Mengenal Umroh Wajib dan Umroh Sunnah

Ibadah umroh haji

Sebagaimana telah diketahui, ibadah Umroh berarti berkunjung ke Masjidil Haram dengan melaksanakan rukun-rukunnya. Adapun yang termasuk rukun-rukunnya antara lain melakukan ihram dari miqat, melaksanakan thawaf di Seputar Ka’bah sebanyak tujuh kali, tahallul, dan tertib ( berurutan).

Ibadah ini berbeda dengan ibadah haji. Ibadah Umroh, bisanya, tidak terbatas oleh waktu. Dengan pengertian lain, ibadah tersebut dapat dilaksanakan kapan saja, tidak terbatas pada bulan-bulan haji atau waktu tertentu, kecuali hari Arafah (10 Dzulhijjah ) dan hari Tasyrik ( 11,12, dan 13 Dzulhijjah ). Umroh disunnahkan bagi setiap muslim yang mampu.

Ibadah Umroh ada 2 macam, yaitu Umroh wajib dan sunnah. Umroh wajib adalah Umroh yang berkaitan dengan pelaksanaan ibadah haji. Sedangkan Umroh sunnah adalah Umroh yang dilakukan bukan dalam rangkaian pelaksanaan ibadah haji.

Artikel Populer:  Makna Dan Hakikat Ibadah Haji

Diriwayatkan dari Abu Hurairr=ah Ra., ia berkata  “sesunguuhnya Rosulullah SAW bersabda, ‘ satu Umroh sampai Umroh berikutnya menjadi kafarat (penebus dosa)yang ada diantara keduanya. Dan, haji mabrur tidak ada balasan baginya, kecuali syurga.” ( HR BUKHARI dan MUSLIM)

Umroh memang dapat dilaksanakan setiap waktu di sepanjang tahun. Akan tetapi, apabila ibadah ini dilaksanakn pada bulan-bulan tertentu, seperti pada bulan Ramadhan, nilai dan pelaksanaannya adalah lebih utama. Hal tersebut sesuai dengan sabda Rosulullah SAW. Berikut:

“Umroh yang dilakukan pada bulan Ramadhan seimbang nilainya dengan haji.”

( HR Muttafaqun Alaih).

                Demikianlah keutamaan dari ibadah Umroh yang dapat kita raih apabila kita benar-benar mamou melaksanakannya. Tidak sedikit orang yang mampu melaksanakan ibadah ini. Namun, banyak juga diantara kita yang belum melakukannya karena terbentur dengan persoalan ekonomi. Mereka harus memiliki harapan yang besar dan berjuang sekuat tenaga agar da[at melaksanakan ibadah Umroh.

Artikel Populer:  Umroh Murah Ramadhan Backpacker 2020 Biaya Rp28,7 Juta - Paket 15 Hari Itikaf

Similar Posts: