15 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan & Aturan Konsumsi

Kebutuhan nutrisi anak adalah prioritas utama para orang tua. Jika anak mendapatkan asupan nutrisi yang cukup, mereka play on words akan tumbuh dan berkembang dengan baik. Untuk mewujudkan hal tersebut, Mother dapat memberikannya asupan sayuran seperti daun kelor. Bahkan manfaat daun kelor untuk kesehatan sudah dibuktikan oleh Kemenkes RI, lho Mother.

Selain murah, daun kelor juga mengandung banyak nutrient serta zat lain yang dibutuhkan tubuh. World Wellbeing Association atau WHO play on words menganjurkan daun ini dikonsumsi secara rutin oleh bayi dan anak.

Nah, agar lebih paham, yuk kenali kandungan serta khasiat daun kelor selengkapnya di bawah ini, Mother!
Kandungan daun kelor

Berbicara soal makanan sehat, Mother harus tahu bahwa daun kelor atau yang disebut dengan Moringa oleifera ini kaya akan manfaat.

Kandungan daun kelor tersebut di antaranya adalah kalium yang 3 kali lebih banyak daripada pisang. Tak hanya itu, daun ini juga mengandung vitamin A sebanyak 4 kalinya wortel, zat besi yang setara dengan 25 ikat bayam, dan L-ascorbic acid setara dengan 7 buah jeruk. Goodness, banyak sekali ya, Mother!

Sehingga dapat disimpulkan bahwa kandungan daun kelor antara lain:

Kalium
Protein
L-ascorbic acid
Vitamin A
Vitamin B6
Zat besi
Magnesium
Riboflavin (B2)

15 Manfaat daun kelor untuk kesehatan anak

Setelah Mother tahu kandungan daun kelor, sekarang saatnya bagi Mother memahami manfaat daun kelor untuk kesehatan anak dan keluarga.
1. Meningkatkan imunitas tubuh

Manfaat daun kelor yang pertama adalah dapat meningkatkan kekebalan tubuh anak. Sehingga ini akan membantunya melawan bakteri jahat yang berusaha masuk ke dalam tubuh.
2. Melawan infeksi

Daun kelor dikenal dengan sifatnya yang against inflamasi. Hal ini akan lebih banyak ditemukan apabila diolah dalam bentuk bubuk. Jadi, jika si kecil sedang sakit batuk, pilek, maupun infeksi ringan, cobalah berikan daun kelor sebagai obat alternatif.
3. Menambah energi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa manfaat daun kelor sangatlah baik untuk kesehatan. Salah satu alasannya adalah dapat menambah energi anak. Apalagi dalam masa pertumbuhan, mereka akan membutuhkan banyak energi agar bisa tumbuh dengan ideal. Oleh karena itu, berikan sayur daun kelor agar energinya tercukupi ya, Mother.
4. Meningkatkan metabolisme

Pada tahap pertumbuhan, anak akan mengalami metabolisme tubuh yang tinggi. Tetapi ketika sakit, tingkat metabolisme tersebut akan menurun. Nah, manfaat daun kelor untuk kesehatan bisa Anda rasakan di kondisi ini. Hal tersebut dikarenakan daun kelor kaya akan mineral, maka metabolismenya akan tetap terjaga.
5. Mengembangkan struktur sel

Perlu diketahui, daun kelor adalah sumber nabati yang mengandung asam amino. Di mana asam amino ini dapat mengembangkan struktur sel dalam tubuh anak.

6. Mencegah pallor

Manfaat daun kelor untuk kesehatan berikutnya adalah mencegah paleness. Paleness adalah keadaan di mana seseorang kekurangan sel darah merah, sehingga sering pusing dan lemas. Karena daun kelor mengandung tinggi zat besi, maka cocok sekali digunakan sebagai obat untuk mencegah paleness.
7. Menjaga kesehatan mata

Di atas sudah diterangkan bahwa ternyata daun kelor mengandung vitamin A sebanyak 4 kali lebih banyak daripada wortel. Sehingga sudah pasti ini akan menjaga kesehatan anak dengan baik.

Pasalnya anak dapat berisiko menderita kelainan mata less, rabun, maupun silinder, apalagi jika sering menatap layar contraption. Oleh karena itu, penting bagi Mother memperhatikan kesehatan matanya juga, ya.
8. Menyembuhkan luka

Manfaat daun kelor untuk kesehatan tak hanya bisa didapatkan dengan cara mengonsumsinya saja, akan tetapi juga sebagai obat oles. Karena daun ini dapat membantu menyembuhkan luka pada anak.
9. Perawatan kulit

Daun kelor yang mengandung vitamin A, C, dan E dapat dimanfaatkan sebagai perawatan kulit agar senantiasa sehat dan terjaga. Selain itu, masalah kulit seperti iritasi dan ruam juga bisa diobati dengan daun ini.
10. Pertumbuhan tulang

Manfaat daun kelor juga baik untuk pertumbuhan tulang si kecil. Karena kandungan fosfor serta kaliumnya adalah 4 kali lebih tinggi dari pada susu. Sangat baik untuk pertumbuhannya kan, Mother.
11. Melancarkan pencernaan

Pernahkah si kecil mengeluhkan perutnya sakit atau sembelit, Mother? Manfaat daun kelor untuk kesehatan berikutnya dapat melancarkan pencernaan karena mengandung nutrient, mineral, dan kalsium yang membantu penyerapan nutrisi dengan baik.
12. Memperbaiki suasana hati

Perubahan hormon dalam tubuh bisa saja membuat state of mind atau suasana hatinya berubah-ubah, Mother. Hal tersebut dapat disebabkan karena kurangnya serotonin dan dopamin di otak. Sehingga, Anda dapat mengatasinya dengan memberikan daun kelor kepada anak agar *mood*nya kembali baik.
13. Mencerdaskan otak

Tahukah Mother, bahwa manfaat daun kelor juga dapat mencerdaskan otak, lho. Ini dikarenakan kandungan asam amino dan asam folat yang baik untuk menutrisi otak anak. Tak hanya itu, L-ascorbic acid dan E play on words juga membantu kinerja otak sehingga lebih ideal.
14. Pertumbuhan rambut

Si kecil mengalami masalah pertumbuhan rambut yang lambat, Mother? Tenang, dengan mengonsumsi daun kelor, rambutnya akan segera lebat. Ini dikarenakan daun kelor mengandung vitamin B, C, dan asam amino yang membantu pembentukan protein keratin yang merupakan bahan dasar menyusun lapisan kulit untuk pertumbuhan rambut dan kuku.
15. Mengeluarkan racun dari dalam tubuh

Karena daun kelor bersifat against inflamasi, maka dapat membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh atau detoksifikasi. Sehingga racun dan bakteri penyebab penyakit yang ada dalam tubuh anak akan dibuang.

Aturan mengonsumsi daun kelor

Meskipun banyak manfaat daun kelor untuk kesehatan yang bisa didapatkan, namun Mother harus tahu aturan mengonsumsinya agar bisa memperoleh khasiatnya secara maksimal. Aturan tersebut adalah sebagai berikut.

Berikan porsi yang sedikit saja pada anak, misalnya cukup sejumput per hari
Tidak disarankan untuk memijat kepala anak dengan minyak daun kelor.
Boleh memberikan pijatan ringan pada tubuh anak dengan minyak daun kelor
Berikan daun kelor pada makanan anak setiap satu atau dua kali seminggu saja

Manfaat daun kelor untuk kesehatan ternyata banyak sekali ya, Mother. Kini Anda tak perlu ragu lagi memberikannya kepada si kecil agar tumbuh kembangnya dapat ideal. Tapi jangan lupa, selalu perhatikan aturan mengonsumsinya. Selamat mencoba!

source:https://www.ruangmom.com/manfaat-daun-kelor.html