3 Buah Iman Kepada Rasul Untuk Umat Islam

3 Buah Iman Kepada Rasul Untuk Umat Islam

Iman kepada para rasul merupakan rukun iman yang keempat. Muslim memperoleh berbagai manfaat atau buah dari iman kepada rasul.
Perintah untuk beriman kepada Rasul disebutkan dalam Al-Qur’an, Surah An-Nisa, ayat 136. Selain beriman kepada Nabi, umat Islam juga harus beriman kepada Tuhan, malaikat, kitab, hari kebangkitan dan takdir.

3 Buah Iman Kepada Rasul Untuk Umat Islam
Hai orang-orang yang beriman, berimanlah kepada Allah dan Rasul-Nya, kitab-kitab yang diturunkan kepada Rasul-Nya, kitab-kitab yang diturunkan sebelumnya, dan barang siapa yang tidak beriman kepada Allah, Malaikat-Nya, Kitab-Kitab-Nya, Rasul-Rasul-Nya, dan Rasul-Rasul-Nya. , Di Hari Akhir, ia telah kehilangan banyak – 136

Artinya: `Wahai iman percaya! tetaplah kepada percaya kepada – (무하마드) kepada 브 브 (알 – Qur`an) 양 diturunkan kepada 라술 – (알 – Qur`an) 양 diturunkan – 냐탐 퀐탐 , Barang siapa yang tidak beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, Rasul-Nya dan kehidupan setelah ini, sungguh dia telah menempuh jalan yang jauh.” (KS. Selesai: 136).

Dalam Encyclopedia of Rights and Duty in Islam Sheikh Saad Youssef Mahmoud Abu Aziz, utusan dibagi menjadi dua bagian: utusan manusia dan utusan malaikat. Allah SWT:

Sesungguhnya Allah Maha Mendengar dan Melihat. (QS. haji 75).

Para rasul diutus oleh Allah sebagai pembawa Injil. Menurut kebanyakan ulama, mereka adalah orang-orang yang menerima wahyu dengan syariah dan diperintahkan untuk mengikutinya.

Nabi Nuh pertama, saw, dan yang terakhir dari mereka adalah Muhammad, semoga Tuhan memberkati dia dan memberinya kedamaian. Sebagaimana dia berkata:

Kami telah menurunkan kepadamu (Muhammad) sebagaimana Kami telah mengutus Nuh dan para nabi yang menggantikannya… An-Nisa: 163).

Bagaimana Mempercayai Seorang Rasul
Percaya kepada seorang rasul dapat dilakukan dengan banyak cara. Kutipan dari buku Syekh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin “Shiara Calatsatul Ushul” tentang cara memperoleh buah iman kepada Nabi:

1. Percaya (percaya) bahwa pesan yang dibawa oleh Rasul adalah dari Allah SWT.

2. Ia meyakini bahwa kelima rasul tersebut memiliki kekuatan yang luar biasa dan mendapat gelar ulul azmi. Los cinco son Nuh AS, Ibrahim AS, Musa AS, Isa AS och Muhammad SAW.

3. Berita yang diberikan oleh para rasul diakui.

4. Kami mengamalkan tiang Nabi yang diutus kepada kami, yaitu apa yang dibawa Nabi kepada umatnya.

Buah Iman Rasul
Salah satu buah iman rasul adalah lahirnya rasa syukur kepada Tuhan atas rahmat-Nya dalam mengutus para utusan-Nya. Mengutip dari kitab Abu Hili Muda Belajar Akida Islam, inilah buah iman kepada Nabi:

1. Pengetahuannya tentang Rahmat Allah SWT dan kepeduliannya terhadap hamba-hambanya mengirim para Rasul untuk menunjukkan kepada mereka jalan langsung dan menjelaskan kepada manusia bagaimana menyembah Allah SWT.

2. Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat-Nya dalam mengirimkan utusan yang agung.

3. Cintai dan muliakan para rasul dan pujilah mereka dengan pujian yang sepatutnya. Karena mereka adalah utusan Allah SWT dan telah menegakkan dan menyucikan ibadah kepada Allah SWT.Ini adalah tiga buah iman kepada Nabi yang dapat diadopsi dan dipraktikkan oleh umat Islam.

source:https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6069055/3-buah-iman-kepada-rasul-yang-bisa-dipetik-umat-islam