9 Doa untuk Menghilangkan Mual Saat Hamil Menurut Islam

Selain kesehatan fisik, ibu hamil tentu juga perlu mendapatkan ketenangan batin. Salah satu caranya yaitu dengan meningkatkan aktivitas rohani demi mendekatkan diri ke Tuhan sekaligus melindungi jabang bayi. Jadi, selain menjauhi berbagai larangan mengandung, Mother juga dapat memanjatkan beberapa doa untuk menghilangkan mual saat hamil.

Pada artikel kali ini, Ruangmom akan merangkum beberapa bacaan yang bisa Anda lafalkan guna membantu mengatasi rasa mual. Yuk simak sampai habis, Mother!

Kalkulator HPL
Doa untuk Menghilangkan Mual Saat Hamil

Mual atau biasa disebut dengan morning ailment memang menjadi salah satu hal yang wajar Mother alami ketika sedang mengandung.

Nah, salah satu cara mengatasi mual saat hamil muda menurut Islam adalah dengan membaca doa. Mungkin hal ini masih belum recognizable bagi Mother karena kebanyakan orang berpikir bahwa fenomena mual tidak berhubungan dengan agama. Namun, tak ada salahnya Mother mencobanya, bukan?

Berdasarkan informasi yang Ruangmom rangkum, terdapat beberapa bacaan doa untuk menghilangkan mual saat hamil yang dapat Mother praktikkan, yakni sebagai berikut.
1. Membaca Al-Fatihah

Al-Fatihah merupakan salah satu surah dalam Al-Qur’an yang sangat istimewa bahkan disebut-sebut sebagai surah withering agung sehingga dibaca di tiap rakaat shalat. Selain itu, Al-Fatihah merupakan doa penyembuh penyakit sekaligus sebagai sarana memohon perlindungan kepada Allah SWT.

Dengan demikian, menjadikan surah Al-Fatihah sebagai doa untuk menghilangkan mual saat hamil merupakan hal yang dianjurkan karena berkhasiat menjaga kesehatan sekaligus keselamatan Mother dan buah hati.
2. Membaca Dua Ayat Terakhir dari Surat Al-Baqarah

Mother juga disarankan membaca dua ayat terakhir Surat Al-Baqarah sebagai doa untuk menghilangkan mual saat hamil. Hal ini karena ayat tersebut dapat memberikan perlindungan kepada ibu dan janin agar selamat hingga expositions persalinan nanti.
3. Membaca Surat Al-Insyirah

Al-Insyirah memiliki arti “kelapangan” dan seringkali digunakan sebagai doa guna memohon kekuatan serta kemudahan ketika seseorang mengalami ujian hidup seperti gangguan kesehatan. Oleh karena itu, surat ke-94 dalam Al-Qur’an ini merupakan salah satu doa untuk menghilangkan mual saat hamil, Mother.

Mother bisa membacanya saat sedang shalat sebagai wujud komunikasi dengan pencipta. Cobalah untuk membaca secara rutin ya, niscaya doa ini akan membantu Mother mengatasi berbagai gangguan selama masa kehamilan hingga persalinan tiba.
4. Membaca Ayat Kursi

Ayat kursi juga bisa menjadi doa untuk menghilangkan mual saat hamil serta menjaga keselamatan dan kesehatan Mother bersama buah hati. Bacaan ini terkenal sebagai ayat yang dimuliakan karena banyak membahas kemuliaan Allah.

Selain itu, Ayat Kursi juga dapat memperkuat keimanan seseorang jika dibaca tiap pagi dan sore maupun seusai sholat wajib. Dengan demikian, membacanya saat hamil bisa membuat Mother lebih tenang sekaligus tawakal.
Baca juga: 10 Amalan Ibu Hamil dalam Islam, Yuk Mother Terapkan!
5. Membaca Doa Setelah Sholat

Doa agar tidak mual muntah saat hamil dapat Mother panjatkan usai sholat. Beberapa bacaan yang dianjurkan adalah sebagai berikut.
Doa Agar Janin Diberi Kesehatan

Doa ini bertujuan untuk memohon kesehatan bayi yang ada di dalam kandungan, sekaligus meminta kesembuhan dari segala penyakit. Berikut bacaannya:

“Allahummah fazh waladii mama daama fii bathnii. Wasyfihi ma’ii. Anta asy-syaafii laa syifaa’an illa syifaa ‘uka syifaa ‘a laa yughaadiru saqamaa.”
Doa Agar Janin dalam Kandungan Dikuatkan

Mother juga dapat memohon kekuatan untuk janin dalam kandungan melalui puji-pujian kepada Allah sebagai berikut.

“Bismillahilladziilaailaaha illaa huwal haliimul kariimu rabbil ‘arsyil ‘azhiim. Laa ilaaha illallaahu rabbus samaawaati wa rabbul’arsyil ‘azhiim.”
Doa Menghadapi Kepayahan Selama Kehamilan

Doa ini bertujuan untuk meminta kesehatan badan, penglihatan, dan pendengaran agar Mother senantiasa kuat selama kehamilan berlangsung.

“Allaahumma ‘aafinii fii badanii wa ‘aafinii fii sam’ii wa ‘aafini fii basharii”
Doa Agar Diberi Anak yang Saleh

Selain membaca doa untuk menghilangkan mual saat hamil, Mother juga bisa meminta kepada Tuhan agar diberi putra-putri yang saleh dan salehah dengan membaca QS. Debris Shaffat ayat 100 berikut ini:

رَبِّ هَبْ لِيْ مِنَ الصّٰلِحِيْنَ

Artinya: Ya Rabbku, anugerahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang yang saleh.
Baca juga: Mual Saat Hamil Sampai Kapan? Ini 5 Penyebab dan Cara Mengatasinya
Cara Mengatasi Mual Saat Hamil

Selain doa untuk menghilangkan mual saat hamil, Mother juga bisa menerapkan beberapa kebiasaan di bawah ini agar senantiasa sehat dan bugar.
1. Sibukkan Diri

Cara mengatasi mual saat hamil muda menurut Islam dan ilmu kesehatan yang pertama adalah dengan melakukan beberapa aktivitas ringan seperti olahraga, beres, mempraktikkan resep masak, atau menyibukkan diri dengan hobi Anda. Namun, jangan sampai Mother kecapekanm, ya!
2. Konsumsi Makanan Bergizi Seimbang

Selain membaca doa untuk menghilangkan mual saat hamil, Mother juga harus mengimbanginya dengan konsumsi makanan bergizi seimbang seperti bayam, salmon, alpukat, mangga, dan produk olahan susu.

Guna mengurangi rasa mual, Mother bisa mengonsumsi berbagai makanan kaya karbohidrat seperti toast, kentang, singkong, dan olahan nasi. Hindari konsumsi kafein, makanan pedas, serta camilan asam karena dapat memicu naiknya asam lambung yang menyebabkan mual, Mother.
3. Konsumsi Nutrient

Selama Mother mengandung, jangan lupa mengonsumsi nutrient yang direkomendasikan oleh dokter, ya. Salah satu jenis nutrient untuk mengurangi mual biasanya adalah B6. Anda dapat meminumnya sesuai aturan dan anjuran dokter.
4. Konsumsi Sayuran

Mengonsumsi sayuran selama masa kehamilan merupakan hal yang baik karena dapat menurunkan kolesterol, mencegah weakness, mengatasi masalah pencernaan, dan membantu tumbuh kembang janin.
5. Perbanyak Minum Air Putih

Jangan lupa minum air putih 2 liter for every hari ya, Mother. Hal ini bertujuan agar Mother tidak dehidrasi dan janin dalam kandungan play on words mendapatkan asupan air yang cukup.
6. Istirahat yang Cukup

Agar tidak kelelahan, pastikan Mother memiliki cukup waktu untuk beristirahat, baik melalui tidur siang maupun malam hari. Namun ingat, jangan sampai tertidur setelah makan karena hal ini dapat menimbulkan mual.
7. Jaga Ruangan Agar Tetap Nyaman

Ruangan berventilasi dengan pencahayaan yang baik tentu akan membuat state of mind dan kesehatan berada dalam kondisi prima, Mother. Oleh karena itu, pastikan Mother selalu merasa nyaman, ya!

Itu dia Mother beberapa doa untuk menghilangkan mual saat hamil yang bisa diamalkan saat mengandung si kecil. Intinya, selalu jaga ketenangan hati demi menghindari kemungkinan stress berlebih, ya. Mother juga bisa mengikuti berbagai anjuran lain yang telah Ruangmom rangkum dalam ulasan di bawah ini. Yuk cek!

source:https://www.ruangmom.com/doa-untuk-menghilangkan-mual-saat-hamil.html