Besaran Zakat Fitrah dan Cara Membayar Zakat Fitrah Online

Di bulan Ramadhan yang penuh dengan keberkahan, sebagai seorang muslim, Anda diwajibkan untuk menunaikan ibadah puasa dan juga zakat fitrah. Zakat ini bisa dibayarkan dalam bentuk bahan pokok maupun uang. Namun, sudah tahukah Mother berapa besarnya zakat fitrah tersebut?

Zakat fitrah adalah memberikan sedikit rezeki yang kita miliki kepada orang lain yang berhak menerima zakat fitrah. Nah, karena hukum mengeluarkan zakat fitrah adalah wajib, maka jika Anda mendapatkan rezeki, sebaiknya jangan lupa untuk bersedekah ya, Mother.

Hal ini tentunya akan membuat puasa Ramadhan menjadi sempurna. Jadi, agar tidak bingung lagi tentang ketentuan besarnya zakat fitrah yang berupa uang maupun bahan pokok, simak ulasan di bawah ini.
Pengertian zakat fitrah and zakat mal

Zakat adalah salah satu rukun Islam yang keempat di mana setiap orang muslim wajib mengeluarkan sedikit hartanya jika sudah memenuhi syarat yang ditetapkan. Zakat tersebut diberikan kepada pihak yang berhak menerimanya.

Mother, zakat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu zakat fitrah dan zakat mal. Apa yang membedakannya?

Zakat fitrah adalah zakat yang wajib dibayarkan (berbentuk bahan pokok) oleh setiap individu baik laki maupun perempuan muslim pada bulan Ramadhan. Sedangkan zakat mal adalah zakat berbentuk harta yang substansi dan perolehannya sesuai dengan ketentuan agama.

Beberapa yang termasuk ke dalam zakat mal antara lain zakat emas, perak, perniagaan, uang, surat berharga, hasil pertanian, perkebunan, kehutanan, penternakan, perikanan, pertambangan, pendapatan, dan zakat rikaz.

Nah, sudah jelas ya Mother, bahwa selain dengan beras, Anda juga dapat membayar zakat fitrah dengan uang atau harta benda lain yang dimiliki.
Syarat wajib zakat fitrah and zakat mal

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum Anda membayar zakat, baik itu fitrah maupun mal. Berikut penjelasannya.

Syarat wajib zakat fitrah

Beragama Islam

Hidup saat bulan Ramadhan

Memiliki bahan pokok yang lebih pada hari raya dan malamnya untuk dirinya dan orang di bawah tanggungannya

Syarat wajib zakat mal

Harta yang dikenai zakat harus sesuai dengan syariat Islam

Harta yang dikenakan zakat mal harus kepemilikan penuh, halal, cukup nisab, dan pull (harus sudah disimpan dalam satu tahun)

Syarat pull tidak berlaku pada zakat pertanian, perkebunan, perikanan, rikaz, pendapat dan jasa.

Baca juga: Mother Wajib Tahu, Tips Mengajarkan Rukun Puasa pada Anak
Besarnya zakat fitrah dengan uang dan beras

Jika Mother ingin membayar zakat dengan beras, besarnya zakat fitrah yang harus dikeluarkan adalah sebanyak 2,5 kilogram. Adapun jenis berasnya tidak boleh sembarangan, namun harus sama dengan yang biasa Mother konsumsi setiap hari.

Tidak diperbolehkan membayar zakat dengan kualitas beras yang lebih jelek, namun sangat diperbolehkan jika memberikan kualitas yang lebih baik. Atau jika Anda ingin memberikan lebih baik 2,5 kilogram beras juga diperbolehkan. Jangan sampai kurang dari 2,5 kilogram ya, Mother.

Selain dengan beras, Mother juga bisa membayarkan zakat fitrah dengan uang. Adapun besarnya zakat fitrah tersebut adalah senilai dengan harga beras yang Anda makan sehari-hari. Sebagai contoh apabila harga beras yang Anda makan adalah Rp 15.000 per kilogram, maka besarnya zakat fitrah uang yang harus Anda keluarkan adalah Rp 15.000 x 2,5 kg beras = Rp 37.500.

Perlu diingat, besarnya zakat fitrah dengan uang ini berbeda-beda, tergantung dengan harga beras yang Anda makan ya, Mother. Sangat diperbolehkan bagi Anda jika mau membayarnya dengan ostensible yang lebih besar.
Niat zakat fitrah and zakat mal

Saat membayar zakat, Mother harus membaca doa zakat fitrah dan zakat mal terlebih dahulu. Berikut bacaannya.

Bacaan niat zakat mal

“Nawaitu a ukhrija zakatadz dzahabi/zakatal fidhdhati/zakatal mali’an nafsi fardhan lilahi ta’ala”

Bacaan niat zakat fitrah untuk diri sendiri dan keluarga

“Nawaitu a ukhrija zakaatal fitri ‘annii wa ‘a jami’i maa tilzamunii nafaqoo tuhum syar’an fardhan lillahi ta’aala”

Bacaan niat zakat fitrah untuk orang yang diwakilkan

“Nawaitu a ukhrija zakaatal fitri ‘an (nama orang yang diwakilkan) fardhan lillahi ta’ala”
Waktu yang utama untuk mengeluarkan zakat fitrah and zakat mal

Tahukah Mother bahwa ada tiga waktu yang utama untuk mengeluarkan zakat fitrah. Waktu pertama adalah saat mubah, yaitu pada awal hingga akhir puasa Ramadhan.

Waktu kedua yang juga baik untuk membayar zakat adalah saat matahari terbenam di bulan Ramadhan, atau ketika malam hari menjelang idul fitri.

Sedangkan waktu ketiga adalah ketika shalat subuh sebelum memasuki waktu pelaksanaan hari raya idul fitri. Mother dapat menunaikan zakat tersebut di masjid dekat tempat tinggal.

Lalu, bagaimana jika lupa atau terlambat membayar zakat fitrah setelah hari idul fitri? Hukum membayarkan zakat fitrah jika melebihi tanggal 1 Syawal adalah haram ya, Mother. Di waktu tersebut, zakat yang dibayarkan disebut sebagai qadha.

Nah, esensi dari melaksanakan zakat sendiri adalah Mother akan mendapatkan manfaat berzakat sebagai berikut.

Mendapat banyak pahala dari Allah

Membantu saudara sesama muslim yang kesusahan

Membantu mendekatkan Anda dengan pintu surga

Menyempurnakan agama Islam

Dosa akan dihapuskan oleh Allah

Channel Bayar Zakat Fitrah On the web

Sekarang, Mother sudah tidak perlu bingung karena ada banyak channel atau site yang bisa membantu menyalurkan zakat fitrah Anda. Berikut adalah daftar laman web penyalur zakat fitrah:

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS)

Pengumpul zakat resmi dari pemerintah yang telah didirikan pada tahun 2001 silam. Untuk melakukan transaksi zakat, Anda bisa langsung membayarnya melalui site BAZNAS.

Kitabisa

Selain untuk bersedekah, kitabisa juga telah bekerja sama dengan BAZNAS, Dompet Dhuafa dan Rumah Zakat untuk membantu memudahkan Anda dalam membayar zakat. Mother bisa melakukan pembayaran zakat melalui web kitabisa.com atau aplikasinya di Android dan iOS.

BukaLapak

BukaLapak juga telah menyediakan layanan untuk membayar zakat yang bisa Anda akses pada web bukalapak.com atau aplikasinya di cell phone Anda.

Tokopedia

Selain Buka Lapak, online business asal Indonesia ini juga menyediakan layanan untuk membayar zakat. Besarnya zakat fitrah dapat Anda sesuaikan pada laman web ataupun aplikasi Tokopedia saat expositions pembayaran.

Zakat portable by Rumah zakat

Zakat portable merupakan aplikasi yang disediakan Rumah Zakat agar Anda semakin mudah melakukan pembayaran zakat. Besarnya zakat fitrah yang harus Anda keluarkan dapat dihitung melalui kalkulator zakat yang tersedia di aplikasi ini.

Aplikasi dompet advanced (Gopay, DANA, OVO)

Menjelang hari raya, aplikasi dompet advanced seperti Gopay, DANA dan OVO juga menyediakan pembayaran zakat fitrah. Mother bisa memulai pembayaran melalui aplikasi yang ada di cell phone Anda.

Agar zakat Anda sah, sebaiknya jangan mengurangi takaran besarnya zakat fitrah beras maupun jumlah uang ya, Mother. Anda harus memperhatikan baik saat menghitungnya agar tidak salah. Perlu diingat, lebih boleh, kurang jangan. Semoga dilimpahkan keberkahan, Mother!

source:https://www.ruangmom.com/besarnya-zakat-fitrah.html