9 Obat Kolesterol Alami yang Manjur dan Mudah Didapatkan

9 Obat Kolesterol Alami yang Manjur dan Mudah Didapatkan

Kadar kolesterol tinggi menyebabkan aliran darah dalam tubuh tersumbat akibat tumpukan lemak yang mengendap. Tak hanya itu, kolesterol juga dianggap sebagai salah satu pemicu munculnya gangguan komplikasi. Tentu Mother tak ingin hal ini terjadi pada Anda, bukan? Apabila Mother atau anggota keluarga ada yang memiliki kadar kolesterol tinggi, segeralah mengonsumsi obat kolesterol alami berikut untuk menurunkannya.

9 Obat Kolesterol Alami yang Manjur dan Mudah Didapatkan

Meskipun sudah banyak obat-obatan yang terbukti efektif dalam menurunkan kolesterol, namun obat kolesterol natural masih dipilih masyarakat sebagai obat alternatif yang cukup ampuh. Apa saja tanaman tersebut? Simak selengkapnya di bawah ini, Mother!
Penyebab Kolesterol

Kadar kolesterol tinggi tidak hanya disebabkan oleh faktor makanan, namun ada beberapa hal lain di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Merokok berlebihan

Tahukah Mother, aktivitas merokok dapat meningkatkan kadar kolesterol low thickness lipoprotein (LDL) yang disebut juga sebagai kolesterol jahat, kolesterol absolute, dan trigliserida (lemak darah) di dalam tubuh.

2. Meminum alkohol

Konsumsi alkohol berlebihan juga bisa menjadi penyebab kolesterol karena meningkatkan kadar kolesterol absolute dan trigliserida tubuh. Oleh sebab itu, para pecandu alkohol cenderung memiliki berat badan berlebihan serta tekanan darahnya kerap tidak stabil.

3. Overweight

Seseorang yang overweight akan memiliki kadar kolesterol all out, kolesterol jahat, dan trigliserida jauh lebih tinggi dibandingkan orang dengan berat badan ordinary. Hal tersebut dikarenakan lemak badan berlebihan yang tertimbun di bawah jaringan kulit.

4. Konsumsi kopi

Minum kopi berlebihan bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida juga lho, Mother. Hal tersebut dikarenakan mengonsumsi minuman ini menjadikan darah lebih pekat yang akhirnya menimbulkan penyempitan pembuluh darah. Bahkan kopi juga menyebabkan risiko seseorang terkena serangan jantung dan stroke. Jadi, apabila Anda pecinta kopi, mulailah membatasinya demi kesehatan ya, Mother.

5. Stres dalam waktu lama

Stres yang berlangsung dalam jangka waktu lama akan menimbulkan ketidakseimbangan fungsi tubuh. Di mana hal tersebut mengakibatkan tekanan dan kolesterol darah orang stres cenderung lebih tinggi dibandingkan saat kondisinya stabil.

6. Kurang olahraga

Penyebab kolesterol berikutnya adalah kurangnya aktivitas olahraga. Hal tersebut dikarenakan berolahraga akan meningkatkan kolesterol high thickness lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik.

7. Usia dan jenis kelamin seseorang

Ternyata, kadar kolesterol complete cenderung meningkat seiring dengan bertambahnya usia seseorang.

Di sisi lain, kadar kolesterol HDL wanita umumnya lebih tinggi dibandingkan pria. Sehingga, wanita yang telah memasuki masa menopause, kadar kolesterol LDL dan trigliserida mereka cenderung naik.

Oleh karena itu, wanita lebih rentan terkena kolesterol dibandingkan pria terutama saat usia dewasa.

8. Penggunaan pil kontrasepsi

Menggunakan pil kontrasepsi juga dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Hal tersebut disebabkan oleh komponen estrogen pil kontrasepsi yang memicu menurunnya HDL terutama pada wanita.
Obat Kolesterol Alami

Untuk penderita kolesterol, ada beberapa bahan obat kolesterol alami yang cukup efektif menurunkan kadar kolesterol. Obat home grown ini tentunya lebih murah dan mudah ditemukan. Berikut daftarnya.
1. Daun suji

Daun suji mengandung saponin yang bermanfaat sebagai obat kolesterol alami. Mother cukup menyiapkan lima lembar daun suji yang sudah dicuci dan direbus dengan 2 gelas air. Rebusan daun suji kemudian diminum rutin sebanyak 3 kali dalam sehari agar bisa membantu kadar kolesterol turun.
2. Daun salam

Daun salam mengandung flavonoid dan antioksidan yang berperan dalam mengontrol kadar kolesterol dalam darah. Untuk mengonsumsi obat kolesterol natural ini, Mother cukup menyediakan 15 hingga 20 lembar daun dan 100 gram kulit polong kacang tanah yang sudah dicuci hingga bersih.

Bahan tersebut kemudian direbus hingga mendidih dan disisakan setengah panci. Rebusan daun salam bisa Anda konsumsi 2 hingga 3 kali dalam sehari agar bisa membantu kolesterol turun.
3. Bawang putih

Kandungan allicin pada bawang putih berperan untuk menghambat pembentukan kolesterol. Sehingga banyak orang menjadikannya sebagai obat kolesterol home grown yang memiliki efek farmakologis hostile to inflamasi.

Mother hanya perlu menghaluskan 1 buah bombay, 2 siung bawang putih serta 7 hingga 10 lembar daun sambung nyawa. Bahan tersebut lalu disaring dan diminum agar bisa memperoleh manfaatnya.
4. Bawang bombay

Selain bawang putih, bawang bombay juga efektif sebagai obat kolesterol alami. Hal ini disebabkan kandungan antioksidannya yang bisa mengontrol kadar kolesterol.

Anda dapat mencampurkan bawang bombay dengan bawang putih dan daun sambung nyawa lalu diminum rutin agar kadar kolesterol mencapai angka ordinary kembali. Cukup mudah bukan mendapatkan bahan untuk obat kolesterol home grown tersebut?
5. Wedang Jahe

Jahe baik dikonsumsi oleh penderita kolesterol karena obat kolesterol alami ini mampu menurunkan kadar kolesterol jahat di tubuh. Hanya dengan minum wedang jahe tanpa gula secara rutin untuk menormalkannya. Sangat mudah ya meracik obat kolesterol home grown ini, Mother?
6. Daun jati Belanda

Mother, daun jati belanda merupakan salah satu obat kolesterol alami yang mengandung flavonoid, saponin, alkaloid, asam folat, sterol, tanin dan damar.

Berbagai kandungan tersebut mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh Anda. Hanya dengan meminum air rebusan daun jati belanda maka manfaat obat kolesterol home grown ini bisa Anda dapatkan.
Baca juga: 8 Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan, Bisa Tingkatkan Gairah?
Gaya Hidup untuk Menurunkan Kolesterol

Memang betul, obat-obatan bisa memperbaiki kadar kolesterol di dalam tubuh. Akan tetapi ada beberapa efek samping obat kolesterol alami yang mungkin Anda rasakan apabila konsumsinya tidak sesuai dengan aturan, seperti sakit kepala, mual, muntah dan kembung.

Tidak hanya itu, efek samping obat kolesterol alami juga bisa membuat Anda memiliki berbagai masalah dengan sistem pencernaan, seperti diare dan sembelit.

Sehingga, selain mengonsumsi obat kolesterol alami Mother harus mengimbanginya dengan menerapkan gaya hidup sehat. Karena dengan gaya hidup yang baik maka Anda juga memperbaiki kesehatan diri sendiri. Berikut adalah gaya hidup sehat yang bisa Anda lakukan agar bisa mencegah kolesterol tinggi:
1. Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi

Makanan sehat dan bergizi bisa menjadi obat kolesterol alami sekaligus meningkatkan kesehatan jantung. Sebaiknya hindari mengonsumsi makanan yang dapat menambah kolesterol seperti daging merah dan produk susu full fat.

Hindari pula beragam lemak trans karena bisa memicu kolesterol naik secara menyeluruh. Untuk bisa mengetahui makanan yang mengandung lemak trans, Mother perlu mengecek komposisi makanannya. Jika terdapat tulisan “minyak nabati terhidrogenasi parsial”, sebaiknya tidak perlu dibeli untuk dikonsumsi.

Sebaliknya, makanan yang memiliki asam lemak omega-3 bisa Anda konsumsi karena sangat penting bagi kesehatan tubuh. Kandungan omega-3 tersebut dapat Mother temukan pada ikan salmon, kenari, mackerel dan herring.

Jangan lupa untuk memberikan asupan serat dan whey protein untuk tubuh. Keduanya sangatlah baik karena dapat mengurangi penyerapan kolesterol yang mengalir di darah serta menurunkan kolesterol LDL, kolesterol absolute, dan tekanan darah Anda.
2. Lakukan olahraga rutin

Gaya hidup sehat berikutnya adalah dengan berolahraga rutin. Ternyata selain mengonsumsi obat kolesterol alami, memperbaiki kadar kolesterol juga bisa dengan meningkatkan aktivitas fisik, lho.

Tak perlu olahraga berat, cukup dengan melakukan beberapa kegiatan seperti jalan cepat, bersepeda, running hingga melakukan olahraga favorit seperti senam.
3. Hentikan kebiasaan merokok

Aktivitas satu ini sangatlah memperburuk gaya hidup sehingga perlu dihentikan demi kesehatan. Selain itu merokok juga berkaitan erat dengan meningkatnya kadar kolesterol.

Apabila seseorang bisa berhenti merokok, selama 3 bulan mereka bisa mendapatkan sirkulasi darah sehat dan fungsi paru yang membaik. Bahkan jika bisa berhenti hingga setahun bisa menurunkan setengah dari risiko kematian.

Wah, banyak juga ya Mother tanaman home grown yang bisa dijadikan obat kolesterol alami. Meski begitu, jangan menjadikan obat home grown di atas sebagai satu-satunya perawatan ya, karena risiko dan efek samping obat kolesterol natural belum dapat dipastikan secara medis.

Sebaiknya ubahlah gaya hidup Anda dan terapkan pola makan seimbang serta lakukan konsultasi langsung dengan dokter terlebih dahulu untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Semoga berhasil!

source:https://www.ruangmom.com/obat-kolesterol-alami.html