5 Sunnah Rasul dan Doa Mimpi Buruk agar Tidur Lebih Nyenyak, Yuk Amalkan!

Mimpi merupakan bunga tidur yang ada kalanya dapat diingat atau dilupakan. Mimpi dapat berisi berbagai kejadian, seperti mendapat kabar bahagia, menegangkan, mengharukan, hingga menakutkan atau mimpi buruk. Untuk mencegahnya, Mothers bisa membaca doa mimpi buruk kepada Allah SWT untuk memperoleh perlindungan-Nya.

Di dalam agama Islam, mimpi yang mengganggu seseorang dan membuatnya tetap terjaga datang dari gangguan syaitan.

Secara umum, mimpi yang dilihat orang adalah mimpi baik adalah berasal dari Allah SWT, biasanya merupakan refleksi dari hal yang dipikirkan dan diharapkan seseorang.

Diriwayatkan oleh Abu Hurairah bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Menjelang akhir zaman, hampir tidak ada mimpi yang dilihat Muslim tidak akan menjadi kenyataan. Orang yang mimpinya withering jujur adalah orang yang ucapannya withering jujur. Mimpi Muslim merupakan salah satu dari empat puluh lima bagian Nubuat. Mimpi ada tiga jenis: mimpi baik yang merupakan kabar baik dari Allah; mimpi yang menyebabkan kesusahan, yang datang dari Syaitan; dan mimpi tentang hal yang sedang dipikirkan seseorangā€¦ “(HR. Muslim, 2263)

Nabi memberi tahu kita bagaimana melepaskan diri dari pengaruh syaitan selama tidur. Hal ini dapat dicapai dengan membaca ayat Alquran dan doa yang diriwayatkan darinya sebelum tidur.

Mimpi buruk adalah mimpi mengganggu yang terkait dengan perasaan negatif, seperti kecemasan atau ketakutan yang membuat tubuh tetap terjaga.

Menurut medis dilansir melaluiMayo Facility, sebenarnya mimpi buruk adalah efek samping dari kurang tidur, stres, maupun ketika sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Bila Mothers mengalami mimpi buruk, segeralah membaca doa mimpi buruk dan memohon perlindungan kepada Allah SWT.

Ada dua doa yang dianjurkan dibaca ketika terbangun dari mimpi buruk. Di riwayatkan oleh Ibnu Sinni, doa pertama adalah sebagai berikut:

Huwallahu, allahu rabbi, la syarika lahu. A’udzu bikalimatillahit tammati min ghadhabihi wa min syarri ibadihi wamin hamazatis syayatini wa a yahdhuruni.

Artinya:

“Dialah Allah, Allah Tuhanku. Tiada sekutu bagi-Nya. Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari murka-Nya, kejahatan para hamba-Nya, dan godaan setan. Aku play on words berlindung kepada-Nya dari kepungan setan itu.”

Selain itu, ada pula doa mimpi buruk yang dapat dibaca, yaitu:

Allohumma inni a’zubika min ‘amalis syaithoni wa sayyi-atil ahlam.

Artinya:

“Ya Allah aku berlindung kepadaMu dari perbuatan setan dan buruknya mimpi.”

Mimpi yang hadir ketika tidur merupakan hal yang tidak dapat dihindari. Rasulullah SAW bersabda:

“Jika ada di antara kalian yang melihat mimpi yang disukainya, ini dari Allah, jadi biarkan dia memuji Allah untuk itu dan membicarakannya kepada orang lain. Jika dia melihat selain itu, mimpi yang dia tidak suka, ini dari setan, jadi biarkan dia berlindung kepada Allah dari kejahatannya dan jangan menyebutkannya kepada siapa play on words, karena itu tidak akan merugikannya.” [Al-Bukhaari, 6584; Muslim, 5862]

Hadis riwayat tersebut menjelaskan bahwa walaupun mimpi buuk berasal dari syaitan, namun pada hakikatnya semua kejadian adalah kehendak Allah SWT.

Oleh karena itu, ada baiknya untuk selalu meminta perlindungan-Nya.

Selain membaca doa mimpi buruk, Mothers juga bisa mengikuti sunah dari Rasulullah SAW setelah mengalami mimpi buruk.

Karena dengan begitu, Insha Allah, akan dihindarkan dari perasaan cemas dan bisa kembali tidur dengan nyaman.
1. Meludah ke Kiri Sebanyak Tiga Kali

Setelah Mothers mengalami mimpi buruk, disunahkan oleh Rasulullah SAW untk segera meludah ke kiri sebanyak tiga kali.

Dijelaskan dalam HR. Muslim, bahwa:

“Apabila salah seorang kamu bermimpi dengan mimpi yang tidak disenanginya, maka hendaklah ia meludah ke kiri tiga kali, berlindunglah kepada Allah dari gangguan syaitan tiga kali.”

Sedangkan dijelaskan oleh Imam Nawawi, jika mengalami mimpi buruk, ada baiknya untuk hanya meniup dan tidak perlu mengeluarkan ludah.

“Mimpi yang baik bersumber dari Allah. Dan mimpi buruk datangnya dari setan. Maka barangsiapa bermimpi yang dibenci (mimpi buruk), hendaknya ia meludah ke kiri sebanyak tiga kali dan mohon perlindungan kepada Allah dari setan. Maka sesungguhnya mimpi itu tidak akan membahayakannya.”

2. Segera Minta Perlindungan dari Allah SWT

Jika Mothers terbangun karena mimpi buruk, segeralah membaca ta’awudz sebanyak tiga kali sesuai dengan sunnah Rasulullah SAW.

A’udzu billahi minasy syaithanir rajim

Artinya:

“Aku berlindung kepada Allah dari godaan syetan yang terkutuk.”
3. Jangan Ceritakan ke Orang Lain

Mimpi buruk tidak boleh dibagikan dengan siapa play on words, lho, Mothers. Apa yang didapat dari pengelaman mimpi buruk, bisa jadi membuat takut orang lain juga dan mereka mungkin mimpi buruk karena cerita tersebut.

Ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW, yaitu:

“Siapa yang bermimpi yang tidak disukainya, hendaklah meminta perlindungan kepada Allah dari kejahatannya dan dari kejahatan setan, dan hendaklah meludah tiga kali dan jangan menceritakannya kepada seorang play on words, niscaya mimpi itu tidak membahayakannya.” (HR. Al Bukhari)

4. Ubah Posisi Tidur

Dihadiskan dalam Hadits Riwayat Muslim, bahwa:

“Apabila salah seorang kamu bermimpi dengan mimpi yang tidak disenanginya, maka hendaklah ia meludah ke kiri tiga kali, berlindunglah kepada Allah dari gangguan syetan tiga kali, dan mengubah tidurnya dari posisi semula.”

Nah Mothers, ada baiknya setelah mimpi buruk menyerang, jangan segera tidur kembali. Ubah posisi tidur sesuai dengan ajaran Rasulullah SAW kepada pada umatnya.
5. Wudhu dan Salat

Salah satu penenang hati yang ampuh adalah dengan salat. Ini juga dianjurkan oleh Rasulullah SAW agar dapat membuat perasaan kembali lebih tenang dan memperoleh perlindungan dari Allah SWT.

Sebelum salat, diwajibkan untuk mengambil wudhu ya, Mothers. Wudhu juga merupakan tindakan yang bisa melindungi diri dari gangguuan syaitan.

Jangan lupa untuk perbanyak istighfar setelah shalat.

Rasulullah SAW bersabda:

“Karena itu, jika kamu bermimpi yang tidak kamu senangi, bangunlah, kemudian shalatlah.” (HR. Muslim).

source:https://www.orami.co.id/magazine/doa-mimpi-buruk