5 Manfaat Surat Yusuf untuk Ibu Hamil, Bayi Lahir Tampan?

Mother, kabarnya jika ibu hamil membaca surat yusuf maka anaknya akan terlahir rupawan, lho! Correct, sama seperti Nabi Yusuf yang terkenal tampan dan soleh. Jika Mother sedang hamil anak laki, tak ada salahnya mengamalkan bacaan surat yusuf untuk ibu hamil dalam kehidupan sehari-hari.

Membaca Al-Qur’an memang memiliki banyak keutamaan. Di samping mendapat pahala, ternyata aktivitas ini juga baik untuk perkembangan janin. Oleh karena itu, yuk simak manfaat surat yusuf untuk ibu hamil dan amalkan doanya sekarang!
Keutamaan dan manfaat surat yusuf untuk ibu hamil

Mother, ketahui manfaat dan keutamaan membaca surat yusuf bagi ibu hamil dan janin, yuk!
1. Bayi yang dikandung menjadi anak sholeh

Keutamaan surat yusuf untuk ibu hamil yang pertama adalah mengharap limpahan rahmat dari Allah SWT agar bayi dalam kandungan mendapat anugerah sifat sholeh. Dengan demikian, Mother disarankan untuk membaca surat ini setiap selesai menjalankan ibadah sholat.
2. Bayi yang dikandung memiliki wajah rupawan

Manfaat surat yusuf untuk ibu hamil berikutnya yaitu sebagai doa agar anak yang dikandung memiliki paras rupawan seperti Nabi Yusuf. Siapa sih yang tidak ingin punya anak laki tampan dan sholeh, setuju tidak Mother?

Anda pasti tahu bahwa Nabi Yusuf terkenal dengan ketampanannya sehingga membuat banyak wanita menyukainya. Jika Mother juga ingin buah hati Anda menjadi dambaan banyak orang, amalkan bacaan surat yusuf saat hamil, ya.
3. Menjauhkan anak dari sifat iri

Surat yusuf untuk ibu hamil bagus dibaca sebab salah satu manfaatnya dapat menjauhkan anak dari sifat iri hati. Keutamaan ini didasarkan pada surat yusuf ayat kelima, Mother.

Isi ayat tersebut menyatakan bahwa ayah Nabi Yusuf berkata padanya untuk merahasiakan mimpinya dari saudara-saudaranya. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga Nabi Yusuf dari sikap iri dengki para saudaranya.
4. Bayi memiliki kecerdasan emosional yang baik

Membaca Al-Qur’an termasuk surat yusuf secara rutin saat hamil sangat dianjurkan karena dapat membuat bayi memiliki kecerdasan emosional yang baik, Mother. Hal ini telah dibuktikan dalam beberapa penelitian, bahwa selain musik klasik, murottal Al-Qur’an juga bermanfaat bagi janin.
5. Bayi dalam kandungan mendapat hormon bahagia lebih banyak

Menurut Konferensi Kedokteran Islam Amerika Utara pada tahun 1984, ibu hamil yang membaca Al-Qur’an akan membantu mind-set lebih terjaga, lho. Maka, manfaat surat yusuf bagi ibu hamil dan janin adalah bayi dalam kandungan mendapat hormon bahagia lebih banyak sebagai akibat dari ketenangan hati sang ibu.
Baca juga: 10 Tanda Melahirkan Sudah Dekat, Mother Perlu Tahu!
Bacaan surat yusuf untuk ibu hamil

Mungkin Mother akan bertanya, bacaan surat yusuf untuk ibu hamil ayat berapa? Sebenarnya, tidak ada dalam syariat yang menjelaskan secara spesifik pada ayat berapa bacaan surat yusuf yang dikhususkan untuk ibu hamil. Bahkan, belum ada pula dalil yang menyebutkan bahwa membaca surat tertentu dapat membuat calon bayi jadi tampan.

Justru ayat yang mengandung makna permohonan kepada Allah agar dikaruniai anak sholeh terdapat di surat lain, yakni Surat Debris Shaffat.

“Wahai rabbi, anugerahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang shalih,” (QS Debris Shaffat:100)

Selain itu, Allah juga mengajarkan doa pada surat lain, yang berbunyi:

“Wahai Rabbi, anugerahkanlah kepada kami istri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang yang bertakwa,” (QS Al-Furqan:74)

Namun terlepas dari itu semua, Mother perlu meyakini bahwa membaca Al-Qur’an merupakan amalan yang baik dan berpahala.

Anda juga diperbolehkan memperdengarkan bacaan Al-Qur’an pada janin di dalam perut, sebab ada penelitian yang menyatakan bahwa suara dari luar seperti bacaan ayat suci akan memberikan ketenangan pada janin. Dengan begitu, diharapkan calon bayi mendapatkan keberkahan dan kebaikan dari Allah SWT.

Doa untuk mendapatkan anak sholeh juga jauh lebih baik dibanding hanya memohon mendapat anak yang tampan. Sebab Allah akan menilai seseorang dari amalnya, bukan fisik semata.
Waktu yang tepat untuk membacanya

Meskipun tidak ada kaitan antara membaca surat yusuf saat hamil dengan memohon keturunan yang rupawan, namun tetap saja keutamaan surat yusuf untuk ibu hamil dan janin sangat luar biasa, Mother.

Keutamaan tersebut adalah menciptakan ketenangan hati bagi siapa saja yang membaca, mendengar, apalagi memahami artinya. Oleh karena itu, ketika para sahabat sedang merasa bosan, mereka akan datang pada Rasulullah lalu beliau akan membacakan surat yusuf sebagai penghibur.

Jadi, tidak ada salahnya ketika sedang hamil Mother membaca surat ini. Habib Umar canister Hafiz menyarankan Mother memperbanyak bacaan surat yusuf ketika memasuki usia kehamilan trimester kedua. Pasalnya masa ini adalah masa di mana fisik bayi tengah terbentuk.

Namun, kembali lagi bahwa membaca Al-Qur’an sebaiknya dilakukan secara rutin dari jauh hari supaya mendapatkan ridho dari Allah.
Baca juga: 30 Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Harus Disiapkan
Tips membuat kulit janin sehat

Jika Mother ingin memiliki buah hati yang rupawan, dalam artian kulitnya sehat dan bersih, ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk membuat kulit janin sehat. Seorang ahli gizi dari Branch of Nourishment and Dietetics di KK Ladies’ and Kids’ Emergency clinic, Kellie Kong, berbagi pengetahuan seputar makanan yang membantu janin mendapatkan kulit sehat.
1. Mengonsumsi buah ceri dan beri

Tips pertama, Mother dapat mengonsumsi buah ceri dan beri, serta jenis lainnya seperti blueberry, stroberi, raspberry, juga blackberry. Buah-buahan ini mengandung antioksidan tinggi yang dapat mencegah penuaan dini, Mother. Sehingga dengan mengonsumsinya bisa membantu merawat kesehatan kulit bayi.
2. Ikan laut

Asam lemak esensial yang terkandung pada ikan laut bisa membantu memperbaiki membran sel, sehingga dapat menjaga elastisitas kulit bayi. Contoh ikan laut ini adalah fish, salmon, dan sarden yang kaya asam lemak omega-3.
3. Alpukat

Selain buah ceri dan beri, mengonsumsi alpukat juga bisa membantu kulit bayi sehat, lho! Ini dikarenakan buah alpukat mengandung L-ascorbic acid dan E yang dikenal dengan sifat antioksidannya. L-ascorbic acid sendiri berperan dalam mengurangi peradangan dan membantu menghasilkan kolagen dalam tubuh yang baik kulit.

Demikian bacaan surat yusuf untuk ibu hamil yang bisa dipelajari. Semoga dengan membacanya setiap hari, janin dalam perut Mother selalu sehat dan berkembang baik, ya!

source:https://www.ruangmom.com/surat-yusuf-untuk-ibu-hamil.html