Ka’bah Tempat Ibadah Pertama Di Dunia

Ka’bah bukti peradaban manusia yang pertama

Haji. Sumber awal mengenai ka’bah sendiri disebutkan dalam Al-Quran sebagaimana tersebut dibawah ini :

Sesungguhnya rumah yang mula-mula dibangun untuk (tempat beribadah) manusia, ialah Baitullah yang di Bakkah (Mekkah) yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi semua manusia. (Qs. Ali Imron [3]:96)

========================================================================

Ka’bah penuh kemuliaan dan berdoa disekitarnya Ka’bah in syaa Allah dikabulkan

Mari gabung grup umroh Ilalang Barokah Travel dengan Paket umroh bpackpacker Ramadhan, selama 15 hari tahun 2018, 2019, 2020

InfoL H. Sudjono AF – 081388097656 WA

=========================================================================

Dari ayat ini diterangkan bahwa rumah (ibadah) yang mula-mula dibangun untuk (oleh) manusia beribadah adalah Baitullah (Ka’bah). Meskipun data ini tentunya akan dengan mudah dipertanyakan oleh orang-orang yang tidak beriman yang meminta bukti lebih, akan tetapi akan saya sampaikan bukti-buktinya berdasarkan data dan fakta arkeologi (pra) sejarah yang diketahui oleh umum.

Ajaran islam meyakini bahwa ka’bah adalah bangunan peribadatan yang pertama akli dibangun oleh manusia pertama, yaitu Adam as, sebagaimana yang tersebut dalam ayat diatas. Haji.  Meskipun ayat itu tidak menyebut nama adam sebagai pelakunya, namun secara tersirat mengarah ke Adam. Namun, klaim ayat al-quran ini, meskipun bagi umat islam diyakini kebenarannya dari Allah, namun bagi orang-orang kafir tentu akan meminta bukti-bukti.

Zaman Neolithicum sebagai awal peradaban manusia

Secara keilmuan bidang Arkeologi membagi masa atau zaman kehidupan (makhluk0 manusia dalam beberapa priode, sebagaimana digambarkan berikut ini: dari masing-masing priode zaman, memiliki karakteristik sendiri dari tiap-tiap peradaban dimasanya. Haji. Adapun karakteristik peradaban untuk masing-masing priode zaman adalah sebagai berikut: Berdasarkan pengelompokan priode zaman tersebut maka para ilmuan menganggap bahwa peradaban manusia yang sesungguhnya dimulai pada priode zaman Neolithicum atau zaman batu muda. Hal itu didasarkan  atas temuan-tmuan artefak dan situs-situs peninggalan yang ada. Bahwa di zaman neolithicum masyarakat sudah mengenal kehidupan agraria seperti pertanian dan pertenakan juga menjadi kesimpulan bahwa masyarakat di zaman Neolothicum sudah mengenai peradaban yang jauh lebih maju dari priode-priode zaman sebelumnya.

Ka’bah adalah Bentuk Peradaban Manusia Pertama

Ka’bah diklaim sebagai rumah pertama yang dibuat oleh manusia (Adam) bukan hanya sekedar omong kosong. Berdasarkan bukti-bukti arkeologis ditemukan  bahwa pada masa Neolithicum, manusia dijamannya telah mengenal bentuk arsitektur bangunan awal yang modern namun sederhana. Haji. Modern karena memang sudah menggunakan teknologi arsitektur, sederhana karena memang masih dalam bentuk sederhana.

Berdasarkan bukti-bukti arkeologis yang pernah ditemukan pada saat ini, diketahui bahwa teknologi bangun (arsitektur) manusia juga mengalami perkembangan sesuai dan seiring sejalan dengan priode arkeologis. Haji. Seperti yang sudah saya tampilkan pada table-2 mengenai karakteristik peradaban tiap-tiap priode, diketahui berdasarkan penemuan-penemuan situs purbakala, bahwa manusia mengenai rancangan bangun (arsitektur) baru ketika memasuki priode Neolithicum . dimana pada priode ini manusia di zamannya sudah mengenal teknologi yang cukup tinggi untuk menunjang kehidupan mereka pada masa itu.

Jika kita memperhatikan bentuk-bentuk arsitektur di zaman neolithicum, maka akan kita temukan persamaan dan perkembangannnya. Haji.

Similar Posts:

By |2017-11-15T05:55:13+00:00June 17th, 2015|Uncategorized|

Leave A Comment