15+ Manfaat Omega 3 untuk Kesehatan & Tingkatkan Kecerdasan Anak

Manfaat omega 3 dikenal baik untuk kesehatan, terutama kesehatan anak karena kaya akan nutrisi. Asam lemak dalam omega 3 sendiri berperan penting untuk perkembangan dan pertumbuhan anak.

Mother pasti ingin nutrisi terbaik untuk si kecil, bukan? Nah, cari tahu lebih lanjut tentang makanan yang mengandung omega 3 serta aturan minumnya di sini, yuk! Jangan lewatkan juga informasi mengenai manfaat omega 3 bagi tumbuh kembang anak pada artikel berikut ini, ya.
Manfaat omega-3 bagi tubuh

Kandungan nutrisi yang ada dalam omega 3 nyatanya memberikan berbagai manfaat bagi tubuh. Ini dia beberapa di antara manfaat omega 3 bagi tubuh yang perlu Mother ketahui.
1. Meningkatkan kesehatan mata

Manfaat omega 3 yang pertama berkaitan dengan kesehatan mata. Tahukah Anda, mengonsumsi ikan dengan kadar minyak tinggi sebanyak 2 kali dalam seminggu akan mengurangi risiko degenerasi makula.

Degenerasi makula adalah gangguan penglihatan di mana mata menjadi buram. Kondisi ini biasanya dialami oleh orang tua seiring bertambahnya usia dan bisa menjadi penyebab kerusakan mata permanen serta kebutaan.
2. Mencegah penyakit jantung

Kandungan omega-3 dari makanan atau suplemen mampu menurunkan kadar trigliserida dan meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. Sehingga efek ini dapat mencegah terjadinya penyumbatan di pembuluh darah akibat penumpukan kolesterol. Hal tersebut berkaitan dengan manfaat omega 3 yakni mencegah penyakit jantung.
3. Mengurangi gejala sindrom metabolik

Sindrom metabolik adalah sekumpulan gangguan kesehatan yang terjadi secara bersamaan pada tubuh. Gangguan ini biasanya berupa tekanan darah tinggi, kenaikan kadar gula darah, penumpukan lemak di perut, dan kolesterol. Manfaat omega 3 berikutnya adalah dapat menurunkan risiko berbagai gangguan yang terjadi dengan sindrom metabolik tersebut.
4. Mencegah penyakit asma

Asma adalah penyakit pada paru yang disebabkan oleh peradangan dan pembengkakan saluran udara. Dengan mengonsumsi minyak ikan omega 3 secara rutin, maka Anda akan terhindar dari risiko penyakit asma.
5. Menjaga kesehatan tulang dan sendi

Manfaat omega 3 selanjutnya berkaitan dengan menjaga kesehatan tulang dan sendi. Ini dikarenakan omega 3 dapat meningkatkan kepadatan sekaligus mencegah berbagai macam penyakit tulang. Selain itu omega 3 juga memiliki efek against radang yang baik untuk mencegah serta mengatasi nyeri sendi.
6. Melawan penyakit autoimun

Autoimun adalah gangguan yang terjadi pada sistem daya tahan tubuh karena salah mengidentifikasikan sel sehat sebagai sel asing. Kesalahan tersebut mengakibatkan sistem imun menyerang sel sehat. Nah, minyak ikan omega 3 akan berperan dalam membantu Anda menurunkan risiko penyakit ini.
7. Meningkatkan kualitas tidur

Buruknya kualitas tidur sedang menjadi permasalahan yang umum dialami anak hingga orang dewasa. Padahal, tidur yang cukup sangat berpengaruh besar bagi kesehatan. Kurang tidur menjadi awal munculnya berbagai macam penyakit seperti, obesitas, diabetes, hingga penyakit jantung lho, Mother. Maka dari itu, cobalah penuhi asupan omega 3 yang cukup untuk membantu memperbaiki kualitas tidur Anda.
8. Menjaga kesehatan kulit

Mother, paparan sinar matahari langsung secara terus menerus dapat merusak kulit Anda. Untuk mencegahnya, Mother bisa mengonsumsi makanan yang mengandung omega 3. Omega 3 berperan dalam mengelola produksi minyak, mencegah penuaan dini, dan mengurangi risiko jerawat, sehingga kulit anda akan menjadi lembut, kenyal, bebas kerutan, serta tetap terjaga kelembabannya. Jika Mother ingin kulit Anda tetap sehat, manfaat omega 3 yang satu ini sangat penting untuk Anda perhatikan.
9. Meringankan nyeri haid

Ketika haid, sebagian wanita mengalami nyeri yang hebat. Sehingga tak jarang rasa nyeri tersebut membuat aktivitas sehari terganggu. Ternyata, beberapa studi menyebut bahwa omega 3 berperan secara efektif dalam mengatasi nyeri haid daripada obat penghilang rasa sakit lain, lho. Manfaat omega 3 yang satu ini tentu akan sangat membantu wanita ketika memasuki masa menstruasi tersebut.
10. Mendukung tumbuh kembang janin

Manfaat omega 3 lainnya ditujukan bagi Anda yang saat ini sedang hamil. Pada masa kehamilan, omega 3 juga penting untuk janin dalam kandungan, Mother. Pasalnya, omega 3 dapat memberikan nutrisi bagi perkembangan otak janin. Jadi, jika sekarang Anda sedang hamil, jangan sampai melewatkan asupan omega 3, ya.
Baca juga: 5 Rekomendasi Aman Minyak Ikan untuk Anak dan Bayi
Manfaat omega 3 bagi tumbuh kembang anak

Manfaat omega 3 tak hanya dapat dirasakan oleh orang dewasa, tapi juga anak. Si kecil yang mendapat asupan omega 3 cukup akan cenderung mengalami tumbuh kembang yang baik dibandingkan anak lainnya. Lalu apa saja kira manfaat omega 3 bagi tumbuh kembang anak?
1. Meningkatkan kecerdasan dan fungsi otak anak

Hasil penelitian mengungkapkan bahwa anak dengan asupan omega 3 yang cukup cenderung lebih fokus dan lebih mudah menerima pelajaran yang ada di sekolah. Kandungan dalam omega 3 menjadikan fungsi otak anak bekerja lebih baik sehingga hal tersebut akan berpengaruh pada kecerdasan si kecil. Pastikan anak mengonsumsi omega 3 yang cukup ya, Mother, agar manfaat omega 3 bisa bekerja secara maksimal bagi kecerdasannya.
2. Meningkatkan kekebalan tubuh anak

Selain meningkatkan kecerdasan, minyak ikan omega 3 juga berperan penting untuk meningkatkan sistem imun dan mencegah si kecil dari serangan infection serta kuman penyebab penyakit. Jika anak sedang sakit, Anda dapat memberikan makanan yang mengandung omega 3 atau juga memberikan suplemen minyak ikan. Hal ini akan mempercepat expositions pemulihan tubuhnya.
3. Menjaga kestabilan mental anak

Manfaat omega 3 bagi anak juga erat kaitannya dengan mental buah hati. Rutin mengonsumsi omega 3 juga akan mempengaruhi kestabilan mental si kecil. Omega 3 dapat mengurangi kecenderungan terkena gangguan mental seperti skizofrenia, depresi, dan bipolar. Di sisi lain, kandungan omega 3 biasanya juga terdapat pada obat untuk pasien dengan gangguan mental.
4. Menyeimbangkan koordinasi tangan dan mata

Koordinasi yang seimbang antara tangan dan mata menjadikan si kecil dapat belajar lebih baik di usia sekolah. Mata sebagai indra penglihatan diharapkan dapat bekerja secara sempurna diimbangi dengan gerakan yang dilakukan oleh tangan sehingga dapat memudahkan anak dalam belajar. Dalam hal ini manfaat omega 3 dibutuhkan untuk menyeimbangkan koordinasi tangan dan mata, sehingga ketika di kelas ia dapat membaca dan menulis secara tepat dan cepat.
5. Menghadirkan temperament positif

Manfaat omega 3 untuk anak selanjutnya adalah meningkatkan temperament. Jika Mother merasa si kecil menjadi lebih sering murung, rewel, dan tidak ceria, maka ada baiknya Anda memberikan minyak ikan omega 3 pada anak. Nutrisi dalam omega 3 dapat menjadikan moodnya lebih baik dan kembali ceria, lho!
6. Meringankan gejala ADHD

To wrap things up, meringankan gejala ADHD juga menjadi salah satu manfaat omega 3 bagi anak. *Attention shortage hyperactivity jumble (ADHD) adalah suatu kondisi medis dengan gejala impulsif, kesulitan fokus, dan hiperaktivitas. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kandungan omega 3 dapat meringankan gejala ADHD pada anak.

Makanan yang mengandung omega-3

Dengan berbagai manfaat di atas, tentunya asupan omega 3 sangat diperlukan ya, Mother. Sayangnya, omega 3 tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga asupannya harus didapatkan dari berbagai macam makanan atau suplemen minyak ikan. Berikut berbagai makanan yang mengandung omega 3.
1. Salmon

Ikan berwarna merah hampir oranye ini merupakan ikan kaya nutrisi. Selain rasanya yang enak, kandungan omega 3 dalam ikan salmon juga cukup tinggi. Mother bisa mengolah ikan salmon dengan berbagai macam cara sesuai selera.
2. Ikan makarel

Ikan makarel menjadi salah satu makanan yang mengandung omega 3 tidak kalah banyak dengan ikan salmon. Ikan makarel juga mengandung vitamin B12 serta selenium yang dapat memelihara kesehatan saraf juga kekebalan tubuh. Namun, Mother perlu memperhatikan cara pengolahan ikan makarel ini ya, sebab ikan makarel tidak bisa diolah dengan cara tertentu karena bisa memberikan dampak kurang baik bagi tubuh.
3. Tiram

Makanan yang mengandung omega 3 selanjutnya adalah tiram. Tidak hanya omega 3, tiram juga mengandung vitamin B12, zink, dan tembaga. Biasanya tiram bisa dinikmati dengan cara dikukus.
4. Ikan teri 

Ikan kecil yang menjadi makanan favorit banyak orang ini ternyata juga mengandung omega 3 tinggi lho, Mother. Anda bisa dengan mudah menemukan ikan teri di pasar tradisional, grocery store, maupun berbagai olahan menu tradisional masakan Indonesia.
5. Biji-bijan

Biji-bijian seperti biji rami dan biji chia merupakan makanan tinggi serat yang baik untuk saluran pencernaan. Selain itu, biji-bijian juga mengandung omega 3 yang dapat Anda olah menjadi makanan sedap untuk dikonsumsi.
6. Kacang-kacangan

Omega 3 terdapat pada kacang-kacangan seperti kedelai, kacang kenari, kacang almond, dan edamame. Bahkan produk fermentasi seperti tempe juga mengandung omega 3 yang baik untuk Anda konsumsi.
7. Sayuran Hijau

Sama halnya seperti biji-bijian, sayuran play on words memiliki kandungan serat tinggi yang bermanfaat untuk saluran pencernaan dan mengandung omega 3. Mother perlu tetap memperhatikan cara pengolahannya agar nutrisi yang terkandung dalam sayuran hijau tetap terjaga.
8. Produk Susu dan Telur

Meskipun ada beberapa produk susu dan telur yang tidak mengandung omega 3, Anda masih bisa memilih produk lain yang memiliki kandungan ini, Mother. Saat ini sudah banyak susu sapi, susu kedelai, telur, dan yogurt dengan kandungan omega 3 sehingga dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi Anda.
Aturan minum omega 3

Manfaat omega 3 bisa didapatkan dengan mengonsumsi makanan yang telah disebutkan di atas setidaknya dua kali seminggu. Namun selain berasal dari makanan, asupan omega 3 juga bisa Anda dapatkan dari suplemen. Jika Mother memilih untuk mengonsumsi suplemen minyak ikan, maka perhatikan dosis yang tepat, ya.

Suplemen minyak ikan dianjurkan tidak lebih dari 3 gram sehari untuk orang dewasa dan tidak lebih dari 2 gram sehari untuk anak.

Aturan minum omega 3 tersebut merupakan dosis umum untuk orang dengan kondisi kesehatan yang baik, sementara orang dengan kondisi medis tertentu biasanya memiliki takaran berbeda yang telah dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Untuk harga omega 3 yang dijual di apotek bervariasi, mulai dari Rp40.000 hingga Rp500.000.

Perlu dicatat bahwa mengonsumsi omega 3 secara berlebihan justru akan menimbulkan efek yang tidak baik bagi kesehatan ya, Mother.

Setelah mengetahui berbagai manfaat omega 3, pastikan Anda memberikan asupan yang cukup untuk menunjang perkembangan anak. Tidak hanya dengan memberikan minyak ikan, tapi Mother juga bisa mengolah sumber makanan yang mengandung omega 3 sesuai dengan kesukaan buah hati. Selamat mencoba!

source:https://www.ruangmom.com/manfaat-omega-3-bagi-anak.html