Al  Maidah Ayat 51 Melarang Mengambil Orang  Nasrani dan Yahudi Sebagai Pemimpin

  • admin
  • November 9, 2016
  • Comments Off on Al  Maidah Ayat 51 Melarang Mengambil Orang  Nasrani dan Yahudi Sebagai Pemimpin

Al Maidah ayat 51 adalah ayat larangan di dalam Al Quran. Yaitu larangan bagi orang muslim untuk memilih orang Nasrani atau Yahudi sebagai pemimpin (temen dekat).  Al Maidah sendiri adalah surah ke-5 dalam Al Qur’an, yang terdiri atas 120 ayat.

Surah Al-Ma’idah (bahasa Arab:المآئدة, al-Mā’idah, adalah surah ke-5 dalam Al-Qur’an. Surah ini terdiri dari 120 ayat dan termasuk golongan surah Madaniyah. Sekalipun ada ayat-ayatnya yang turun di Mekkah, namun ayat ini diturunkan sesudah Nabi Muhammad hijrah ke Madinah, yakni sewaktu peristiwa Haji Wada’.

=======================================================================

INFO PAKET UMROH MURAH MULAI $1550

BERANGKAT DESEMBER 2016, JANUARI-MEI 2017

UMROH BACKPACKER MULAI $1250

HUBUNGI H.SUDJONO AF – 081388097656 – WA

========================================================================

Selain sebagai surat yang berisi larangan-larangan, surat ini juga bercerita tentang kemunculan orang-orang munafik yang membela orang-orang YAhudi dan Nasrani.  Surah Al Maidah 51-57 memberikan gambaran yang jesal tentang hal itu.

 Surat Al Maidah disebut juga sebagai “Jamuan Hidangan”

Surah ini dinamakan Al-Ma’idah (hidangan) karena memuat kisah para pengikut setia nabi Isa meminta kepada nabi Isa agar Allah menurunkan untuk mereka Al-Ma’idah (hidangan makanan) dari langit (ayat 112). Selain itu, Surah Al-Ma’idah juga disebut Al-Uqud (perjanjian), karena kata itu terdapat pada ayat pertama surah ini, di mana Allah menyuruh agar hamba-hamba-Nya memenuhi janji terhadap Allah maupun perjanjian-perjanjian yang mereka buat terhadap sesamanya. Dinamakan juga Al-Munqidz (yang menyelamatkan), sebab pada bagian akhir surah ini memuat kesaksian Isa Al-Masih terhadap kaum pengikutnya.

Inilah runtutan Surat Al Maidah 51-57 tersebut yang perlu menajdikan perhatian kita

Bismillahirrahmanirrahim

Al-Maidah ayat 51 :

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil orang-orang Yahudi dan Nasrani menjadi pemimpin-pemimpin(mu); sebagian mereka adalah pemimpin bagi sebagian yang lain. Barang siapa diantara kamu mengambil mereka menjadi pemimpin, maka sesungguhnya orang itu termasuk golongan mereka. Sesungguhnya Alllah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zhalim.

 

Al-Maidah ayat 52 :

“Bahwa kita akan melihat kemunculan orang2 munafik yang merapatkan diri justru pada orang yahudi dan nasrani tersebut untuk minta perlindungan. Dan Allâh akan menurunkan putusan-Nya yang membuat orang2 munafik itu menyesal”

 

Al Maidah 53:

“Akan makin jelas mana orang beriman, mana orang2 munafik”

 

Al-Maidah ayat 54 :

“Allâh akan munculkan kaum yang benar2 Allâh mencintainya, dan mereka mencintai Allâh. Bersikap lembut pada mu’minin dan keras pada orang2 kafir. Tidak takut untuk berjihad dan tidak takut dicela”

 

Al Maidah 55:

“Sesungguhnya penolongmu hanyalah Allah, rasulNya, dan orang-orang yang beriman, yang melaksanakan shalat dan menunaikan zakat, seraya tunduk (kepada Allah)”

 

Al Maidah 56;

“Dan barangsiapa mengambil Allah, Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman menjadi penolongnya, maka sesungguhnya pengikut (agama) Allah itulah yang pasti menang!”

 

Al Maidah 57:

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil  pemimpinmu, orang-orang yang membuat agamamu jadi buah ejekan dan permainan, (yaitu) diantara orang-orang yang telah diberi kitab sebelummu, dan orang-orang yang kafir (orang-orang musyrik). Dan bertakwalah kepada Allah jika kamu betul-betul orang yang beriman”

Maha benar Allah dengan segala firmanNya

 

Surat Al Maidah 51-57 Dalam Konteks Kekinian

Kasus penistaan Surat Al Maidah 51 yang kini sedang ramai di Indonesia, memicu Aksi Damai 4 November 2016. Aksi ini juga disebut sebagai Aksi Damai 411. Merupakan Aksi Demo yang bermartabat. Bagaimana tidak ? Dengan ratusa ribu bahkan diduga sampai 1,2 juta muslimin dan muslimat ambil bagian turun ikut Aksi Damai 411 ini. Para jamaah aksi damai 4 November ini datang seluruh penjuru Tanah Air Indonesia. Semoga Allah SWT meridlohi para mujahit yang tidak rela Al Qur’an di nistakan.

 

Inilah bebrap terjemahan Surat Al Maidah ayat 51 yang menghebohkan itu:

Terjemahan Menurut Tafsir Jalalain Alquran Surat Al Maidah ayat 51:

 

﴾ ۞ يٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ لَا تَتَّخِذُوا۟ ٱلْيَهُودَ وَٱلنَّصٰرَىٰٓ أَوْلِيَآءَ ۘ بَعْضُهُمْ أَوْلِيَآءُ بَعْضٍ ۚ وَمَن يَتَوَلَّهُم مِّنكُمْ فَإِنَّهُۥ مِنْهُمْ ۗ إِنَّ ٱللَّهَ لَا يَهْدِى ٱلْقَوْمَ ٱلظّٰلِمِينَ

(51).

(Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu ambil orang-orang Yahudi dan Nasrani menjadi pemimpin) menjadi ikutanmu dan kamu cintai. (Sebagian mereka menjadi pemimpin bagi sebagian lainnya) karena kesatuan mereka dalam kekafiran. (Siapa di antara kamu mengambil mereka sebagai pemimpin, maka dia termasuk di antara mereka) artinya termasuk golongan mereka. (Sesungguhnya Allah tidak menunjuki orang-orang yang aniaya) karena mengambil orang-orang kafir sebagai pemimpin mereka. (Al Maidah 5:51)

 

Terjemahan Surat Al Maidah Ayat 51 Menurut Departemen Agama:

Terjemahan Surat Al Maidah mengacu pada terjemahan Departenen Agama (Yayasan Penyelenggara Penerjemah Tafsir Al Quran yang ditunjuk menteri agama dengan surat Keputusan no.20 th.1967. Terjemahan ini populer di kalangan masyarakat. Bahkan terjemahan ini dipakai dalam cetakan ‘Al Qur’an dan Terjemahanya’ yang diterbitkan oleh Raja Kerajaan Arab Saudi (Mujammma ‘ Al Malik Fahd Li Thiba At Al Mush-haf Asy-Syarif Madinah Al Munawwarah Po.O Box 6262 Kerajaan Arab Saudi). Terjemahan ini juga dibagikan secara cuma-cuma kepada Muslim Indonesia.

(51). Hai orang-orang beriman, janganalah kamu mengambil orang-orang Yahudi dan Nasrani menjadi pemimpin-pemimpin (mu); sebagian mereka adalah pemimpin yang bagi sebagian mereka yang lan. Barangsiapa di antara kamu mengambil mereka menjadi pemimpin, maka sesungguhnya orang itu termasuk golongan mereka. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zalim.

‘Usaha’ terjemahan dilakukan dalam masa selama 8 tahun. Para anggota ‘Dewan Penerjemah’ terdiri delapan orang, yakni Prof TM Hasbi Ashshiddiqi, Prof H Bustaman A Gani, Prof H Muchtar Jahya, Prof H M Toha Jahjya Omar, DR H A Mukti Ali, Drs Kamal Muchtar, H Gazali Thaib, KH A Musaddad, KH Ali Maksum, Drs Busjairi Madjid.

 

Terjemahan Al Maidah 51 menurut ’The Noble Qur’an.

“O You who believe! take not the Jews and Christians as Auliya’  (friends. protector, helpers), they are but Auliya’, then surely he is one of them. Verily, Allah Guides not those people who ara the Zalimin (polytheist and wrong-doers and njust).”

(The Noble Quran, English Translation of the meaning and comentary) terbitan Kerajaan Arab Saudi: King Fahd Complex, For The Printing of The Holy Quran PO Box No 262, Madinah Munawarrah, K.S.A, 1426 H.

 

Terjemahan Al Maidah 51 menurut ‘The Glorius Koran.

“O ye who belive! Take not the Jews and Crhristians for friends. The are friends one for another. He among you who taketh them for friends is (one) of them. Lo! Allah guideth not wrongdoing folk.”

The Meaning of The Glorius Koran: Explantory Translation by Mohammed Marmaduke Pickthal). Terjemahan ini dipublikasikan oleh The New Amercia Library, pada awal abad 20-an. Terjemahan ini saat itu populer di Hindia Belanda. Para generasi terpelajar saat itu –yang tidak memahami bahasa Arab– memakai terjemahan ini sebagai acuan. Salah satunya adalah Sukarno yang kerap membaca dan mengacu Alquran versi terjemahan ini.

 

Terjemahan Al Maidah 51 menurut Tafsir Ibnu Katsir.

Dalam ringkasan tasfir Ibnu Katsir, ‘Mukhtasar Tafsir Ibnu Katsir’, jilid 2, Penerbit Darus Sunnah, Jakarta, tahun 2012, surat Al Maidah ayat 51 diterjemahkan seperti ini:

Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kami menjadikan Yahudi dan Nasrani sebagai teman setia (mu); mereka satu sama lain saling melindungi. Barangsiapa di antara kamu yang menjadikan mereka teman setia, maka sesungguhnya dia termasuk golongan mereka. Sungguh Allah tidak memberi petunjuk bagi orang-orang yang zhalim.

 

al maidah 51, surat al maidah ayat 51, surat al maidah 51, qur’an surat al maidah ayat 51, aksi bela islam, aksi damai 411, aksi damai 4 november 2016, aksi damai 411 yang bermartabat, penistaan agama, penistaan surat al maidah 51, penistaan agama islam oleh ahok, penistaan al maidah 51 oleh ahok, larangan memilih pemimpin non muslim, larangan memilih pemimpin kafir, aksi demo 4 november penistaan al qur’an, aksi demo penistaan surat al maidah 51

Sumber:

https://id.wikipedia.org/wiki/Surah_Al-Ma%E2%80%99idah

http://islamizona(dot)blogspot.co.id/2015/07/surat-al-maidah-dan-artinya.html

http://www.republika(dot)co.id/berita/nasional/pilkada/16/10/24/ofjjtz330-ahok-pamit-pada-jokowi-sebelum-cuti-kampanye

Similar Posts: