Islamic Center Slovenia akan menjadi tonggak sejarah Islam di Eropa

Islamic Center Slovenia akan menjadi tonggak sejarah Islam di Eropa. Sebagai salah satu pusat Islam terindah di Eropa, Pusat Islam Slovenia di Ljubljana telah dipuji sebagai bukti penyebaran nilai-nilai Islam dan promosi prinsip-prinsip moderat.


Menurut Gulf Times, pada Selasa (17 Mei 2022), Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani dan Presiden Slovenia Borut Pahor menghadiri peresmian sebuah pusat Islam yang akan berfungsi sebagai peringatan bagi komunitas Muslim Slovenia. . Sementara itu, kontribusi Qatar berperan dalam membangun Islamic Center. Karena kegiatan dan layanannya, itu akan menjadi salah satu pusat budaya Islam terpenting di wilayah tersebut.

Muslim telah tinggal di negara ini selama hampir satu abad. Dan sudah 50 tahun sejak kami mengajukan permohonan izin kepada pemerintah daerah setempat untuk membangun kapel dan pusat budaya yang menjadi jembatan untuk berkomunikasi dengan generasi muda dan merupakan simbol identitas. Ini juga merupakan langkah menuju integrasi yang lebih besar di negara yang merupakan salah satu bekas republik Yugoslavia.

Direktur pusat itu, Harris Murtajad, mengatakan pekerjaan masjid dimulai pada 2008, ketika desainnya dipilih dari 44 desain lainnya. Dia kemudian mencatat bahwa Qatar telah menyumbangkan 28 juta euro ke lokasi tersebut, dari total 35 juta euro. Dan sisanya disumbangkan oleh masyarakat Slovenia. Dengan bantuan Qatar, Islamic Center telah menjadi kenyataan di lapangan.

Mortajek mengatakan selain menggelar salat di Islamic center, lokasi ini juga menawarkan layanan pendidikan. Sekitar 700 anak berpartisipasi dalam kegiatan yang ditawarkan pada akhir pekan, dan banyak siswa mengunjungi Islamic Center dan belajar tentang Islam.

Menurutnya, Islamic Center juga menyediakan layanan pendidikan untuk orang dewasa dan bekerja untuk memperkenalkan Islam kepada orang-orang di Slovenia, di mana banyak orang datang untuk mengunjungi tempat yang indah ini. Pusat Kebudayaan Islam di Ljubljana dianggap sebagai salah satu pusat Islam paling indah di Eropa. Terdiri dari enam bangunan di atas lahan seluas 15.000 meter persegi dan luas bangunan hingga 12.000 meter persegi.

source:https://ihram.republika.co.id/berita/rc13pn313/islamic-center-slovenia-bakal-jadi-landmark-islam-di-eropa