanyak 7 kali, dilakukan sesudah melontar jumrah Aqabah pada  tanggal 10 Zulhijjah.
  4. Sa’i, yaitu berjalan atau berlari-lari kecil antara Shafa dan Marwah sebanyak 7 kali, dilakukan sesudah Tawaf Ifadhah.
  5. Tahallul, yaitu bercukur atau menggunting rambut-rambut sesudah selesai melaksanakan Sa’i.
  6. Tertib, yaitu mengerjakannya sesuai dengan urutan-urutannya, serta tidak ada yang tertinggal.
arofah-haji-umroh-puncak haji-kutbah arofah

arofah-haji-umroh-puncak haji-kutbah arofah

Wajib Haji

Adalah rangkaian kegiatan yang harus dilakukan dalam ibadah haji sebagai pelengkap ibadah rukum haji, yang jika tidak dikerjakan harus membayar dam (denda). Yang termasuk wajib haji adalah:

  1. Niat, ihram untuk haji atau umrah dari miqat makani, dilakukan setelah berpakaian ihram.
  2. Mabit (bermalam) di Muzdalifah pada tanggal 9 Zulhijjah (dalam perjalanan dari Arafah ke Mina).
  3. Melempar Jumrah Aqabah tanggal 10 Zulhijjah.
  4. Mabit di Mina pada hari Tasyrik (11-13 Zulhijjah).
  5. Melontar Jumrah Ula, Wustha, dan Aqabah pada hari Tasyrik (tanggal 11, 12, dan 13 Zulhijjah).
  6. Tawaf Wada, yaitu melakukan tawa perpisahan sebelum meninggalkan kota Mekkah.
  7. Meninggalkan perbuatan yang dilarang waktu ihram.
READ :  Hukum dan Tatacara Memotong Rambut dan Melempar Jumrah Saat Ibadah Haji

Ritual haji boleh tidak dilakukan seperti urutan itu, yaitu urutan yang menyangkut pelemparan jumrah, penyembelihan qurban, tahallul dan tawaf ifadhah. Lembaga penelitian ilmiah, “Fatwa Dakwah dan Penyuluhan Arab Saudi” juga memberikan fatwa tentang adanya kelonggaran bagi jamaah haji dalam urutan ritual.

Karena urutan pelaksanaan ibadah haji tidak mutlak maka urutan tersebut sangat tergantung kepada jenis haji yang dipilih. Sehingga untuk mengetahui berbagai ragam urutan haji dan dalam menetapkan pilihan jenis haji yang cocok buat calon jamaah haji bacalah entri-entri: Ifrad, Qiran atau Tamattu.

Paket Ibadah Haji langsung berangkat tahun ini atau haji plus biaya mulai 10.500$ fasilitas hotel bintang *3. Untuk fasilitasa hotel bintang *5 biaya 12.500$.

READ :  Hukum dan Tatacara Membadalkan Haji Bagi Keluarga yang Sudah Meninggal

Informasi lengkap H. Sudjono AF – 081388097656 WA.

Similar Posts:

Incoming search terms:

  • rukun haji dan wajib haji
  • rukun haji
  • Rukun
  • rukun haji yang tidak dilakukan murah
  • wajib haji dan rukun haji