3 Doa Agar Diberi Kecerdasan oleh Allah, Insya Allah Dikabulkan!

Sebagai makhluk yang tidak berdaya di hadapan penciptanya, memanjatkan doa agar diberi kecerdasan oleh Allah SWT amat dibutuhkan. Sebab, Allah adalah tempat bergantung dan tidak akan ada orang yang berpikir dengan baik tanpa diberi kecerdasan oleh Allah SWT.

Orang yang cerdas akan lebih mudah dalam mengatasi berbagai masalah. Dengan kecerdasan intelektual, moral, profound serta kecerdasan emosional yang baik, maka seseorang akan selamat baik dalam urusan dunia dan juga akhiratnya.

Dilansir BincangSyariah, di kalangan pesantren terdapat compositions futuh yang dimaknai sebagai keterbukaan hati dan diberi kecerdasan oleh Allah dalam menerima ilmu. Sehingga jika seseorang mendapatkan futuh, maka dia akan mudah menerima ilmu, serta memahami ilmu dengan baik dan benar.

Al-Burhan Jurnal Kajian Ilmu dan Pengembangan Budaya Alquran mencatat, terdapat kecerdasan profetik berdasarkan doa para nabi dalam Alquran, yakni kecerdasan holistik-integritas yang menghimpun kecerdasan profound, emosional, intelektual, adversitas, fisik dan naturalistik.
1. Doa Agar Diberi Kecerdasan oleh Allah SWT Pertama

Doa ini dicontohkan oleh Habib Ahmad receptacle Hasan Al-Attas

رَبِّ اشْرَحْ لِيْ صَدْرِيْ بِمَا شَرَحْتَ بِهِ صُدُوْرَ الصَّالِحِيْنَ مِنْ عِبَادِكَ وَيَسِّرْ لِيْ اَمْرِيْ بِمَا يَسَّرْتَ بِهِ اُمُوْرَ الصَّالِحِيْنَ مِنْ عِبَادِكَ وَاهْدِ قَلْبِيْ بِمَا هَدَيْتَ بِهِ قُلُوْبَ الصَّالِحِيْنَ مِنْ عِبَادِكَ وَسَدِّدْ لِسَانِيْ بِمَا سَدَّدْتَ بِهِ اَلْسِنَةَ الصَّالِحِيْنَ مِنْ عِبَادِكَ بِحَقِّ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صلى الله عليه وسلم

(Robbisyrohlii shodrii bimaa syarohta bihii shuduurosh shoolihiina min ‘ibaadika wa yassirlii amrii bimaa yassarta bihii umuurosh shoolihiina min ‘ibaadika wahdi qolbii bimaa hadaita bihii quluubash shoolihiina min ‘ibaadika wa saddid lisaanii bimaa saddadta bihii alsinatash shoolihiina min ‘ibaadika bihaqqi sayyidinaa muhammadin shollallaahu ‘alaihi wa sallam)

Artinya: “Ya Tuhanku, lapangkanlah dadaku dengan sesuatu yang mana dengannya Engkau telah melapangkan dada orang shaleh dari kalangan hamba-Mu, mudahkanlah urusanku dengan sesuatu yang mana dengannya Engkau telah memudahkan urusan orang shaleh dari kalangan hamba-Mu,

berilah hatiku petunjuk dengan sesuatu yang mana dengannya Engkau telah menunjukkan hati orang shaleh dari kalangan hamba-Mu, luruskanlah lisanku dengan sesuatu yang mana dengannya Engkau telah meluruskan lisan orang shaleh dari kalangan hamba-Mu, melalui kemuliaan Nabi Muhammad SAW.”

2. Doa Agar Diberi Kecerdasan oleh Allah SWT Kedua

اَللهُمَّ اَلْهِمْنِىْ رُشْدِيْ وَقِنِىْ شَرِّ نَفْسِىْ

(Allaahumma Alhimnii Rusydii Waqinii Syarri Nafsii)

Artinya: “Ya Allah, ilhamkanlah kepadaku kecerdasan dan lindungilah aku dari kejahatan nafsuku.”
3. Doa Agar Diberi Kecerdasan oleh Allah SWT Ketiga

(Allahummaj’al nafsi nafsan thoyyibatan muthmainnatan thoi’atan hafizhotan tu’minu biliqoik wa taqna’u bi ‘athoik wa tardho bi qodhoik wa takhsyaka haqqo khosyyatik la haula wala quwwata illa billahil ‘aliyyil ‘azhim)

Artinya: “Ya Allah jadikanlah hatiku hati yang tenang, yang yakin akan bertemu dengan-Mu, yang puas dengan pemberian-Mu, dan rela dengan ketentuan-Mu, tiada daya dan upaya melainkan dengan pertolongan Allah Yang Maha Tinggi dan Maha Agung.”

Para ulama zaman dahulu terkenal sebagai orang yang memiliki kecerdasan otak dan hafalan yang kuat. Salah satu buktinya adalah banyaknya hadis dari Rasulullah SAW yang telah diriwayatkan dan dapat diterima dan diamalkan oleh manusia hingga saat ini.

Oleh karena itu, selain memanjatkan doa agar diberi kecerdasan oleh Allah SWT, ada juga beberapa amalan agar memiliki otak yang cerdas serta kuat hafalan, seperti:
1. Tinggalkan Maksiat

Maksiat adalah perbuatan yang melanggar perintah Allah SWT yang menghasilkan dosa. Selain akan mengakibatkan dosa dan mengundang murka Allah SWT, salah satu bahaya dari perbuatan maksiat adalah memunculkan sifat mudah lupa.

Hal ini karena ilmu adalah cahaya, sedangkan maksiat adalah kegelapan. Dan gelapnya maksiat tidak akan pernah berkumpul dengan terangnya cahaya ilmu hingga kapanpun juga. Imam Syafi’i rahimahullah berkata:

شكوت إلى وكيع سوء حفظي * * فأرشدني إلى ترك المعاصي

وأخبرني بأن العلم نور * * ونور الله لا يهدى لعاصي

Artinya: “Aku mengadu kepada Waki’ (master beliau) tentang buruknya hafalanku. Maka beliau menasehatiku agar meninggalkan maksiat. Beliau memberitahuku bahwa ilmu adalah cahaya. Dan cahaya Allah itu tidak diberikan kepada pelaku maksiat.” (I’anatut Thalibin 2/190)
2. Hindari Makan Terlalu Banyak

Dalam Islam terdapat adab dan aturan makan yang harus dijalankan oleh kaum muslimin. Rasulullah SAW bahwaj mengajarkan untuk makan ketika lapar dan berhenti sebelum kenyang. Terlalu banyak makan hingga kekenyangan menjadikan seseorang suka tidur, tubuhnya lemas, dan malas.

Hal ini juga berkaitan dengan penyakit yang akan menimpa badan. Sebagaimana dikatakan syair:

فإن الداء أكثر ما تراه يكون من الطعام أو الشراب

“Sesungguhnya banyaknya penyakit yang anda lihat, karena dari makanan dan minuman.”

3. Perhatikan Makanan

Agar dapat memiliki otak yang cerdas dan juga hafalan yang kuat, seseorang perlu memperhatikan makanan yang masuk ke dalam perut. Beberapa makanan yang dapat meningkatkan kecerdasan adalah madu, kismis, dan susu.

Imam Zuhri rahimahullah mengatakan: “Hendaknya anda mengkonsumsi madu, karena dapat menguatan hafalan. Beliau juga berkata, “Siapa yang ingin menghafal hadis, hendaknya dia mengkonsumsi kismis.” (Al-Jami’ karangan Al-Khotib: 2/394).
4. Berdzikir

Dzikir adalah mengucapkan kalimat subhanallah, walhamdulillah, wallahu akbar, dan sebagainya. Allah SWT memerintahkan Nabi SAW agar berdzikir kepada-Nya ketika lupa. Perintah ini juga berlaku bagi umat Islam. Allah SWT berfirman:

وَاذْكُر رَبَّكَ إذَا نَسِيتَ

“Dan berdzikirlah kepada Pemeliharamu bila engkau lupa.” (QS Al-Kahfi: 24)

Selalu memanjatkan doa agar diberi kecerdasan oleh Allah SWT adalah bagian dari usaha untuk mendapatkan kemuliaan di dunia dan akhirat.

source:https://www.orami.co.id/magazine/doa-agar-diberi-kecerdasan-oleh-allah