Doa dan Dzikir Ialah Inti dari Ibadah

Doa dan dzikir adalah inti dari ibadah. Segala ibadah yang kita laksanakan tidak terlepas dari doa dan dzikir, termasuk ibadah haji. Allah memerintahkan hamba-Nya untuk ikhlas dalam berdoa dan tidak melakukan kesyirikan di dalamnya, Allah berfirman yang artinya:

“Dan sesungguhnya masjid itu hanyalah kepunyaan Allah, maka janganlah kalian menyembah siapapun selain Allah di dalamnya”. (QS. Al-Jin: 18).

Ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam melaksanakan ibadah haji bersama para sahabatnya, beliau memperbanyak doa dan dzikir, hingga ketika beliau bersama sahabatnya sampai ke padang Arafah di waktu Zhuhur, beliau wukuf sambil berdoa dan berdzikir hingga terbenam matahari, di saat itu diriwayatkan bahwa beliau memperbanyak mengucapkan tahlil yang mengandung tauhid dan keikhlasan kepada Allah Ta’ala semata.

Di balik sikap berserah diri manusia wajib berdoa dan berusaha saat memiliki tujuan atau rencana yang tengah ditargetkan. Dengan berdoa dan berusaha, setiap manusia akan melewati tantangan, rintangan yang pada akhirnya akan mendapatkan kebahagiaan.

Allah menegaskan di dalam Alquran surat Albaqarah ayat 186 tentang bentuk ikhtiar yang sangat dianjurkan; berdoa.

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran. ” (QS. Albaqarah: 186)

Ayat di atas menegaskan bahwa Allah swt. Berada sangat dekat dengan hamba-Nya dan menyaksikan sekaligus mengabulkan setiap permohonan doa dari hambanya yang shaleh.

Kekuatan Doa

Doa yang dilakukan dengan baik dan benar maka pemohonnya akan memiliki kekuatan serta daya ubah yang sangat luar biasa. Sebuah hadits menyebutkan, “Tidak ada yang mampu mengubah takdir selain berdoa dan tidak ada yang bisa menambah umur kecuali kebaikan.”

Maka setiap doa yang baik akan senantiasa dikabulkan, sebagaimana yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad di dalam sebuah hadits, “Tidak ada seorang muslim pun yang berdoa kepada Allah, yang mana doanya tidak diarahkan kepada kemaksiatan atau perbuatan dosa dan memutus tali famili, kecuali Allah akan mengabulkannya.”

Doa untuk ibadah umroh dengan tulus dan ikhlas in syaa Allah akan dimudahkan, aamiin. Mari bergabung dengan baiya paket umroh murah 2018 -2019 – 2020 dengan biaya Rp18,9 Juta. Sudah termasuk perlengkapan.

Similar Posts:

By |2017-12-06T12:10:30+00:00April 27th, 2017|Uncategorized|

Leave A Comment