Wilayah Islam yang Pertama Kali Ditaklukkan Bangsa Barat

Wilayah Islam yang Pertama Kali Ditaklukkan Bangsa  Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Wilayah Islam yang Pertama Kali Ditaklukkan Bangsa Barat

Bangsa Eropa mulai bangkit setelah Abad Pertengahan atau ketika Gereja mendominasi kehidupan masyarakat.

Awal kejayaan bangsa barat ditandai dengan runtuhnya negara-negara Islam yang pernah menguasai dan mempengaruhi dunia, salah satunya adalah negara Islam di Spanyol.

Wilayah Islam yang Pertama Kali Ditaklukkan Bangsa  Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Wilayah Islam yang Pertama Kali Ditaklukkan Bangsa Barat

kekuasaan Islam di Spanyol jatuh setelah kerajaan terakhir, emirat Granada, diserang oleh pasukan Kristen dan kemudian pengusiran Muslim dari tanah Spanyol.

Akibatnya, peradaban Islam menurun ketika orang-orang Kristen Eropa mulai menguasai dunia.

Dominasi dunia Eropa dimulai dengan ras Eropa menjelajahi lautan.

Eksplorasi lautan memajukan perdagangan Eropa setelah penemuan benua Amerika oleh Christopher Columbus pada tahun 1492 dan penemuan Jalan Timur oleh Vasco da Gama pada tahun 1498.
orang Eropa juga menaklukkan daerah-daerah yang sebelumnya dikuasai oleh Muslim. Wilayah Islam pertama yang ditaklukkan oleh Barat adalah wilayah anak benua India dan Asia Tenggara.
Penaklukan India Alfonso de Albuquerque adalah seorang penjelajah yang paling dikenal sebagai kepala arsitek ekspedisi Portugis ke Asia. Dilihat dari sejarahnya, Alfonso sebenarnya adalah salah satu yang pertama menaklukkan wilayah Muslim di awal abad ke-16. Ia juga tercatat sebagai orang Eropa pertama pada masa Renaisans, yang menyerang dan memimpin pelayaran pertama ke Teluk Persia melintasi Laut Merah.

Pada tanggal 4 November 1509, Afonso dimahkotai sebagai penguasa Portugis di India dan menyerbu Goa, bertekad untuk mengalahkan kaum Muslim dan mengambil alih perdagangan rempah-rempah dunia. Orang Eropa lain yang Anda miliki. Pada awal abad ke-17, Inggris dan Belanda mulai mendarat di India, yang saat itu merupakan bagian dari Kerajaan Islam Mughal. Tak lama kemudian, kedua negara ini memperoleh izin investasi dari Kesultanan Mughal, membuka jalan bagi penjajahan Inggris di India. Penaklukan Asia Tenggara Di kawasan Asia Tenggara, negara Islam pertama yang ditaklukkan oleh Barat adalah Negara Islam Malaka pada tahun 1511. Pada tahun 1511, Alfonso de Albuquerque diangkat untuk membebaskan Portugis yang ditawan di Malaka. Setelah berhasil melatih 900 tentara Portugis dan 2.000 tentara bayaran India, ia segera melanjutkan perjalanan ke Malaka.
Sultan Mahmoud Syah, yang tidak mampu menahan serangan gencar pasukan Alfonso, akhirnya membebaskan para tawanan Portugis dan melarikan diri. Setelah menaklukkan Malaka, Alfonso berkonsentrasi di Maluku dan mengirim dua armada ke Nusantara untuk memonopoli rempah-rempah.
Di Maluku, armada utusan Alfonso berhasil menjalin hubungan dengan penguasa Ternate dan memperoleh rempah-rempah. pada saat yang sama, Alfonso membangun benteng di dalam dan sekitar Melaka sebagai pertahanan Portugal. Sekitar satu dekade kemudian, orang-orang Spanyol datang ke Maluku melalui Filipina. Di Filipina, Spanyol berhasil menguasai beberapa kerajaan Islam seperti Kesultanan Maguindanao, Kesultanan Buayan, dan Kesultanan Sulu. Setelah tiba di Asia Tenggara, Inggris dan Belanda mendarat di Banten pada tahun 1596 dan menjajah Indonesia. Referensi: Uwais, Abdul Halim. (2020). Belajar dari runtuhnya Negara Islam. Jakarta: Biblioteca Kutsar.

source:https://www.kompas.com/stori/read/2022/05/11/120000879/wilayah-islam-yang-pertama-kali-ditaklukkan-bangsa-barat?page=3