Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil Trimester Pertama

Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil Trimester Pertama

Saat hamil, maka semua asupan bergizi penting untuk kesehatan bayi di dalam kandungan. Termasuk juga dengan biji kacang hijau yang ternyata punya banyak manfaat untuk ibu hamil pada masa kehamilan.

Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil Trimester Pertama

Nah, mau tahu apa manfaat kacang hijau untuk ibu hamil? Simak penjelasannya di bawah ini.
1. Makanan super

Kacang hijau digolongkan makanan super bagi ibu hamil. Hal ini dikarenakan kacang hijau mengandung nutrient, protein dan mineral lengkap yang cocok untuk memenuhi asupan gizi Mother selama kehamilan.

Dalam satu cangkir kacang hijau, atau sekitar 200 gram, mengandung protein 14,2 gram, lemak 0,8 gram, karbohidrat 38,7 gram, serat 15,4 gram, folat sekitar 80 persen dari kebutuhan harian (RDI), mangan 30 persen RDI, magnesium 24 persen RDI, B1 22 persen RDI, fosfor 20 persen RDI, besi 16 persen RDI, tembaga 16 persen RDI, kalium 15 persen RDI, seng 11 persen RDI, vitamin B2, B3, B5, B6, selenium juga kalori sejumlah 212. Keren kan?

Kandungan protein, kalsium, dan fosfor, berfungsi untuk melindungi janin dari kematian dalam kandungan serta melindungi dari serangan iron deficiency. Tidak hanya itu, kacang hijau juga sumber asam folat yang baik untuk mendukung pertumbuhan janin terutama di trimester awal kehamilan.

Kandungan zat besi dan mineralnya baik untuk menjaga Mother dari serangan osteoporosis. Kandungan protein kompleks dalam kacang hijau juga lebih tinggi dari telur loh!

Selain itu zat thiamin assumed name vitamin B1 dalam kacang hijau bermanfaat menjaga fungsi otot, sistem saraf, jantung pada ibu hamil sekaligus membantu perkembangan otak pada bayi.
2. Meredakan morning wiped out

Kandungan vitamin B kompleks dalam kacang hijau bisa menekan morning wiped out hebat yang kerap dialami Mother pada awal kehamilan. Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil pada trimester pertama ini tentu akan semakin ampuh jika dikonsumsi secara rutin.
3. Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil: mencegah kelahiran prematur

Mother yang terkena weakness rentan mendapat kelahiran prematur pada bayinya. Weakness juga membuat berat badan lahir rendah (BBLR) dan kematian bayi. Kacang hijau punya kandungan zat besi yang baik untuk mencegah terjadinya hal ini Mother.
4. Mencegah infeksi

Kandungan thiamin dan niasin adalah zat yang bertanggung jawab mencegah terjadinya infeksi di dalam tubuh. Serangan infeksi saat kehamilan tentu dapat memengaruhi keselamatan bayi, seperti cacat lahir hingga kematian dini. Kandungan mangannya juga membantu tubuh memerangi radikal bebas.
5. Kesehatan jantung sebagai salah satu manfaat kacang hijau saat hamil

Kacang hijau juga mengandung lemak tak jenuh yag baik untuk kesehatan jantung. Konsumsi lemak tak jenuh secara rutin akan menjaga kadar kolesterol dalam darah tetap stabil.
6. Kacang hijau bisa menjaga saluran pencernaan

Mengalami susah BAB selama kehamilan? Konsumsi kacang hijau dapat menjaga saluran cerna Mother tetap sehat loh, karena kandungan serat yang tinggi untuk konsumsi harian.
7. Sumber energi

Tidak kalah penting, kandungan karbohidrat dalam kacang hijau dapat menjadi sumber tenaga untuk aktivitas harian Mother tanpa perlu khawatir kelebihan berat badan.
Tips mengolah kacang hijau

Untuk mendapatkan segudang manfaat dari kacang hijau, Mother dapat mengolahnya menjadi bubur kacang hijau tanpa santan. Selain itu, minum rebusan air kacang hijau di pagi dan malam hari juga dapat dilakukan sebagai variasi menu harian.

Saat merendam kacang hijau untuk mengupas kulitnya, Mother bisa mencoba dengan rendam dalam air hangat. Ini akan membantu prosesnya lebih cepat daripada dengan merendamnya di air biasa.

Agar mendapat semua manfaatnya, saat merebus kacang hijau gunakan programming interface kecil. Usahakan tidak menggunakan gula pasir, Mother boleh mengganti dengan gula aren. Jangan lupa, minum rebusan air kacang hijau selagi hangat. Selamat mencoba ya, Mother.

source:https://www.ruangmom.com/manfaat-kacang-hijau-untuk-ibu-hamil.html