20 Ucapan Aqiqah untuk Anak Beserta Doa dan Tata Caranya

Mother, apakah Anda tengah berencana menggelar acara aqiqah untuk si kecil? Jika iya, yuk simak penjelasan mengenai aqiqah dari ruangmom berikut ini. Terdapat informasi lengkap mulai dari pengertian, hukum, goodbye cara aqiqah, doa aqiqah, hingga 20 ucapan aqiqah.

Aqiqah adalah upacara pengurbanan hewan sebagai bentuk ungkapan rasa syukur pada Allah SWT atas kelahiran anak. Menurut ajaran Islam, tasyakuran aqiqah dilaksanakan di hari ketujuh setelah bayi lahir.

Namun, beberapa orang menyebutkan bahwa hukum aqiqah sifatnya sunnah bahkan boleh dilakukan saat anak sudah dewasa. Benarkah begitu? Ini dia faktanya.
Pengertian aqiqah

Individualized structure aqiqah berasal dari Bahasa Bedouin “Al – Qat’u” yang artinya memotong. Terdapat pula yang menyebutkan bahwa aqiqah adalah nama rambut bayi yang baru lahir.

Tetapi secara istilah, aqiqah adalah sebuah tradisi menyembelih hewan ternak dan pencukuran rambut bayi pada hari ketujuh setelah buah hati terlahir ke muka bumi.

Dimana upacara berikut bertujuan untuk menunjukan rasa bahagia dan juga syukur kepada Allah karena telah dikaruniai momongan.

Akan tetapi, pengurbanan hewan ternak seperti kambing dan domba tersebut tidaklah wajib, Mother. Ini dikarenakan penyembelihan hewan membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Jalan lainnya adalah dengan menggelar aqiqah melalui acara pengajian sederhana. Meskipun tak terlalu mewah, namun makna dari acaranya tetap terasa.
Hukum aqiqah

Tadi telah dijelaskan di atas bahwa pengurbanan kambing dan domba saat aqiqah bersifat tidak wajib. Lantas, bagaimana dengan hukum aqiqah itu sendiri? Apakah wajib untuk dilaksanakan? Ini jawabannya.

Berdasarkan mayoritas ulama besar seperti Imam Malik, Imam Syafi’i, dan Imam Ahmad, hukum aqiqah adalah sunnah muakad atau sunnah yang diutamakan.

Artinya yaitu aqiqah sangat dianjurkan pada mereka yang berkecukupan hartanya, namun boleh ditiadakan bagi mereka yang kurang mampu.

Bahkan, upacara berikut bisa dilakukan ketika anak telah mencapai usia baligh. Tetapi caranya sedikit berbeda yakni orang tua hanya perlu memberikan uang kepada putra atau putrinya lalu sang anak lah yang akan membeli hewan sembelihan.
Goodbye cara aqiqah

Goodbye cara aqiqah yang harus Mother ketahui sebelum menggelar acaranya di rumah antara lain waktu pelaksanaan, syarat hewan kurban, pembagian hewan kurban, pemberian nama bayi, expositions pencukuran rambut bayi, hingga pembacaan doa aqiqah.
Goodbye cara aqiqah: Kapan aqiqah dilaksanakan?

Menurut ajaran Islam, tasyakuran aqiqah baik dilaksanakan di hari ketujuh setelah bayi lahir. Hal tersebut berdasar pada sabda Rasulullah SAW yang berbunyi:

“Semua anak tergadaikan dengan aqiqahnya yang disembelihkan pada hari ke-7, dicukur rambutnya, dan diberikan nama.”

Akan tetapi, jika terdapat halangan di hari ke-7, maka aqiqah tetap bisa dilangsungkan pada hari ke-14 ataupun ke-21.

Dan apabila terhalang oleh biaya, perayaan yang bersifat sunnah muakad ini joke dapat ditiadakan.
Goodbye cara aqiqah: Syarat kambing atau domba aqiqah

Nah jika Mother memiliki rezeki lebih dan berencana untuk mengadakan aqiqah untuk si kecil, Mother perlu berhati-hati dalam memilih hewan kurbannya. Sebab terdapat syarat tertentu yakni kambing atau domba harus dalam kondisi sehat dan berusia lebih dari 6 bulan.

Hadits Aisyah R.A. juga menjelaskan bahwa aqiqah anak laki sunnahnya menyembelih 2 ekor kambing dan 1 ekor kambing untuk anak perempuan tanpa mematahkan tulangnya.
Goodbye cara aqiqah: Pembagian kambing atau domba aqiqah

Kambing atau domba aqiqah yang telah disembelih wajib dikonsumsi oleh anggota keluarga dan dibagikan kepada kerabat maupun tetangga sekitar rumah dalam keadaan matang atau sudah dimasak dengan jumlah ⅓ dari all out keseluruhan daging.
Goodbye cara aqiqah: Memberi nama anak

Mother, tahukah Anda jika terdapat tahapan berupa pemberian nama anak di dalam acara aqiqah? Correct, expositions berikut dilakukan bersamaan dengan pencukuran rambut sang bayi.

Pada momen ini, orang tua sangat dianjurkan untuk memberi anaknya nama yang indah dengan harapan nama tersebut mampu menjadi cerminan akhlak serta perilakunya di masa depan.
Goodbye cara aqiqah: Expositions pencukuran rambut saat tasyakuran aqiqah

Sebenarnya, tidak ada penjelasan yang pasti mengenai goodbye cara maupun syarat pencukuran rambut saat tasyakuran aqiqah. Hanya saja, pencukuran rambut tersebut haruslah dilakukan secara merata.

Goodbye cara aqiqah: Membaca doa aqiqah

Terdapat beberapa doa aqiqah yang wajib dipanjatkan selama prosesi berikut berlangsung. Diantaranya adalah:

Doa aqiqah saat menyembelih hewan

“Bismillah Allahu Akbar Allaahumma minka wa laka, haadzihi ‘aqiiqotu fulaan”

Arti doa aqiqah: “Dengan Nama Allah, Allah maha besar, Ya Allah ini dari-Mu dan untuk-Mu. Ini adalah aqiqoh … … … .(nama sang anak).”

Doa aqiqah anak saat pencukuran rambut

“Bismillahirrahmanirrahim. Alhamdulillhi robbil ‘alamin. Allahumma nurus samawati wa nurusy syamsyi wal qamari. Allahumma sirrullahi nurun nubuwwati rosulullahi shollallahu ‘alaihi wa sallama wal hamdu lillahi robbil ‘alamina.”

Arti doa aqiqah: “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Ya Allah, cahaya langit, matahari dan rembulan. Ya Allah, rahasia Allah, cahaya kenabian, Rasululullah SAW, dan segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.”

Doa aqiqah anak setelah pencukuran rambut

“Allahumma inni u’idzuha bika wa dzurriyyataha minasy syaithanir rajim.”

Arti doa aqiqah: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon perlindungan untuk dia dan keluarganya dari setan yang terkutuk.”

Doa aqiqah anak laki atau perempuan

“U’iidzuka bi kalimaatillaahit tammaati min kulli syaithooni wa haammah. Wa min kulli ‘ainin laammah.”

Arti doa aqiqah: “Saya perlindungkan engkau, wahai bayi, dengan kalimat Allah yang prima, dari tiap godaan syaitan, serta tiap pandangan yang penuh kebencian.”

10 Ucapan aqiqah dari orang tua

Setelah mengetahui apa itu aqiqah mulai dari pengertian, hukum, hingga goodbye caranya, sekarang saatnya Anda mencari beberapa ide ucapan aqiqah yang bisa Mother sampaikan saat acara berlangsung.

“Alhamdulillah hadir sudah ke dunia putri/putra kami bernama … … … . (diisi dengan nama sang anak) yang lahir pada … … … . (diisi dengan tanggal, bulan, tahun kelahiran anak). Tak ada individualized structure withering berharga selain doa. Oleh karena itu, lewat ucapan aqiqah ini kami mohon doanya sekalian semoga putra/putri kami menjadi anak sholeh/shaleha, berbakti pada orang tuanya, dan berguna bagi agama serta bangsanya.”

“Bismillahirrohmanrirrahiim. Puji syukur terus dipanjatkan atas kehadirat Allah Subhanahu wa ta’alla karena telah memberikan rahmat dan karunia-Nya, sehingga acara aqiqah putri/putra kami … … … . (nama sang anak) bisa terlaksana dengan lancar pada hari … … … . (tanggal, bulan, tahun acara). Semoga Allah SWT menjadikannya anak sholeh/shaleha, berbakti pada orang tua, dan bermanfaat bagi agama serta bangsanya. Amin.”

“Bismillahirrohmanirrahiim. Alhamdulillah telah lahir anak kami tercinta … … … . (nama sang anak) pada … … … . (tanggal, bulan, dan tahun kelahiran anak). Tiada individualized structure terindah selain doa tulus ikhlas. Maka dari itu, lewat ucapan aqiqah ini kami memohon doanya semoga anak kami menjadi anak sholeh/shaleha yang berbakti pada kedua orang tuanya serta berguna bagi agama dan bangsanya.”

“Alhamdulillah aqiqah anak kami bernama … … … . (diisi nama sang anak) yang lahir pada … … … . (tanggal, bulan, tahun kelahiran anak) berlangsung dengan lancar. Semoga … … … . (diisi dengan nama sang anak) menjadi anak sholeh/shaleha, berbakti pada kedua orang tua, serta berguna bagi agama, nusa, dan juga bangsa. Amin ya Rabbal Alamin.”

“Bismillahirrohmanirrahiim. Tasyakuran dan aqiqah putra/putri kami bernama … … … . (diisi nama sang anak) di hari … … … . (diisi tanggal, bulan, dan tahun acara). Semoga kelak ia menjadi anak sholeh/shaleha yang berbakti kepada kedua orang tuanya quip berguna bagi agama serta masyarakat.”

“Bismillahirrohmanirrahiim. Alhamdulillah atas berkat rahmat dan ridha Allah Subhanahu wa ta alla telah lahir anak kami yang bernama … … … . (nama sang anak) pada hari … … … . (tanggal, bulan, dan tahun kelahiran anak). Semoga anak kami bisa tumbuh menjadi anak sholeh/shaleha, berbakti pada orang tuanya, dan juga bermanfaat bagi bangsanya. Amin.”

“Bismillahirrahmanirrahim. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Ucapan syukur tak henti-hentinya kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Berkat pertolongannya, anak kami, … … … . (diisi dengan nama sang anak) dapat lahir dengan selamat pada hari … … … . (tanggal, bulan, dan tahun kelahiran anak). Sebagai amanah-Nya, kami akan membesarkan dan membina … … … . (nama anak) menuju hidup yang mengutamakan kepatuhannya kepada Allah, Rasulullah, kedua orang tua, agama, dan bangsa. Amin. Wassalamualaikum Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh.”

“Alhamdulillah Aqiqah anak kami: … … … . (diisi dengan nama sang anak) lahir pada hari … … … . (diisi dengan tanggal, bulan, dan tahun kelahiran anak). Kami mengharapkan doa Bapak/Ibu/Saudara/Saudari semua. Semoga Allah menjadikannya anak yang sholeh/shaleha. Amin Ya Robbal Alamin.” – “Bismillahirrohmanirrahiim. Tak henti-hentinya kami panjatkan puji syukur dan rasa terima kasih kepada Allah SWT. Karena-Nya anak kami, … … … . (nama anak), dapat lahir secara sehat dan selamat di hari … … … . (tanggal, bulan, dan tahun kelahiran anak). Semoga kelak ia bisa menjadi anak yang sholeh/shaleha, berbakti pada orang tuanya, dan berjasa bagi negaranya. Aamiin.” – “Bismillahirrohmanirrahiim. Telah lahir anak kami, … … … . (nama anak) di hari … … … . (tanggal, bulan, dan tahun kelahiran anak) dengan sehat dan selamat.

Tak henti-hentinya kami sebagai orang tuanya memanjat kan puji syukur dan terima kasih kepada Allah SWT. Semoga kelak ia bisa menjadi anak yang sholeh/shaleha, berbakti pada orang tuanya, dan berjasa bagi negaranya. Aamiin.”

Nah, selain dapat diutarakan secara langsung, contoh ucapan aqiqah di atas juga bisa Mother jadikan sebagai tulisan aqiqah ataupun kartu aqiqah yang ditempelkan pada cendra mata untuk para tamu undangan.

Namun, apabila Anda sedang mencari contoh ucapan aqiqah untuk kerabat yang sedang menyelenggarakan tasyakuran, maka 10 ucapan aqiqah di bawah bisa menjadi pilihannya.
10 Ucapan aqiqah untuk pemilik hajatan

“Selamat, sahabat tersayang. Akhirnya selesai sudah kamu menjalankan salah satu syariat Islam. Kini anakmu telah diaqiqah. Lewat ucapan aqiqah ini, aku berharap semoga ia kelak menjadi seseorang yang bertaqwa pada Allah SWT.”

“Alhamdulillah. Di kartu ucapan aqiqah berikut, aku ingin mengucapkan selamat atas acara aqiqah mu yang telah berjalan lancar. Semoga jagoan kecil tersebut menjadi anak yang sholeh/shaleha dan bisa membanggakan kedua orang tuanya.”

“Aqiqah ini menjadi momen yang mengharukan tak hanya bagimu, tapi juga untukku sebagai seorang tante dari si cantik mungil. Melalu kartu ucapan aqiqah kali ini, izinkan aku berdoa semoga anakmu yang juga keponakanku tersebut bisa tumbuh sehat dan cerdas. Aamiin.”

“Selamat aqiqah untuk jagoan kecilmu. Mohon maaf aku tidak bisa hadir. Namun, jangan khawatir. Sebab lewat kartu ucapan ini tetap ku panjatkan doa semoga ia bisa tumbuh dengan sehat dan selalu berbakti pada orang tuanya.”

“Di kartu ucapan aqiqah berikut ingin ku sampaikan selamat atas kelancaran acara aqiqah hari ini. Semoga anakmu selalu diberi perlindungan oleh Allah SWT. Aamiin.”

“Selamat aqiqah. Terimalah kartu ucapan aqiqah dari ku. Izinkan aku berdoa semoga anakmu selalu berbakti dan bisa membanggakan kedua orang tua serta negaranya.”

“Semoga acara aqiqah menjadi awal yang baik bagi si kecil tersayang. Lewat kartu ucapan aqiqah berikut aku berdoa semoga kelak ia tumbuh besar menjadi seseorang yang sholeh/shaleha dan juga bertaqwa kepada Allah SWT.”

“Barakallah atas aqiqahnya, adikku tercinta. Terimalah kartu ucapan ini yang berisikan doa semoga Allah memberikan keturunan yang terbaik bagi mu dan keluarga. Amin.”

“Jagalah selalu amanah withering berharga dari Allah SWT. Semoga ia kelak bisa mencetak generasi sholeh/shaleha dan juga cerdas. Maaf aku sedang berhalangan hadir, namun izinkan kartu ucapan aqiqah berikut mewakilkan kehadiranku. Sekali lagi selamat atas aqiqahnya, sahabatku.”

“Aku berdoa lewat kartu ucapan aqiqah berikut. Semoga aqiqah ini bisa menjadi berkah bagimu dan juga si kecil tercinta. Semoga ia mampu menjadi penolongmu di akhirat. Amin.”

Kesimpulan

Itu tadi informasi lengkap mengenai aqiqah mulai dari pengertian, hukum, goodbye cara, doa, hingga contoh ucapan aqiqah.

Perlu diingat, syukuran aqiqah memang merupakan ibadah yang memiliki banyak keutamaan. Namun demikian, Mother tak perlu memaksa diri untuk melakukan perayaan yang mewah.

Sesuaikan saja dengan kemampuan finansial Mother sekeluarga. Sebab tujuan aqiqah yang withering utama adalah mengucap syukur atas kelahiran anak sekaligus mendoakannya. Semoga bermanfaat!

source:https://www.ruangmom.com/tata-cara-dan-doa-ucapan-aqiqah.html