Perkembangan Bayi 10 Bulan: Si Kecil Merespons Ketika Dipanggil Namanya

Perkembangan Bayi 10 Bulan: Si Kecil Merespons Ketika Dipanggil Namanya

Si kecil sudah masuk 10 bulan, lalu bagaimana perkembangan bayi 10 bulan pada umumnya? Yuk cek di sini Mother!

Tumbuh kembang bayi 10 bulan ditandai dengan makin lincahnya ia bergerak dan mengoceh banyak hal meski masih tidak jelas maknanya. Lalu bagaimana dengan berat badan idealnya?

Merujuk pada standar Badan Kesehatan Dunia (World Wellbeing Association), Berat badan bayi 10 bulan untuk bayi laki biasanya berkisar pada 9-11 kilogram (kg), sedangkan berat badan bayi 10 bulan berjenis kelamin perempuan sekitar 8,5 kg-10 kg. Standar tinggi bayi usia 10 bulan untuk bayi laki biasanya 73-78 sentimeter (cm), sementara bayi usia 10 bulan berjenis kelamin perempuan berkisar 70-76 cm.

Perkembangan Bayi 10 Bulan: Si Kecil Merespons Ketika Dipanggil Namanya

Jika bayi Mother kurang atau melebihi standar itu, jangan khawatir dulu ya, Mother. Sebab, perkembangan bayi usia 10 bulan dalam segi berat badan berbeda-beda. Tergantung dari riwayat kelahiran prematur atau tidak, asupan nutrisi, genetik, atau penyakit tertentu.

Indikator perkembangan lainnya dapat dilihat dari aktivitas perkembangan motorik bayi 10 bulan yang sudah mulai bisa merangkak. Mother juga dapat mulai mengenalkan beragam aktivitas untuk mengoptimalkan perkembangan motorik bayi 10 bulan, lho Mother.

Ada baiknya jika Mother periksakan kondisi bayi ke dokter tumbuh kembang jika perkembangannya jauh di bawah atau di atas standar WHO tersebut, ya!
Perkembangan bayi 10 bulan: Perkembangan fisik

Bayi usia 10 bulan mulai pandai merangkak dengan tangan dan lututnya. Si kecil juga sudah bisa duduk, mencoba berdiri, dan berjalan sambil berpegangan dengan Mother atau benda lainnya.

Saat tengkurap, bayi usia 10 bulan biasanya akan melengkungkan punggungnya untuk melihat ke sekelilingnya. Jika sedang terlentang, bayi akan berusaha meraih jari kakinya. Terkadang bayi juga akan berguling atau mengayun-ayunkan tangan dan lututnya.

Pada usia ini, gigi si kecil kemungkinan sudah mulai tumbuh. Si kecil bisa diperkenalkan dengan makanan yang lebih padat, seperti biskuit atau nasi tim saring. Mother bisa juga mengajarkan si kecil untuk makan dengan tangannya sendiri. Tapi tetap perlu diawasi ya, Mother.

Si kecil juga mulai pintar memindahkan benda dari satu tangan ke tangan lainnya. Mother perlu hati, pada tahapan ini rasa penasaran bayi akan meningkat dan tak jarang memasukkan benda asing ke dalam mulutnya.
Perkembangan bayi 10 bulan: Perkembangan motorik

Bayi mulai menggunakan jari-jemarinya dengan lebih aktif. Gerakan mencubit dan menjepit di antara ibu jari dan telunjuk semakin lihai dilakukan. Pada tahapan ini, bayi akan lebih lincah mengambil benda kecil tanpa harus meletakkan pergelangan tangannya di atas permukaan.

Fase merangkak akan lebih dikuasai pada tahapan ini. Si kecil lebih lincah merangkak dengan tangan dan lututnya, dengan posisi bagian atas tubuhnya yang sejajar.

Perkembangan bayi 10 bulan: Perkembangan kognitif

Pada tahapan ini si kecil akan belajar lebih keras untuk memahami bahasa komunikasi di sekitarnya. Meski belum bisa berbicara, bayi usia 10 bulan sudah dapat memahami sebagian dari apa yang Mother katakan.

Bantu perkembangan anak dengan membuat permainan tebak boneka atau gambar yang sering dilihatnya. Jika Mother menyebutkan nama mainan favoritnya, lihat reaksinya, bayi 10 bulan kemungkinan akan melihat ke arah mainan itu!.

Bayi juga akan mulai memahami fungsi dari benda di sekitarnya. Bayi bisa memainkan ponsel mainannya dengan meletakkan di telinga atau melempar-lemparkan bola ke arah yang tidak beraturan.

Hal lain yang menarik adalah bayi akan mulai merespons ketika dipanggil namanya. Respons bisa beragam; mulai dari menengok, tersenyum, hingga mengeluarkan suara kecil.

Rajin mengajak si kecil berbicara ya, Mother. Sebab semakin Mother menunjukkan ketertarikan pada apa yang bayi katakan, semakin cepat dia akan belajar berbicara!
Perkembangan bayi 10 bulan: Kehidupan sosial

Karena kemampuan komunikasinya berkembang semakin pesat, bayi akan lebih responsif dengan sekelilingnya. Bayi mudah meniru hal kecil yang Mother dan Father lakukan.

Bayi juga akan belajar mengenal orang bayi. Dia akan memberi respons penolakan terhadap orang yang dirasa tak nyaman baginya.

Penting bagi Mother dan Father untuk memberi perhatian lebih pada bayi, sebab boleh jadi saat bayi sedang merasa ketakutan saat memberi respons terhadap sesuatu yang tak nyaman tersebut.

Pada tahapan ini bayi bisa diajarkan untuk bersosialisasi dengan sekitar. Salah satunya adalah dengan mengajak si kecil dalam berbagai acara kumpul baik keluarga maupun kawan Mother dan Father.

Dengan begitu, bayi akan belajar mengenal orang dengan beragam karakteristik.
Perkembangan Bayi 10 bulan: Kondisi Mother

Mother mungkin akan lebih cepat lelah karena bayi sedang gemar-gemarnya beraktivitas. Apalagi, menuntun bayi yang sedang belajar berjalan.

Untuk meringankan beban tersebut, Mother perlu membagi tugas dengan Father atau anggota keluarga lainnya. Jangan ragu untuk meminta Mother Time dengan pergi ke salon atau sekadar tidur siang tanpa gangguan.
Perkembangan Bayi 10 bulan: Vaksinasi

Mother bisa memberikan bayi vaksin flu. Vaksin ini memberikan perlindungan terbaik terutama saat musim pancaroba yang rentan menyebabkan influenza.

Vaksin flu bekerja dengan cara membangun antibodi dalam tubuh untuk melawan infection flu.

Pemberian vaksin flu bisa dilakukan sejak anak berusia 6 bulan dan dianjurkan diulang setiap satu tahun sekali.

Agar penggunaan vaksin flu efektif dan aman, Mother bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Apalagi, beberapa bayi bisa mengalami reaksi alergi terhadap vaksin.
Perkembangan Bayi 10 bulan: Kunjungan dokter

Jika buah hati Mother belum menunjukkan satu atau dua kemampuan perkembangan seperti di atas, jangan bersedih, karena tiap anak memiliki tingkat perkembangan yang berbeda-beda.

Namun jika Mother khawatir, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter anak, terutama jika terjadi penurunan berat badan atau berat badan bayi tidak naik dalam 2 bulan terakhir.

source:https://www.ruangmom.com/perkembangan-bayi-10-bulan.html