Doa Minta Jodoh yang Baik & Setia Agar Didekatkan Menurut Islam

Doa Minta Jodoh yang Baik & Setia Agar Didekatkan Menurut Islam

Doa meminta jodoh telah lama dilakukan sejak zaman Nabi Zakaria. Hal ini dilakukan untuk meminta pasangan terbaik pada Allah SWT.

Seperti yang diketahui bersama, jodoh, rezeki dan maut ada di tangan Sang Pencipta dan manusia hanya bisa berusaha. Namun, alangkah baiknya jika usaha yang Mother lakukan diiringi dengan doa. Jika Mother menginginkan rezeki yang berlimpah dan jodoh yang baik, Anda bisa simak kumpulan doa meminta rezeki dan jodoh di bawah ini.
Doa Meminta Jodoh yang Baik

Doa Minta Jodoh yang Baik & Setia Agar Didekatkan Menurut Islam

Siapa yang tidak ingin memiliki pasangan yang baik dalam segala hal? Untuk itu, sebagai umat-Nya, Anda sangat disarankan untuk memanjatkan doa meminta jodoh yang baik. Semakin sering berdoa kepada Allah, hati akan menjadi lebih damai.

Berikut doa meminta jodoh menurut Islam yang bisa Anda baca selepas menunaikan ibadah shalat.

“Rabbi innii limaa anzalta min khoirin faqiirun” (QS. Al-Qashash:24)

Artinya: “Ya Tuhanku, sesungguhnya aku sangat ingin ditunjukkan suatu kebaikan yang mana Engkau berikan kepada hambamu ini.”

Doa meminta jodoh yang baik ini bisa sebagai harapan Anda agar didekatkan dengan jodoh. Adapun kebaikan yang dimaksud ialah sosok pasangan baik untuk mengantarkan Anda pada keberkahan Allah SWT. Entah siapapun orangnya, semoga cepat ketemu, ya!
Doa Meminta Jodoh yang Diinginkan

Bolehkah doa meminta seseorang menjadi jodoh kita dipanjatkan? Tentu bisa. Maut, rezeki dan jodoh memang merupakan rahasia Allah SWT. Akan tetapi, perkara jodoh bisa ditentukan dari seberapa besar ikhtiar dan doa hamba-Nya.

Nah, selain sebagai bentuk ikhtiar, memanjatkan doa meminta jodoh yang diinginkan juga merupakan hal baik dilakukan. Terlebih ketika Anda risau memikirkan pasangan yang belum hadir di kehidupan.

Berikut merupakan doa meminta jodoh yang diinginkan sesuai dengan dalil Qur’an Surah Al-Furqan ayat 74.

“Rabbanaa hablanaa min azwaajinaa wa dzurriyyatinaa qurrota a’yun” (Qs. Al-Furqan: 74)

Ayat di atas merupakan bentuk harapan tentang keinginan Anda untuk dianugerahkan pasangan dan keturunan yang menjadi penenang hati.

Agar lebih spesifik, bagi kaum adam bisa memanjatkan doa meminta seseorang menjadi jodoh sebagai berikut.

“Robbi hablii milladunka zaujatan thoyyibah akhtubuhaa wa atazawwaju biha watakunu shoohibatan lii fiddini waddunyaa wal aakhiroh.”

Artinya: “Ya Allah, berikanlah kepadaku seorang istri yang terbaik dari sisi-Mu, istri yang aku lamar dan nikahi dan istri yang akan menjadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia dan akhirat.”

Untuk kaum hawa, bisa memanjatkan doa meminta seseorang menjadi jodoh yang diinginkan agar kelak bisa menjadi imam yang baik.

“Robbi hablii milladunka zaujan thoyyiban wayakuuna shoohiban lii fiddini waddunya wal aakhiroh”

Artinya: “Ya Tuhanku, berikanlah kepadaku seorang suami yang terbaik dari sisi-Mu, seorang suami yang juga menjadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia dan akhirat.”
Doa Nabi Zakaria Meminta Jodoh

Doa meminta jodoh berikutnya ialah dari doa Nabi Zakaria. Beliau memanjatkan doa kepada Allah SWT agar bisa dikarunia momongan. Akan tetapi, sebagian besar ulama juga mengatakan bahwa doa nabi Zakaria ini tidak hanya untuk meminta keturunan saja, namun juga yang belum didatangkan jodohnya.

Berikut doa Nabi Zakaria meminta jodoh yang bisa Anda baca setelah shalat.

“Rabbi laa tadzarnii fardan wa anta khairul waaritsiin” (QS. Al-Anbiya ayat 89)

Artinya: “Ya Tuhanku, janganlah Engkau membiarkan aku hidup seorang diri (tanpa keturunan) dan hanya Engkaulah pemberi ahli waris yang terbaik.”

Doa Meminta Rezeki dan Jodoh

Agar hati tenang dalam menanti rezeki dan jodoh, sebaiknya Anda melafalkan doa berikut ini. Doa meminta rezeki dan jodoh bisa Anda baca sewaktu-waktu, tidak hanya selepas shalat fardhu saja, namun juga ketika merasa sedih atau gelisah.
Surah Al-Quraisy

Doa meminta rezeki dan jodoh pertama ialah Surah al-Quraisy. Sebagai salah satu doa yang bisa dibaca agar rezeki lancar dan bisa mendatangkan jodoh, surah ini disarankan dibaca 21 kali dalam sehari.

Selain sebagai doa meminta rezeki dan jodoh, Anda juga bisa mendapatkan kebahagiaan, keberkahan, bahkan rasa aman.
Surah Ali ‘Imran ayat 3 dan Surah Al-Anfal ayat 40

Doa meminta rezeki dan jodoh sudah diselipkan dalam beberapa surah al-Quran. Salah satunya adalah terselip di surah ali ‘Imran ayat 3 dan surah al-Anfal ayat 40. Kombinasi dari kedua surah ini sangat dianjurkan untuk dibaca sesering mungkin, yang berbunyi:

“Hasbunallooh wani’mal wakiil ni’mal maula wa ni’man nashiir” (QS. Ali ‘Imran:173 and Al-Anfal:40)

Artinya: “Cukupkanlah Allah menjadi Penolong kamu dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung, Dia adalah sebaik-baik Pelindung dan sebaik-baik Penolong.”
Surah Al-Insyirah

Surah al-Insyirah mengisahkan tentang bagaimana Allah senantiasa memberikan solusi dari setiap masalah yang dihadapi manusia. Surah ini juga merupakan salah satu surah yang kerap direkomendasikan sebagai doa meminta rezeki dan jodoh.

Surah ini disarankan untuk dibaca sebanyak 152 kali setiap hari kelahiran, hari puasa, dan malam setelah shalat isya’. Kemudian jika kebetulan hari kelahiran Anda jatuh pada hari Jumat, maka bisa sebaiknya disambung dengan puasa sunnah hari Kamis.
Amalan yang Harus Dilakukan

Selain memanjatkan doa meminta jodoh menurut Islam, Anda juga perlu melakukan beberapa amalan yang bisa mempercepat datangnya sosok penting tersebut. Jadi, jangan sampai Anda hanya berdoa tapi nggak melakukan apa, ya.

Lantas, apa saja amalan yang harus dilakukan agar dapat mempercepat datangnya jodoh?

1. Tidak Durhaka kepada Orang tua

Amalan yang harus dilakukan untuk mendapat jodoh ialah menjaga hubungan baik Anda dengan orang tua. Karena untuk meraih keridhoan Allah bisa dilakukan dengan mencari ridha orang tua. Ketika menjadi anak durhaka maka orang tua bisa saja tidak ridha sehingga Allah juga tidak mendatangkan jodoh tersebut dengan cepat.

2. Shalat Sepertiga Malam

Amalan yang kedua adalah shalat di sepertiga malam. Dengan melakukan amalan ini akan semakin mendekatkan diri pada Allah sehingga doa kita akan lebih cepat untuk dikabulkan.

3. Melaksanakan Shalat Hajat

Shalat hajat dilakukan dengan tujuan agar doa yang Anda panjatkan dapat dikabulkan oleh Allah. Doa mencari jodoh di atas sangat cocok jika dibacakan setelah shalat ini.

4. Memperbaiki Shalat Fardhu

Untuk Anda yang masih sering melewatkan shalat atau melaksanakan shalat di akhir waktu, mulai saat ini sebaiknya perbaiki ibadah yang satu ini, ya. Pasalnya, jika Anda saja telat menjalankan kewajiban atau perintah Allah, lalu bagaimana Allah akan mendatangkan jodoh Anda dengan cepat?

5. Sering Menjaga Wudhu

Jangan salah, menjaga wudhu ternyata memiliki banyak manfaat, lho. Salah satunya adalah dapat membuat wajah tetap bersih, berseri, dan enak dipandang.

6. Memperbaiki Diri dan Memperpanjang Silaturahmi

Dua hal ini merupakan kunci agar doa yang dipanjatkan dapat terkabulkan. Berserah diri dan tetap bertawakal merupakan kunci agar tetap tenang dalam menunggu jodoh. Yakinlah bahwa semua usaha dan doa sudah Anda panjatkan untuk meminta rezeki dan jodoh kepada Allah SWT, dan biarlah Allah yang menentukan.

Itulah kumpulan amalan dan doa meminta jodoh dan rezeki yang bisa Anda bacakan sebagai bentuk ikhtiar pada Allah SWT. Selain itu, Mother juga bisa menunaikan ibadah sunnah agar hidup diperlancar oleh-Nya. Semoga mendapatkan yang terbaik dalam hidup!

source:https://www.ruangmom.com/doa-meminta-jodoh.html