Sejarah Masuknya Islam di India

Sejarah Masuknya Islam di India

Saat ini Islam merupakan salah satu agama dengan pemeluk terbanyak di dunia. Di India yang mayoritas Hindu, Islam adalah agama dengan jumlah penganut terbesar kedua. Pada 2019, akan ada sekitar 204 juta Muslim India. Ini menjadikan populasi Muslim India terbesar ketiga di dunia. Sejarah Islam di India memiliki banyak bentuk. Beberapa sejarawan mengatakan bahwa Islam masuk ke India setelah pemerintahan Khalifah Umar bin Khattab (634-644). Ada juga yang mengklaim bahwa Islam masuk ke India melalui Dinasti Umayyah. Berikut ini adalah tanggal masuknya Islam ke India.

Sejarah Masuknya Islam di India
Kekhalifahan Umar Ibn Khattab Sejarawan Timur Tengah mengklaim bahwa Islam masuk ke India pada abad kedelapan, terutama pada masa pemerintahan Khalifah Umar Ibn Al-Khattab (634-644). Sekitar waktu ini, Khalifah Umar bin Khattab memerintahkan ekspedisi ke India dengan tujuan menyebarkan Islam. Pada tahun 644, setelah kematian Khalifah Umar bin Khattab, pasukan Islam berhasil menduduki Makran di Balochistan. Setelah berhasil menundukkan Makran, Islam berkembang pesat di India, terutama pada masa Bani Umayyah.
Masa Umayyah Setelah kekhalifahan Rasyidun, pengaruh Islam masih meluas melalui Bani Umayyah, yang melakukan ekspedisi ke India. Pelayaran Umayyah ke India dipimpin oleh komandan militer Muhammad bin Qasim. Selama ekspedisi, tentara Umayyah yang dipimpin oleh Muhammad bin Qasim berhasil menguasai Sindh. Setelah itu, bangsa Arab mulai datang dan mengembangkan kehidupan di India pada tahun 871 M. Orang-orang Arab kemudian membentuk komunitas dan berbaur dengan penduduk setempat hingga Islam mulai berkembang pesat. Dalam perkembangannya, umat Islam di India dapat dikategorikan ke dalam beberapa kelompok, yaitu: Para imigran Muslim yang banyak ditemukan di Sindh dan Punjab. Muslim adalah keturunan bangsawan dan tentara dari kerajaan Islam Deccan yang padat penduduknya. Banyak Muslim keturunan Arab tinggal di pantai barat India.
Periode Dinasti Ghaznavid Pada periode berikutnya, penyebaran Islam di India dilakukan oleh Sultan Mahmud dari Dinasti Ghaznavid (975-1187) dari Persia. Konon penyebaran Islam dilakukan secara paksa oleh Sultan Mahmud setelah penaklukannya atas India. Komunitas Hindu Buddha lokal di India dipaksa oleh Sultan Mahmud untuk memeluk Islam melalui sunat dan penindasan paksa. Terlepas dari paksaan Sultan Mahmud, bagaimanapun, ada ribuan orang India yang telah memeluk Islam atas kehendak mereka sendiri.
Era Timur Lenk Penyebaran Islam melalui penaklukan juga dilakukan oleh Timur Lenk, penakluk dan penguasa Islam Sunni keturunan Turco-Mongol dari Asia Tengah. Tokoh abad ke-14 yang kuat ini menggambarkan pengalamannya selama 15 hari di Delhi setelah penaklukan India. Catatan Timur Lenk menyebutkan bahwa penaklukan India adalah simbol perang melawan musuh yang tidak percaya. Timur juga menyesalkan bahwa pedangnya, yang dikenal sebagai Pedang Dawati, harus dinodai dengan kematian selama invasi ke India. Sejak itu, Islam terus menyebar dan menjadi agama terbesar kedua di India.
Lihat: Arnold, Thomas W. (2019). Kisah lengkap penyebaran Islam di dunia. Yogyakarta: IRCiSoD.

source:https://www.kompas.com/stori/read/2022/02/16/080000679/sejarah-masuknya-islam-di-india?page=3