Kewajiban Suami Terhadap Istri Menurut Islam?

Ternyata banyak yang tidak memahami kewajiban seorang pria terhadap istrinya menurut Islam. Selama ini nilai-nilai yang beredar di masyarakat cenderung menuntut agar istri lebih banyak menaati perintah suaminya tanpa dikompensasikan dengan menghormati hak-hak istri, yang juga penting dilakukan.

Meskipun anggapan ini sangat salah dan tidak adil. Islam sendiri mengajarkan pemeluknya untuk selalu mengakui bahwa suami dan istri memiliki status yang sama dalam hubungan perkawinan. Dengan demikian, kewajiban suami terhadap istrinya juga harus dipahami.

Apabila hak dan kewajiban setiap orang terpenuhi dengan baik, maka tentunya akan tercipta kehidupan rumah tangga yang sakina, mavadda, varahma. Bahkan pernikahan akan bahagia dan damai. Ketika datang ke tanggung jawab laki-laki untuk istri mereka. Kewajiban apa yang harus dipenuhi oleh seorang pria dalam Islam?

Menurut Imam Al-Ghazali dalam kitabnya “Adab fi Al-Din” dalam “Majmu’ Raseel”, Imam Al-Ghazali (Kira, Al-Mataba Al-Tawfiqia) menjelaskan tentang kesopanan suami terhadap istrinya, maka ia mengatakan apa selanjutnya. :
‘Adab dari suami ke istri, yaitu mendamaikan pasangan, tutur kata yang lembut, kasih sayang, dan kelapangan saat menyendiri, jarang meminta kesalahan, dan memaafkan istri jika berbuat salah. Maka jagalah harta istrimu, jangan terlalu banyak berdebat, bayar kebutuhan istrimu tanpa pelit, agungkan orang tua istrimu, selalu menepati janji dan selalu semangat untuk istrimu.

Berikut ini adalah daftar beberapa kewajiban suami terhadap istrinya menurut Islam yang harus dipenuhi, antara lain:

1. Donner Mahar
Mahar yang dimaksud bukan sekedar syarat sahnya perkawinan. Tetapi juga merupakan bentuk pemenuhan kewajiban seorang suami kepada istrinya untuk pertama kali, berapapun jumlahnya.

Kewajiban memberikan mahar kepada istri sudah tertuang dalam Al-Qur’an, tepatnya dalam Surat An-Nisa yang artinya: “Berilah mahar kepada wanita (yang kamu nikahi) sebagai hadiah yang rela”.
2. Pemberian Halal Stay
Pemeliharaan merupakan hak istri yang harus dipenuhi oleh suami. Dalam Islam, laki-laki bertanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan istri mereka sebagai hasil dari pekerjaan halal.

3. Berhubungan baik dengan perempuan

Selain pemenuhan kebutuhan lahiriahnya, perempuan juga berhak memenuhi kebutuhan lahir dan batinnya. Tatanan hidup batin ini merupakan salah satu tanggung jawab suami sebagai hubungan suami istri yang akrab, akrab dan penuh kasih sayang.
4. Menghormati wanita
Kewajiban suami terhadap wanita lain untuk menghormati istrinya dalam segala keadaan. Bentuk penghormatan seorang pria kepada istrinya dapat dilakukan dengan berbagai cara.

Misalnya, dengarkan baik-baik kata-kata istri Anda, hormati setiap pendapatnya, ikuti perintahnya, dan jaga nama baik istri Anda dengan keluarga dan orang lain.

5۔ Melindungi Stigma Wanita
Dalam Islam, suami istri adalah seperti pakaian yang saling melengkapi. Oleh karena itu, kewajiban seorang suami kepada istrinya adalah menjaga aibnya.

6. Kepala Istri
Suami adalah imam keluarga. Dan tugas suami terhadap istrinya adalah yang terpenting: memimpin istri dan keluarganya. agar mereka selalu dapat menaati perintah Allah dan menjauhi segala larangan. Memimpin keluarga tidak hanya dalam urusan agama tetapi juga dalam kehidupan bermasyarakat.
Sebenarnya masih banyak kewajiban suami terhadap istrinya yang harus dipenuhi. Salah satu yang terpenting adalah suami adalah pemimpin keluarga yang baik. Caranya adalah dengan memberikan contoh yang baik untuk istri dan anak-anak Anda sekaligus memenuhi semua kebutuhan keluarga dengan baik.

source:https://www.suara.com/news/2022/05/18/121454/apa-saja-kewajiban-suami-terhadap-istri-menurut-islam-ketahui-6-hal-penting-ini?page=3