Umrah dan Silaturahmi

Umrah dan Silaturahmi

Umrah. Dalam salah satu hadis, Nabi mengatakan, “Silaturahmi akan memperbnyak rezeki dan memperpanjang umur.” Bila dihayati kata-kata ini memang amat benar. Dalam konteks bisnis, silaturahmi akan menciptakan jalinan hubungan bisnis. Semakin banyak seorang pebisnis bersilaturahmi, semakin luas jalinan hubungan bisnisnya dan semakin luas pula jaringan bisnisnya.

Dengan silaturahmi yang intens, bisnis bisa berkembang semakin cepat, bahkan bisa berkembang dan merambah ke bidang lain. Bagi pengusaha travel haji dan umrah, silaturahmi misalnya bisa kita lakukan dengan cara mengikuti pengajian-pengajian, forum-forum tertentu, komunitas-komunitas tertentu, dan sejenisnya.

Untuk tahap awal, lenih naik komunitas yang kita ikuti yang seakidah sebab bagaimanapun, bisnis ini berkaitan dengan rukun islam. Namun, jika bisnis, iman, dan fikrah sudah kuat bisa saja kita masuk ke jaringan-jaringan yang tidak seakidah misalnya ke jaringan multilevel marketing dan sebagainya. Dengan demikian di sana diharapkan kita bisa memengaruhi, bukan terpengaruh.

Ada yang bertanya. Apakah silaturahmi seperti ini niatnya ikhlas atau bisnis? Untuk menjawabnya, kita bisa mengambil analogi sedekah. Dalam beberapa hadis dikatakan bahwa untuk mendapatkan rezeki, kita perlu bersedekah. Lalu apakah bersedekah itu niatnya untuk mencari pahala atau untuk mendapatkan rezeki dan pahala. Begitu juga dengan silaturahmi. Jadi, keduanya tidak bisa didikotomikan.Umrah dan Silaturahmi

Similar Posts:

By |2015-05-19T10:37:38+00:00May 19th, 2015|Uncategorized|

Leave A Comment