Tips Persiapan Umroh Sebelum Berangkat

Tips Persiapan Umroh Sebelum Berangkat. Salah satu ibadah yang menjadi cita-cita seluruh umat muslim adalah melaksanakan haji dan umroh. Ibadah tersebut wajib dilaksanakan sekali dalam seumur hidup bagi umat Islam yang mampu. Dan bagi Anda yang hendak melakukan perjalanan umroh, persiapkan dengan matang semua yang perlu disiapkan sebelum berangkat ke tanah suci.

Berikut ini beberapa tips persiapan umroh yang perlu Anda lakukan untuk mempersiapkan ibadah umroh Anda.

Periksa Kesehatan

Kesehatan harus selalu Anda jaga dengan baik ketika menjelang keberangkatan umroh. Apabila Anda menderita suatu penyakit tertentu, konsultasikan mengenai kesehatan Anda dengan rutin dan lakukan semua yang dokter Anda sarankan untuk menghindari kambuhnya penyakit Anda saat di Mekkah. Kurangi aktivitas-aktivitas yang terlalu melelahkan hingga membuat Anda jatuh sakit.

Makan Makanan Bergizi

Sebaiknya bagi Anda yang akan melaksanakan ibadah umroh, makanlah hanya makanan yang bergizi dan hindari makanan yang dapat membuat kesehatan Anda menurun. Bagi Anda yang menderita peradangan usus misalnya, hindari makanan pedas yang menyebabkan penyakit Anda kambuh. Makanlah makanan yang banyak mengandung vitamin C untuk menjaga kekebalan tubuh Anda dari sakit-sakit ringan seperti flu atau pilek.

Olahraga

Saat di tanah suci dan menjalankan ibadah umroh, Anda akan berjalan kaki beberapa puluh kilometer, sehingga ada baiknya Anda membiasakan tubuh Anda dengan berolahraga secara teratur sebelum keberangkatan. Lakukan olahraga ringan seperti berjalan atau berlari-lari kecil di sekitar kompleks rumah atau olahraga lain yang bisa membantu kaki Anda lebih kuat menempuh puluhan kilometer selama umroh.

Persiapkan Pakaian

Tips umroh selanjutnya adalah persiapkan pakaian Anda dengan baik sebelum melakukan ibadah umroh, baik pakaian untuk beribadah maupun pakaian yang akan dikenakan sehari-hari. Cuaca di tanah suci sangat ekstrim. Matahari sangat menyengat di siang hari, namun udara dingin terasa di malam hari. Oleh karena itu antisipasilah dengan pakaian tebal seperti jaket, sarung tangan, penutup kepala, dan kaus kaki untuk membantu mengurangi hawa dingin.

Persiapkan Obat-Obatan

Bagi Anda yang menderita penyakit tertentu, jangan lupa untuk membawa obat-obatan dari dokter selama melakukan ibadah umroh. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum keberangkatan ke tanah suci, dan hindarilah hal-hal yang dapat membuat penyakit Anda kambuh. Jangan sampai ibadah Anda terganggu karena Anda tidak bisa menjaga tubuh Anda dengan baik.

Banyak Minum Air Putih

Banyak-banyaklah minum air putih untuk menghindari Anda dari dehidrasi ketika di tanah suci. Karena cuaca di sana yang sangat panas, air putih baik untuk menjaga tubuh Anda dari kekurangan cairan. Sebaiknya hindari pula minum minuman yang manis karena gula dapat membuat darah Anda semakin kental dan membuat Anda lebih mudah kelelahan.

Bawa Uang Secukupnya

Anda tentu sering mendengar tentang kejahatan yang terjadi selama pelaksanaan ibadah haji maupun umroh. Untuk menghindari Anda menjadi salah satu dari korban kejahatan selama ibadan umroh, sebaiknya bawalah uang secukupnya selama berada di tanah suci Mekkah. Jangan memakai perhiasan berlebih yang dapat mendorong pelaku kejahatan untuk melakukan tindakan kriminal terhadap Anda. Pastikan Anda selalu membawa kunci hotel ketika meninggalkan hotel Anda.

Demikian beberapa tips umroh yang dapat Anda lakukan untuk mempersiapkan keberangkatan ibadah Anda ke tanah suci Mekkah. Memilih travel umroh yang tepat juga merupakan salah satu hal penting bagi Anda yang akan melaksanakan ibadah umroh. Persiapkan dengan matang segala yang dibutuhkan agar ibadah umroh Anda berjalan lancar tanpa hambatan.

Tips Persiapan Umroh Sebelum Berangkat

Similar Posts:

By |2017-03-10T06:52:48+00:00February 7th, 2017|Uncategorized|

Leave A Comment