7 Ucapan Doa untuk Anak Sakit agar Sembuh, Ini Bacaan Rasulullah

Sebagai orang tua, melihat anak sedang sakit tentu membuat Mother merasa tidak tenang dan gelisah. Terlebih jika si kecil sering rewel dan tidak nyaman dengan kondisinya. Jika demikian, tak ada salahnya Mother memanjatkan ucapan doa untuk anak sakit.

Dengan membacakan doa untuk anak sakit sesuai sunnah, niscaya hati Anda menjadi lebih tenang. Sebab, selain pengobatan medis, berserah pada Allah juga merupakan salah satu bentuk ikhtiar untuk menyembuhkan penyakit.
Ucapan doa untuk anak sakit agar cepat sembuh

Saat anak sakit, orang tua biasanya akan mengarahkan segala bentuk perhatian dan upaya agar buah hatinya lekas sembuh serta riang lagi, termasuk memanjatkan doa pada Sang Pencipta. Mother, berikut beberapa ucapan doa untuk anak sakit yang bisa Anda amalkan demi kesembuhan si kecil.
1. Ucapan doa untuk anak sakit dari Rasulullah

Islam telah mengatur berbagai macam hal dalam kehidupan dunia dan akhirat, tak terkecuali menghadapi anak yang sedang sakit. Agar segera diangkat penyakitnya, bacakanlah ucapan doa untuk anak sakit yang pernah dibaca Rasulullah di bawah ini, Mother.

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ مُذْهِبَ الْبَاسِ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِى لاَ شَافِىَ إِلاَّ أَنْتَ ، شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

Allahumma rabban naas mudzhibal ba’si isyfi antasy-syaafii laa syafiya illaa anta syifaa a laa yughaadiru saqoman.

Artinya: “Ya Allah Ya Tuhanku, Tuhan seluruh manusia. Hilangkanlah penyakit. Berilah kesembuhan sebab Engkau adalah penyembuh. Tak ada yang mampu menyembuhkan penyakit kecuali Engkau dengan kesembuhan tanpa menyisakan rasa sakit.” (HR. Bukhari, no. 5742; dan Muslim, no.2191).
2. Ucapan doa untuk anak sakit panas

Dari Ibnu Abbas RA meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW pernah mengajarkan doa ini saat sahabatnya terserang demam. Mother juga bisa menjadikannya sebagai doa untuk anak sakit panas.

بِسْمِ اللهِ الْكَبِيْرِ أَعُوْذُ بِاللهِ الْعَظِيْمِ مِنْ شَرِّ كُلِّ عِرْقٍ نَعَّارٍ وَمِنْ شَرِّ حَرِّ النَارِ

Bismillahil kabiiri. Nauudzu billaahil adhimi min syarri irqin na aarin wa min syarri harrin naar.

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, dan dengan nama Allah Yang Maha Besar. Saya berlindung pada Allah dari kejahatan keringat yang dapat mendidihkan darah dan kejahatan panas programming interface neraka.”
3. Ucapan doa untuk anak sakit yang dibaca Rasulullah untuk keluarganya

Rasulullah SAW sering melafalkan doa ini saat ada anggota keluarganya yang sedang sakit.

امْسَحِ الْبَأْسَ رَبَّ النَّاسِ بِيَدِك الشِّفَاءُ لَا كَاشِفَ لَهُ إلَّا أَنْتَ

Amsihil ba’sa rabban naasi biyadikas syifaa’u laa kaasyifa lahu illa anta.

Artinya: “Wahai Rabb manusia, Hilangkanlah rasa sakit. Segala kesembuhan ada di tangan-Mu, tak ada yang bisa menghilangkan penyakit tersebut kecuali Engkau.” (HR. Bukhari Muslim).
Baca juga: 15 Cara Menurunkan Demam Pada Anak dengan Cepat and Alami
4. Ucapan doa untuk anak sakit sesuai sunnah

Saat si kecil sakit, panjatkan doa untuk anak sakit sesuai sunnah berikut ini sebanyak tujuh kali, Mother.

أَسْأَلُ الله الْعَظِيمَ رَبَّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ أَنْ يَشْفِيَكَ

As alullah al ‘azhiim rabbal ‘arsyil ‘azhiim a yashfiyaka.

Artinya: “Aku memohon kepada Allah Yang Maha Agung, Tuhan Penguasa Arsy yang Agung, semoga Dia segera menyembuhkanmu.”
5. Doa yang dibaca Rasulullah ketika di hadapan orang sakit

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan At Tirmidzi dan Abu Dawud, Rasulullah SAW mengajarkan doa di bawah ini saat berada di hadapan orang sakit guna meminta kesembuhan pada Allah SWT.

أَسْأَلُ اللهَ العَظِيمَ رَبَّ العَرْشِ العَظِيمِ أَنْ يَشْفِيَكَ

Asallallahu ‘azhiim rabbul ‘arsyil ‘azhiim ayyasyfiyak.

Artinya: “Aku memohon pada Allah Dzat yang Maha Besar, Tuhan yang Memiliki Arasy. Semoga Dia berkenan memberikan kesembuhan padamu.” (HR Abu Dawud dan Tirmidzi).
6. Ucapan doa untuk anak sakit batuk pilek

Batuk pilek seringkali membuat tidur anak menjadi tidak nyenyak. Bacalah doa untuk anak sakit batuk pilek agar penyakitnya segera diangkat oleh Allah.

شَفَى اللهُ سَقَمَكَ، وَغَفَرَ ذَنْبَكَ، وَعَافَاكَ فِي دِيْنِكَ وَجِسْمِكَ إِلَى مُدَّةِ أَجَلِكَ

Syafakallah saqamaka, wa ghafara dzanbaka, wa ‘afaka fi dinika wa jismika ila muddati ajalika.

Artinya: “Wahai (sebut nama anak yang sedang sakit), semoga Allah senantiasa segera mengangkat penyakitmu, mengampuni seluruh dosamu, dan menyehatkan badan serta jasadmu sepanjang usia.”
7. Ucapan doa untuk anak sakit dengan menyebut nama

Dalam hadits riwayat Imam Muslim, Rasulullah juga pernah mengajarkan doa lain sambil menyebut nama orang yang sedang sakit agar segera pulih.

اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا، اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا، اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا

Allahummasyfi Sa’dan. Allahummasyfi Sa’dan. Allahummasyfi Sa’dan.

Artinya: “Ya Allah Ya Tuhanku, sembuhkanlah (contoh nama, Sa’dan), Tuhanku, sembuhkanlah dia. Tuhanku, sembuhkanlah dia.”

Itulah beberapa doa untuk anak sakit agar cepat sembuh yang bisa Anda panjatkan. Cobalah membacakan doa tersebut di beberapa waktu mustajab, seperti sepertiga malam. Semoga si kecil lekas sembuh ya, Mother.

source:https://www.ruangmom.com/ucapan-doa-untuk-anak-sakit.html