Menu Makanan Catering Jemaah Umroh dan Haji

Umroh dan Haji. Permasalahan dalam mengelola travel umroh dan haji selalu ada saja, baik yang ringan maupun berat. Salah satunya adalah persoalan menu makanan untuk jemaah umroh dan haji. Kadang hotel yang dijanjikan sudah sesuai, tetapi menu makanannya tidak cocok dengan selera para jemaah.

Misalnya, pihak travel sudah memesan kepada pihak hotel untuk menyiapkan menu makanan Indonesia. Karena mengira Indonesia itu identik dengan Jawa, misalnya, atau karena kokinya orang Jawa Tengah. Maka menu yang sering disajikan adalah menu Jawa Tengah. Padahal, bisa jadi sebagian besar dari jemaah itu adalah orang Sunda. Tentu saja mereka sering mengeluh karena tidak ada menu lalapan dalam makanan mereka. Begitu juga sebaliknya.

Untuk mengatasi hal ini, pihak travel umroh sebaiknya memesan menu yang bervariasi dan berbeda-beda setiap hari, walaupun protes akan tetap saja bermuncula. Idealnya, sejak awal kedatangan, ketua rombongan sudah langsung bekerja sama dengan mothowwif di Arab Saudi, sehingga bila terjadi masalah tentang menu makanan rombongan umroh dan haji ini mereka bisa mencarikan solusinya dengan cepat. 

Ketua rombongan sebaiknya orang yg berpengalaman sehingga dengan di bantu muthowwif mampu mengarahkan dan mengawasi jemaah umroh dan hajinya. Berkaitan dengan menu makanan yg kurang cocok ini, muthowwif bisa langsung melaporkannya kepada ketua rombongan, dan selanjutnya ketua rombongan bisa langsung mendatangi pihak catering untuk meminta perubahan menu.

Kepada para jamaah Umroh dan Haji sebaiknya juga tidak terus menuntut dan direpotkan dengan menu makanan, kecuali memang  pelayanan jauh dari yang dijanjikan. Hal ini mengingat jamaah adalah sedang melakukan ibadah umroh atau haji. Jangan sampai kekhusukan terganggu hanya karena soal menu makanan. Dan bagi pihak travel umroh juga diharap bisa menyesuaikan dan melakukan pergantian menu sehingga tidak membosankan.

Similar Posts:

By |2015-06-19T10:42:36+00:00June 19th, 2015|Uncategorized|

Leave A Comment