7 Doa Agar Anak Nurut Perkataan Ibunya, Pintar & Lembut Hati

Rumah adalah tempat anak mendapatkan pendidikan yang pertama. Jadi, Mother dan Father harus mendidik anak sebaik mungkin agar mereka memiliki akhlak baik. Namun, di samping itu Anda juga bisa memperkuat dengan membaca doa agar anak nurut perkataan ibunya.

Tak dapat dipungkiri, ada fase di mana anak bertingkah nakal sehingga kerap membuat orang tua jengkel. Alih memarahinya, sebaiknya Mother memberikan penjelasan dengan cara baik serta membacakan doa agar anak nurut dan tidak nakal di bawah ini.
Doa Agar Anak Nurut Perkataan Ibunya

Saat mendampingi anak untuk belajar berbagai hal, tidak jarang Mother dan Father diuji dengan anak yang suka membantah atau fit of rage. Jika Mother sudah melakukan banyak cara namun masih belum berhasil, doa bisa menjadi salah satu cara efektif agar anak nurut perkataan ibunya.

Berikut beberapa doa agar anak nurut perkataan orang tua yang dapat Mother dan Father amalkan saat mendampingi compositions belajar buah hati.
1. Doa Memohon Diberikan Keturunan yang Baik

Ternyata berdoa tidak hanya bisa dilakukan setelah anak lahir lho, Mother! Anda justru disarankan mendoakan anak sejak menerima kabar kehamilan. Supaya dikaruniai anak yang baik, Mother dan Father bisa mengamalkan Doa Nabi Zakaria yaitu surat Al-Imran ayat 38:

رَبِّ هَبۡ لِي مِن لَّدُنكَ ذُرِّيَّةٗ طَيِّبَةًۖ إِنَّكَ سَمِيعُ ٱلدُّعَآءِ

Robbi hablii milladunka dzurriyyatan thoyyibatan innaka sami’ud du’a’

Artinya: “Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa”
2. Doa untuk Melembutkan Hati Anak

Memiliki anak berkemauan keras merupakan anugerah bagi orang tua karena anak dapat tumbuh menjadi pribadi gigih dan tangguh. Namun, ada kalanya terjadi pertengkaran antara orang tua dan anak karena perbedaan atau miskomunikasi. 

Jika Mother sering bertengkar dengan si kecil Anda bisa membacakan doa agar anak nurut ibunya, yaitu surat Asy-Syura ayat 19:

اَللّٰهُ لَطِيْفٌۢ بِعِبَادِهٖ يَرْزُقُ مَنْ يَّشَاۤءُ ۚوَهُوَ الْقَوِيُّ الْعَزِيْزُࣖ

Allaahu laṭiifum bi’ibaadihi yarzuqu may yasyaa’, wa huwal-qawiyyul-‘aziiz

Artinya: “Allah Maha Lembut takdir-Nya (serta melimpah-limpah kebaikan dan belas kasihan-Nya) terhadap hamba-Nya; Ia memberi rezeki kepada siapa yang dikehendaki-Nya (menurut peraturan yang sudah ditetapkan), dan Dialah Yang Maha Kuat, lagi Maha Kuasa”
3. Doa agar Anak Nurut dan Tidak Nakal

Tingkah laku anak seperti iseng atau fit sering membuat Mother dan Father geleng kepala. Butuh kesabaran ekstra untuk menghadapi anak dalam fase ini. Jika Mother dan Father bermasalah dengan anak fit, Anda dapat membaca doa agar anak nurut perkataan orang tua berikut:

بِسْمِ اللهِ الَّذِىْ لاَيَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْئٌ فِى اْلاَرِضِ وَلاَ فِى السَّمَآءِ وَهُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ

Bismillahilladzi laa yadhurru ma’asmihi syai’un fil ardhi wala fis samaa’i wahuwas sami’ul alim

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah, Dzat dengan asma-Nya, yang tidak akan bisa membahayakan apapun yang ada di bumi dan langit. Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui”
4. Doa agar Anak Nurut dan Pintar

Tiap orang tua pasti menginginkan anaknya tumbuh menjadi seorang yang pintar dan sukses. Selain memberikan pelajaran melalui pendidikan formal, Mother juga bisa berusaha melalui doa agar anak nurut dan pintar dengan bekal ilmu yang mereka miliki. Berikut doa untuk Anda amalkan setelah sholat:

اَللَّهُمَّ امْلَأْ قُلُوْبَ أَوْلَادِنَا نُوْرًا وَحِكْمَةً وَأَهْلِهِمْ لِقَبُوْلِ نِعْمَةٍ وَاَصْلِحْهُمْ وَاَصْلِحْ بِهِمُ الْأُمَّة

Allahummamla’ quluba auladina nuron wa hikmatan wa ahlihim liqobuli ni’matin wa ashlih-murmur wa ashlih bihimul ummah

Artinya: “Ya Allah, penuhilah hati anak kami dengan cahaya dan hikmah, dan jadikan mereka hamba-Mu yang pantas menerima nikmat, dan perbaikilah diri mereka dan perbaiki pula umat ini melalui mereka”
Baca juga: 5 Manfaat Surat Yusuf untuk Ibu Hamil, Kapan Harus Membacanya?
5. Doa Memohon Anak Saleh dan Salehah

Tidak ada hal yang lebih menyenangkan bagi orang tua selain menyadari anaknya dekat dengan Allah SWT dan taat menjalankan perintah-Nya. Memahami agama membuat anak mengetahui batasan baik dan buruk serta nurut perkataan ibunya.

Supaya anak tumbuh menjadi orang saleh dan salehah Mother dan Father dapat mengamalkan doa berikut.

اَللَّهُمَّ اجْعَلْ أَوْلَادَنَا أَوْلَادًا صَالِحِيْنَ حَافِظِيْنَ لِلْقُرْآنِ وَالسُّنَّةِ فُقَهَاءَ فِى الدِّيْنِ مُبَارَكًا حَيَاتُهُمْ فِى الدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ

Allahummaj’al auladana auladan shoolihiin haafizhiina lil qur’ani wa sunnati fuqohaa fid diin mubarokan hayatuhum fid dunya wal akhirah

Artinya: “Ya Allah jadikan anak-anakku ahli ilmu dan ahli kebaikan dan jangan jadikan mereka ahli keburukan dan ahli madhorot”
6. Doa agar Anak Nurut Perkataan Ibunya

Surat Al-Insyirah dikenal sebagai surat yang dapat membantu seseorang mengatasi masalah dalam hidupnya. Jika anak bandel menjadi masalah utama bagi Mother dan Father, Anda dapat membaca surat ini seusai sholat fardhu.

Dengan rutin mengamalkan surat Al-Insyirah sebagai doa agar anak nurut perkataan ibunya, diharapkan Allah SWT membukakan hati dan pikiran anak sehingga tidak bandel lagi.
7. Doa agar Anak Nurut Perkataan Orang Tua

Anak nakal dan suka membantah menjadi tantangan besar bagi orang tua yang sedang membesarkan anak. Di usia 3 hingga 7 tahun anak sedang mengalami pertumbuhan pesat dengan rasa ingin tahu yang tinggi. 

Keingintahuan ini kadang dianggap orang tua sebagai perlawanan dan memicu emosi. Berikut doa agar anak nurut sama orang tua yang dapat Mother dan Father amalkan.

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَٰجِنَا وَذُرِّيَّٰتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَٱجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

Rabbana hab lana min azwajina wa dzurriyatina qurrata a’yunin waj’alna lil muttaqina imama

Artinya: “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami, istri kami, dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang yang bertakwa”

Itulah beberapa doa agar anak nurut perkataan ibunya yang bisa Mother amalkan. Memiliki anak sholeh-sholehah serta berbakti pada orang tua tentu menjadi harapan semua Mother dan Father. Untuk itu, sembari mengajarkannya pendidikan akhlak sejak dini, Anda bisa sekaligus berdoa kepada Allah SWT.

source:https://www.ruangmom.com/doa-agar-anak-nurut-perkataan-ibunya.html